Tanggal:11 May 2024

Seberapa Pentingkah fungsi RAM pada Kinerja PC maupun Laptop

RAM adalah salah satu hardware yang sangat penting untuk Smartphone, Dekstop, maupun Laptop sekalipun. Karena jika RAM tidak ada dapat dipastikan akan mengurangi kinerja yang sangat signifikan.

Yuk simak seberapa pentingkah fungsi RAM pada kinerja PC maupun Laptop.

Baca Juga | Apa Itu User Interface? Yuk Simak Pengertian Dan Contohnya!

Pengertian RAM

Random Access Memory atau RAM adalah hardware yang berada pada perangkat, seperti komputer dan laptop. Kapasitas RAM pada setiap perangkat biasanya berbeda-beda.

Semakin besar kapasitas RAM maka proses dalam membaca data, multitasking, maupun booting akan jauh lebih cepat.

Baca Juga | Cara Backup Data Di Laptop

Jika Kalian sangat suka bermain games, tentu saja peran RAM pada PC atau Laptop Kalian sangat penting karena jika kapasitas pada RAM yang Kalian miliki sangat kecil kemungkinan besar akan mengurangi pengalaman dalam bermain games.

Jadi, apa saja ya fungsi pada RAM? Berikut fungsi pada RAM yang harus Kalian ketahui.

Baca Juga | Apa Itu Jaringan Komputer? Kenali Jenis Dan Manfaatnya!

Fungsi RAM

1. Reading

Kecepatan membaca data akan jauh lebih cepat jika memakai RAM, jika memakai Harddisk proses membaca data jauh lebih lambat karena dalam Harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya, terutama jika data mengalami fragmentasi.

Baca Juga | Apa Itu Bandwidth? Fungsi Dan Contohnya

2. Penyimpanan Sementara

RAM juga berfungsi sebagai memori penyimpanan yang bersifat sementara. Misalnya ketika Kalian membuka suatu Aplikasi atau program lainnya, kata-kata yang dituliskan bersifat sementara.

Dengan begitu RAM yang sifatnya menjadi memori penyimpanan sementara dapat menjalankan program dengan lebih cepat dan responsif.

Baca Juga | Data Warehouse: Pengertian, Fungsi, Dan Manfaatnya

3. Membantu Performa Grafis

Kalian yang senang dan hobi bermain game dengan resolusi tinggi atau menonton film dengan resolusi yang tinggi ini memungkinkan data yang berjalan sangat besar. Karena itu Kalian perlu memakai RAM yang kapasitasnya besar.

Semakin besar kapasitas pada RAM yang Kalian miliki maka secara otomatis semakin banyak pula data atau program yang dijalankan dapat diproses dengan waktu yang singkat. Resiko hang juga semakin kecil karena CPU juga mudah mengolah data jika pasokannya lancar.

Kesimpulannya adalah RAM adalah hardware yang berperan besar dalam memproses setiap data atau program saat Kalian menggunakan Desktop apalagi menggunakan untuk kebutuhan bermain Game.

Disarankan jika Kalian memakai RAM, buatlah RAM Kalian menjadi Dual Channel agar proses nya lebih cepat ketimbang Single Channel.

Semoga ulasan diatas dapat membantu. Jangan lupa share bagikan ke teman-teman Kalian ya.

Baca Juga | Data Analyst Vs Data Scientist: Mana Pilihan Karirmu?

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *