Tanggal:03 May 2024

8 Universitas Termahal di Dunia, Biayanya Sampai 1 Milliar!

Dapat menempuh pendidikan tinggi tampaknya adalah impian bagi setiap orang. Apalagi bisa mengenyam pendidikan di tempat yang bergengsi dan terakreditasi amat baik. Tak sedikit universitas di dunia yang menawarkan pendidikan yang sangat bagus, dan tentunya tak terlepas dari harga yang fantastis pula.

Kursus online IELTS Vocasia

Akan tetapi, untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi dengan biaya pendidikan yang mahal, kerap kali membuat sebagian orang akan berpikir dua kali. Namun bagi mereka yang ingin menimba ilmu di tempat dengan mutu dan standar pendidikan terbaik, universitas berbiaya mahal pun tidak akan menjadi soal.

Nah, kali ini kami akan membahas mengenai universitas termahal di dunia yang memiliki kualitas unggulan. Berikut di bawah ini daftar lengkapnya hanya untukmu, simak ya!

Baca juga: 9 Universitas Terbaik di Indonesia Saat ini

8 Universitas Termahal Di Dunia

Sejumlah universitas di luar negeri dikenal memiliki layanan pendidikan yang baik dan berkualitas. Selain itu, banyak juga di antaranya yang mempunyai fasilitas yang baik serta biaya kuliah yang mahal.

Salah satu negara yang menjadi pusat pendidikan bagi mahasiswa internasional adalah Amerika Serikat. Perguruan tinggi di Amerika Serikat dikenal memiliki komitmen serta keunggulan akademis. Keunggulan tersebut meliputi banyaknya peluang riset, pengajaran, dan pelatihan, didukung teknologi yang canggih, serta peluang karier yang sangat luas.

Penasaran, universitas mana saja yang menjadi universitas termahal di dunia? Berikut adalah daftarnya.

1. Harvey Mudd College

Universitas Termahal DI Dunia: Harvey Mudd College

Harvey Mudd College didirikan pada tahun 1955 yang menawarkan program studi matematika dan sains. Kampus ini menawarkan biaya kuliah rata-rata $80,000 atau sekitar Rp 1,1 miliar jika dikonversi dalam Rupiah. Terpilih sebagai sekolah terbaik ke-18 di Amerika versi Forbes, Harvey Mudd menghasilkan jumlah lulusan PhD STEM tertinggi.

2. Columbia University

Universitas Termahal Di Dunia: Columbia University

Columbia University yang terletak di New York memang sudah terkenal dengan bagusnya edukasi yang ditawarkan serta fasilitas yang lengkap. Universitas tertua di Amerika Serikat ini berdiri pada tahun 1754. Menawarkan pendidikan yang top class, biaya yang dikeluarkan bisa mencapai $66,000 atau Rp 934 juta, tergantung jurusan yang diambil.

Baca juga: Ini Dia 9 PTN Terbaik di Indonesia Versi Webometrics

3. Parsons School Of Design

University In US: Parsons School of Design

Universitas Termahal Di Dunia: Parsons School Of Design

Kampus ini adalah salah satu sekolah seni terbaik di dunia. Parsons menetapkan biaya kuliah tahunan sebesar $67,000 atau sekitar Rp 954 juta. Mahasiswa di kampus ini berpeluang mendapatkan gelar dan kompetensi yang baik dalam seni rupa, desain grafis dan digital, studi media dan film dan fotografi.

4. Wesleyan University

Uiversitas Termahal Di Dunia: Wesleyan University

Awal berdiri, Wesleyan adalah kampus yang dikhususkan untuk para lelaki. Biaya untuk bisa kuliah di universitas ini adalah $65,000 atau Rp 935 juta rupiah. Wesleyan University menawarkan banyak jurusan, namun yang terbaik adalah jurusan Teater, Sastra Bahasa dan Film. Kampus ini terletak di Middletown, Amerika Serikat.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Berbisnis

5. ETH Zurich

Universitas Termahal Di Dunia: ETH Zurich

Didirikan oleh Pemerintah Federal Swiss pada 1854, universitas ini telah lama menjadi pusat keunggulan nasional dalam sains dan teknologi sehingga banyak ilmuwan dan insinyur yang ingin masuk ke kampus ini. ETH mematok biaya kuliah tahunan sekitar USD60,000 atau Rp 854 juta, dan menduduki peringkat ketujuh di QS World University Rankings.

6. University of Oxford

Universitas Termahal Di Dunia: University of Oxford

Universitas yang terletak di Inggris ini adalah universitas tertua di Inggris dan kedua di dunia, yang didirikan pada tahun 1096. Kualitas pendidikan yang ditawarkan tentu tak main-main, dengan harga $62,000 atau Rp 882 juta per tahun.

Baca juga: 7 Beasiwa Kuliah di Korea Selatan yang Wajib Kamu Coba

7. Stanford University

Universitas Termahal Di Dunia: Stanford University

Stanford dikenal sebagai universitas yang dekat dengan Silicon Valley dan teluk San Francisco yang indah. Universitas ini juga memiliki Stanford Research Park dengan jalan beraspal terbuka untuk pengendara sepeda motor dan pejalan kaki. Untuk menikmati fasilitas tersebut, Stanford menetapkan biaya kuliah tahunan $51,000 atau sekitar Rp 726 juta.

8. Harvard University

Universitas Termahal Di Dunia: Harvard University

Selanjutnya adalah Harvard University yang termasuk salah satu perguruan tinggi bergengsi di Amerika Serikat. Universitas ini didirikan pada tahun 1636. Harvard University memiliki 11 unit akademik yang terpisah di antaranya Harvard Business School, Harvard Medical School, dan Harvard School of Dental Medicine. Dana pendidikan di Harvard University berkisar dari US$11,258-44.990 yakni sekitar Rp160 juta sampai Rp640 jutaan.

Baca juga: 

Tips serta Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Cara Daftar Beasiswa Kuliah S1 dan S2 2022

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri!

Nah, itulah daftar delapan universitas termahal di dunia. Apabila kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, daftar universitas di atas mungkin bisa kamu jadikan referensimu. Untuk masalah biaya, tenang saja! Ada berbagai skema beasiswa yang bisa kamu ajukan, lho! Jadi, tertarik dengan universitas yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *