Tanggal:29 April 2024
cara merawat laptop

Cara Merawat Laptop: Awet, Tidak Lelet, dan Tidak Cepat Rusak

Di era digital dan pandemi seperti sekarang, siapa sih yang tidak bergantung dengan laptop?  Dari dunia akademik sampai profesional semuanya membutuhkan laptop. Perangkat elektronik yang satu ini ibarat soulmate buat kamu yang diharuskan bekerja menggunakan laptop. Kalau laptopmu bermasalah seperti cepat rusak ataupun lelet saat digunakan, pastinya akan membuat pekerjaanmu tertunda dan menghambat produktivitasmu. Jangan bermimpi untuk mempunyai laptop awet saat kamu tidak merawatnya dengan benar, ya. Daripada harus mengeluarkan biaya ekstra untuk reparasi laptopmu, lebih baik simak tips cara merawat laptop berikut:

1. Jangan menaruh benda di atas laptop

Kadang-kadang tanpa disadari kita merasa ada space kosong di atas laptop yang tertutup rapi sehingga kita meletakkan benda seperti tumpukan buku di atas casing laptop. Kebiasaan yang satu ini bisa menyebabkan kerusakan serius di LCD laptopmu, lho. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya ratusan ribu hanya untuk ganti layar LCD, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini, ya!

Baca Juga | Ini Dia Rekomendasi Laptop Untuk Pekerjaan Kantoran, Yuk Simak!

2. Matikan laptop dengan benar

Siapa nih yang mematikan laptop hanya dengan menekan tombol power saat terburu-buru? Padahal kebiasaan ini bisa menimbulkan kerusakan pada prosesor, lho. Mematikan laptop sesuai aturan bisa sangat menentukan keawetan laptopmu. Cara mematikan yang benar adalah dengan menekan shut down, laptop pun akan dimatikan secara perlahan oleh sistem.

Baca Juga : Perbedaan AMD Vs Intel

3. Hindari game berat

Beberapa model laptop memang dirakit supaya bisa memainkan berbagai game PC. Tapi, kamu harus ukur sendiri kemampuan laptopmu. Jangan dipaksakan kalau spesifikasi laptopmu tergolong menengah. Hal ini berpotensi mengakibatkan perangkat menjadi overheat serta dikhawatirkan akan merusak baterai laptop. Kalau kamu ingin memainkan game PC, sebaiknya beli laptop gaming, ya!

Baca Juga | Beli Laptop Gaming Atau Rakit PC? 

4. Jangan letakkan laptop di atas kasur

Beberapa di antara kamu pasti suka menaruh laptop di atas kasur. Sebaiknya sekarang kurangi kebiasaan itu karena bisa menyebabkan laptopmu cepat rusak, loh. Sirkulasi udara dari laptopmu menjadi terhambat sehingga menyebabkan overheat dan paling parahnya laptopmu akan rusak.

 Baca juga: 5 Tips merawat & membersihkan kamera analog agar tetap awet dan tahan lama

5. Hati-hati saat download aplikasi dari sumber tidak dikenal

Aplikasi dari sumber tidak dikenal rentan membawa virus, malware bahkan trojan bagi laptop kita. Virus tersebut bisa mencuri data-data yang ada di laptop kita dan juga bisa menjalankan aplikasi aplikasi di belakang layar yang sulit dideteksi windows. Hal itu membuat laptop kita terasa lebih lemot. Untuk mengatasi hal ini selalu aktifkan real time protection windows kita. Dengan begitu kita akan terjaga dari virus-virus yang berasal dari dunia internet sekaligus bisa mengamankan data pribadi kita juga. Pasti kamu tidak ingin data pribadinya tercuri, kan?

Baca Juga : Apa Itu Spoofing?

6. Jangan unduh antivirus pihak ketiga

Sebenarnya windows generasi terbaru seperti windows 10 dan 11 sudah memiliki antivirus bawaan yang bernama windows deffender. Tentunya jika kita menggunakan antivirus pihak ketiga hanya akan membebani laptop dari segi ram dikarenakan program antivirus akan selalu berjalan di belakang layar dengan begitu kinerja laptop tidak akan maksimal. Seperti yang kita tahu antivirus yang memiliki nama besar rata-rata berbayar. Hindari penggunaan antivirus pihak ketiga, ya! Selain menghemat uang, kita juga bisa memaksimalkan kinerja laptop.

Baca Juga : Apa Itu Cybercrime?

7. Pilihlah aplikasi sesuai spesifikasi laptop kita

Dengan menggunakan aplikasi yang sesuai spesifikasi laptop kita, maka laptop kita akan terhindar dari kata lemot maupun overheat. Kita juga harus tahu spesifikasi laptop kita agar tidak salah dalam memilih aplikasi yang akan berakibat pada kinerja laptop kita. Jika kita memaksa menggunakan aplikasi yang membutuhkan spesifikasi di atas laptop kita, prosesor pada laptop akan bekerja keras dan bisa mengakibatkan penurunan kinerja prosesor dalam jangka panjang.

Nah, itulah beberapa cara merawat laptop dengan benar yang penting diketahui. Selain itu, jangan lupa terapkan poin-poin di atas agar laptop kesayanganmu tetap awet, ya!

Baca Juga | Rekomendasi Laptop Murah Bagi Pelajar, Performa Cocok Untuk Belajar Loh!

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *