Tanggal:09 May 2024

7 Situs serta Aplikasi Pembuat Daftar Pustaka dan Sitasi Bagi Mahasiswa

Ketika kamu menjadi seorang mahasiswa, tentunya kamu akan berhadapan dengan berbagai tugas yang menumpuk. Mulai dari makalah, laporan penelitian, karya ilmiah, jurnal, tesis hingga skripsi semuanya menjadi satu dalam tugas yang menggunung.

Kursus online belajar grammar vocasia

Salah satu kendala yang sering didapatkan oleh para mahasiswa ini biasanya ketika harus membuat daftar pustaka dan juga sitasi, yang terkadang terasa sulit jika membuatnya secara manual.

Nah, untuk memudahkan serta membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas tersebut, kami telah merangkum beberapa situs serta aplikasi daftar pustaka dan sitasi yang recommended banget untuk kamu gunakan.

Tidak hanya itu, situs atau aplikasi pembuat daftar pustaka dan sitasi ini juga dilengkapi style yang berlaku internasional, serta dapat mendeteksi plagiatisme, lho. Tanpa harus berlama-lama lagi, yuk langsung saja simak daftarnya satu per satu di bawah ini, ya!

Baca juga: Berikut Cara Menulis Daftar Pustaka yang Baik dan Benar!

Rekomendasi Situs Serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi

Jika kamu sedang mempertimbangkan software atau tools mana yang akan digunakan untuk membantumu membuat daftar pustaka serta sitasi dalam menulis karya tulis ilmiah, skripsi, jurnal dan lain-lain. Kamu wajib banget mengetahui beberapa rekomendasi website dan aplikasinya seperti berikut ini.

1. Mendeley

Situs Serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Mendeley

Mendeley adalah software pembuat sitasi, daftar pustaka, dan bibliografi otomatis buatan Elsevier yang bekerja secara online dalam sistemnya. Aplikasi ini tersedia dalam versi web dan dekstop yang kompatibel dengan Windows dan Macintosh. Aplikasi Mendeley ini pun mempunyai plugin yang membuatnya bisa terhubung dengan Microsoft Office sehingga akan memudahkan pengguna.

Di samping fitur tampilan metadata dari PDF jurnal, kamu boleh mengganti jenis sitasi sesuka hati. Cukup mengarahkan cursor ke menu References dan pilih Style, kutipan dan daftar pustaka akan berubah dengan sendirinya setiap kali kamu mengubah model sitasi.

2. Zotero

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Zotero

Software daftar pustaka ini tersedia dalam dua versi, yaitu web browser dan offline. Jenis web browser sudah memperoleh dukungan dari sejumlah search engine semacam Apple Safari, Google Chrome, dan Mozilla Firefox. Sementara itu, versi offline Zotero sudah terintegrasi dengan NeoOffice, Apache OpenOffice, dan LibreOffice.

Instalasi Zotero sebagai aplikasi dalam mengutip sekaligus membuat daftar pustaka sama halnya dengan Mendeley. Kamu hanya perlu mengunduhnya terlebih dahulu dan menyelesaikan proses pendaftaran, lalu meng-install plugin di Microsoft Office supaya Microsoft Word-mu terhubung dengan Zotero.

Basis penggunaannya pun hampir sama dengan Mendeley, yakni memakai Metadata. Selain untuk mensitasi dokumen, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk mensitasi video, berita, musik, hingga film.

3. EndNote

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: EndNote

Aplikasi EndNote ini memungkinkan pengguna untuk mengimpor langsung referensi dari database mesin pencari, contohnya PubMed. Dengan begitu, kamu pun bisa membuat perpustakaan file referensi pribadi, kemudian menghubungkannya dengan tulisanmu. Hal seperti ini pastinya akan mempermudah pemilihan referensi yang akan kamu sitasi.

Beberapa keuntungan yang Endnote tawarkan ialah mempunyai segudang gaya kutipan (sitasi) untuk setiap jurnal. Tak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna menciptakan banyak perpustakaan sekaligus untuk setiap hasil tulisan. Referensi yang sudah kamu unduh juga bisa terhubung dengan mudah ke dokumen. Untuk informasi lebih lanjut, kamu dapat mengunjungi situs resmi Endnote.

Baca juga: Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, Gampang Banget Loh!

4. Citation Machine

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Citation Machine

Di situs ini, kamu cukup mencari judul buku maupun artikel yang akan kamu gunakan. Jika sumber yang kamu inginkan telah terdaftar, Citation Machine akan mengolah data-data lain dan menampilkannya sesuai dengan format yang kamu inginkan.

Namun karena situs ini bersifat internasional, kamu harus memasukkan sendiri data-data terkait sumber yang kamu gunakan jika kamu memakai sumber berbahasa Indonesia. Tapi tenang saja, karena setelah memasukkan data, situsnya akan menyusun daftar pustaka sesuatu format yang kamu mau. Artinya, kamu tidak perlu pusing-pusing mencari urutan dan tanda baca yang digunakan. Kamu cukup copy-paste daftar pustaka yang telah disusun.

5. Microsoft Word

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Microsoft Word

Nah, kalau software yang satu ini telah tersedia sejak pertama kali kamu memasang Microsoft Office di laptop ataupun komputer. Jadi, tidak perlu repot-repot lagi untuk mengunduhnya. Microsoft Word sendiri sudah lengkap dengan kemampuan menyusun daftar pustaka yang lumayan bagus. Namun, pengguna belum dapat mengunggah jurnal alias cuma bisa mengisi metadata dari karya tulis yang menjadi referensi.

Apabila ingin membuat daftar pustaka, carilah menu Tab References pada halaman MS. Word dan klik Insert Citation. Kamu dapat mengatur gaya penulisan dengan sejumlah pilihan yang tersedia. Misalnya Chicago, APA, MLA, sampai Turabian style. Kamu juga boleh mengunduh dan menambah style baru di sana, lho.

6. Cite This For Me

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Cite This For Me

Situs selanjutnya adalah Cite This For Me. Cara kerjanya mirip dengan Citation Machine, kamu cukup mencari atau memasukkan data sumber yang kamu kutip, dan situs ini akan menyusunnya sesuai dengan format yang dipilih.

Tapi di situs ini kamu bisa mengunduh kutipan ke dalam database referensi di Microsoft Word. Artinya, kamu tidak perlu lagi bolak-balik copy-paste sumber tersebut karena sudah tersimpan di Word dan bisa kamu gunakan kapan saja. Cite This For Me juga menyediakan bermacam-macam pilihan sumber untuk dikutip, seperti karya seni, DVD, hingga podcast dan presentasi.

7. Citefast

Situs serta Aplikasi Daftar Pustaka dan Sitasi: Citefast

Sesuai dengan namanya, situs ini memiliki waktu loading dan proses yang lebih cepat dibandingkan situs lainnya. Tampilannya mungkin tidak semodern yang lain, tapi navigasinya mudah. Ketika kamu masuk ke laman ini, kamu akan langsung diarahkan untuk memilih format penulisan, lalu tipe sumber. Kemudian, kamu diberi kolom untuk mencari sumber yang kamu inginkan atau kamu bisa mengisi data sumber secara manual.

Baca juga: Langkah-langkah Dalam Metode Ilmiah

Nаh, itulah rekomendasi ѕіtuѕ serta aplikasi daftar pustaka dan sitasi untuk kamu. Dalam mengoperasikannya mungkin kаmu masih harus mengisi data-data pustaka, ѕереrtі judul, tаhun tеrbіt, реnulіѕ, dаn еdіѕі ѕесаrа mаnuаl, tарі ѕеtіdаknуа kаmu tіdаk perlu рuѕіng terkait dengan urutаnnуа. Jadi, sudah tahu mau pakai situs atau aplikasi yang mana untuk membantu menyelesaikan tugas-tugasmu?

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *