Tanggal:24 June 2024
Rekomendasi laptop untuk mahasiswa

13 Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Mahasiswa

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa ada merek apa saja ya? Penggunaan laptop sangat penting bagi kalangan mahasiswa. Selain mudah digunakan di mana pun, laptop juga membantu dalam mengerjakan tugas sehari-hari. Maka dari itu, perlu dilakukan perawatan yang benar agar kondisi laptop tetap dalam keadaan yang baik saat digunakan.

Sebagian orang pasti pernah mengalami permasalahan laptop. Permasalahan yang sering terjadi di antaranya seperti baterai cepat habis, suka nge-lag, tampilan blue screen, bahkan keyboard yang tidak berfungsi.

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan permasalahan tersebut muncul. Jika hal ini terjadi, pasti kamu langsung membawa laptop ke tempat service, bukan? Namun kita harus selalu waspada. Di zaman seperti ini, ada saja para oknum nakal yang ingin meraup keuntungan besar, tetapi laptop tak kunjung diperbaiki.

Untuk solusi terbaiknya, kalian para mahasiswa harus merawat laptop dengan rajin, ya. Kali ini Vocasia akan merekomendasikan laptop yang cocok dan sesuai kantong mahasiswa, nih. Disimak, ya!

13 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa

Pastinya, laptop incaran mahasiswa harus memiliki kapasitas ruang yang banyak. Berikut ini beberapa rekomendasinya!

1. HP 14s-DK0073AU

Laptop HP 14s-DK0073AU (Google)

Apakah kamu merasa bosan dengan warna laptop hitam? Atau merasa minder untuk membawa laptopmu saat kumpul bersama teman? Jangan khawatir, produk HP ini akan membantu meredakan kekhawatiran kamu. Dengan desain dengan warna yang lebih glossy dan soft, laptop seharga tiga juta rupiah ini juga memiliki spek yang cukup tangguh di kelasnya. Kapasitas penyimpanan yang sudah mencapai 1TB akan memudahkan kamu untuk menyimpan lebih banyak file di dalamnya. Belum lagi ia didukung dengan RAM 4 GB. Selain digunakan untuk mengerjakan tugas dan PR, untuk bermain game juga akan lancar, loh.

2. Axioo My Book 11 Lite

Laptop Axioo My Book 11 Lite (Google)

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa selanjutnya adalah Axioo My Book 11 lite. Laptop ini sangat cocok untuk mahasiswa dan pelajar karena harganya yang murah, tetapi berkualitas. Axioo My Book 11 lite memiliki layar berukuran 11 inci dengan panel IPS, ditenagai prosesor Intel Atom X5 Z8350, serta RAM berkapasitas 4GB. Media penyimpanan menggunakan EMMC  yang dilengkapi dengan kartu memori 64GB. Laptop ini memiliki daya baterai dengan kapasitas 30Wh.

Baca Juga : Laptop Murah Untuk Pelajar

3. Zyrex Notebook Sky 232A

Laptop Zyrex Notebook Sky 232A (Google)

Berikutnya, laptop dengan harga cukup terjangkau adalah Zyrex Notebook Sky 232A. Perangkat ini juga Vocasia rekomendasikan sebagai laptop untuk mahasiswa. Laptop ini memiliki layar berukuran 14 inci dan resolusi FHD yang ditenagai dengan prosesor AMD. Zyrex Notebook Sky 232A dibekali dengan RAM berkapasitas 4GB single channel dengan media penyimpanan data 128GB dan kapasitas baterai 37Wh.

Baca Juga : Fungsi RAM

4. ASUS X441BA

Laptop ASUS X441BA (Google)

Pilihan selanjutnya yang juga tak kalah tangguh adalah produk dari ASUS yang satu ini. Merek ini sangat cocok untukmu, jika menginginkan laptop dengan ukuran yang sedang, namun spesifikasinya lumayan. Laptop ini direkomendasikan karena dilengkapi RAM sebesar 4GB dan kecepatan prosesor hingga 2,6. Dengan spek yang sedemikian rupa, kamu sudah bisa melakukan banyak hal menggunakan laptop ini.

Baca Juga : Node Jaringan

5. ASUS Vivobook Ultra K403

Laptop ASUS Vivobook Ultra K403 (Google

Bagi kamu yang kuliah jurusan Teknik Informatika, laptop ini bisa jadi pilihan, loh. ASUS K403 tersedia dalam dua pilihan prosesor yaitu Intel Core i3-8145U dan Intel Core i5-8265U. Keduanya dilengkapi dengan kartu grafis Intel HD yang sudah terintegrasi. Selain itu, laptop ini juga dibekali dengan pilihan RAM 4GB atau 8GB serta memori penyimpanan sebesar 512GB yang mampu beroperasi lebih cepat dibandingkan dengan hardisk konvensional.

Baca Juga : Hardware

6. Lenovo Yoga 520-0GID

Laptop Lenovo Yoga 520-0GID (Google)

Rekomendasi laptop terbaik untuk mahasiswa selanjutnya ialah Lenovo Yoga 520-0GID. Laptop ini cocok buat kamu yang mencari laptop dengan fokus kecepatannya dalam memproses data. Ia memiliki prosesor Intel Core i3-7130U yang diklaim memiliki kecepatan hingga 2.70. Terlebih lagi, laptop ini juga hadir dengan kapasitas RAM sebesar 8GB serta memori penyimpanan hingga 1TB, loh!

Desainnya memiliki tampilan yang cukup tipis serta ringan untuk dibawa kemana pun kamu berada. Layar pada laptop ini pun sudah menggunakan teknologi layar sentuh atau touch screen dan bisa diputar.

Baca Juga : Software

7. HP Pavilion 14-CE3011TX

Laptop HP Pavilion 14-CE3011TX (Google)

Laptop berikut telah memiliki prosesor jenis Intel Core Gen 10. Perangkat laptop ini sanggup memproses kecepatan hingga 3.6 dengan tambahan teknologi Intel Turbo Boost yang luar biasa. Selain daripada prosesor dan kecepatan tersebut, HP Pavilion tentunya juga memiliki kapasitas RAM disertai memori yang cukup besar, yakni RAM sebesar 8GB dan memori SSD.

Baca Juga : Cara Merawat Laptop

8. Dell Latitude 3190

Laptop Dell Latitude 3190 (Google)

Dengan dukungan layar sentuh Dell Latitude 3190, pengguna dapat merasakan manfaat yang lebih dari sekadar penggunaan mouse dan keyboard saja. Rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang satu ini juga dapat mendukung penggunaan agar bekerja lebih feksibel. Contohnya seperti mencatat langsung di layar, menggambar, ataupun membubuhkan tanda tangan secara praktis.

Engsel yang dapat dilipat hingga 360 derajat juga memungkinkan laptop berada di berbagai bermacam mode. Contohnya seperti mode tenda, mode stand, hingga mode tablet. Jika digunakan pada mode tablet, sebaiknya kamu membeli juga Pen atau stylus yang kompatibel dengan laptop ini.

9. Xiaomi Notebook Air

Laptop Xiaomi Notebook Air (Google)

Laptop keluaran produsen asal Negeri Cina ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Xiaomi Notebook Air 12.5 Inch masuk kategori laptop murah yang cocok untuk mahasiswa. Terlebih lagi, meski memiliki desain dan bahan yang mirip dengan MacBook Air, Xiaomi Notebook Air memiliki dimensi yang lebih tipis. Untuk menunjang performanya, ia dibekali chipset Intel core M3, 4 GB RAM untuk kecepatan membaca data dan layar full HD 1920×1080 piksel. Dengan menggunakan laptop ini, kamu bisa bergaya maksimal dengan budget minimal.

10. Asus A407U

Laptop Asus A407U (Google)

Beralih ke laptop murah yang cocok untuk mahasiswa lainnya, yakni Asus A407U. Laptop ini konon merupakan kombinasi antara estetika dan performa. Tersedia dalam pilihan warna Star Grey dan Icicle Gold yang menarik perhatian. Ukuran layar 14 inch dengan bezel tipis serta tampilan NanoEdge, membuatnya terasa lebih besar dan lebih imersif.

Laptop ini dilengkapi dengan processor intel core i3-6006U dengan kapasitas RAM 4 GB yang dapat di-upgrade hingga 8GB. Jika memakai laptop ini, kamu tidak usah khawatir saat harus menginstal aplikasi yang membutuhkan memori dalam jumlah besar seperti aplikasi simulator EKTS untuk mahasiswa teknik elektro. Hal itu dikarenakan laptop ini memiliki ruang penyimpanan sebesar 1 TB. Dengan berat yang hanya 1500 gram, sangat praktis untuk dibawa kuliah setiap hari dan mengerjakan tugas tim.

Baca Juga : Cara Membuat Blogspot

11. Acer Swift 3 Athlon 300U

Laptop Acer Swift 3 Athlon 300U (Google)

Rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang cocok untuk kelas online adalah Acer Swift 3 Athlon 300U. Jenis prosesor yang digunakan adalah AMD 2 Core dengan kecepatan mencapai 3.3 Ghz. Kinerjanya semakin bagus dengan memori penyimpanan SSD 256 GB dan RAM 4 GB. Layarnya berukuran 14 inci dengan teknologi IPS LCD dan LED backlight yang menghasilkan gambar yang cukup jernih. Selain untuk perkuliahan daring, laptop ini sangat lancar untuk mengerjakan berbagai tugas perkuliahan yang membutuhkan aplikasi berat.

12. Xiaomi RedmiBook 15

Laptop Xiaomi RedmiBook 15 (Google)

Xiaomi mengeluarkan laptop untuk direkomendasikan ke para mahasiswa, yakni Xiaomi RedmiBook 15. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core generasi ke-11 dengan penyimpanan SSD 256 GB dan RAM 8 GB. Pada laptop sudah terpasang webcam dengan resolusi 720p yang akan menghasilkan gambar cukup jernih ketika digunakan meeting atau kuliah daring. Meski ukuran monitornya cukup besar, sekitar 15.6 inci, namun laptop ini tetap tampil tipis, minimalis, dan mewah. Sistem operasi yang digunakan pada laptop ini adalah Windows 10.

Baca Juga : Antivirus Untuk Laptop

13. Acer Chromebook 514

Laptop Acer Chromebook 514 (Google)

Memiliki prosesor Intel Celeron N3450 C juga wajib kamu pertimbangkan sebagai laptop andalan untuk kuliah. Lalu, selain performanya yang cukup cepat, dengan RAM 4 GB dan penyimpanan 64GB dapat membantu kamu untuk menjalani tugas sehari-hari.

Kemudian, keunggulan Acer Chromebook 514 lainnya adalah sangat ringan dan baterainya bisa bertahan sampai 12 jam. Sehingga, laptop ini termasuk laptop yang fleksibel untuk dibawa kemana pun tanpa khawatir kehabisan daya baterai. Tak hanya itu, layar full HD dan tampilan 1080p beserta keyboard yang memiliki lampu latar dan touchpad berukuran besar, juga bisa menambah kenyamanan saat menatap layar.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop Gaming

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi laptop untuk mahasiswa. Jangan lupa untuk tetap merawat laptop agar tidak cepat rusak. Semoga bermanfaat dan nantikan juga artikel lainnya dari Vocasia, ya!

Edited by: Rangga Septio Wardana (Intagram: @ranggasward)

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *