Tanggal:17 May 2024
esfp

7 Pekerjaan yang Cocok untuk Kamu ESFP

ESFP merupakan salah satu kepribadian dalam 16 tipe kepribadian MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. ESFP sendiri merupakan akronim dari Extraverted, Sensing, Feeling, dan Perceiving. Mereka termasuk sebagai “penghibur” di lingkungannya. Ingin tahu pekerjaan apa yang cocok untuk ESFP? Simak paparan berikut! 

Baca juga: Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian Dan Penjelasannya!

Karakteristik ESFP 

arti ESFP

Ilustrasi ESFP (cr. pixabay)

Populasi ESFP diperkirakan ada 4-10% di dunia. Karakter ESFP sendiri dikenal sebagai sosok menyenangkan, penghibur orang lain, dan senang menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, mereka cenderung menyebarkan aura positif di sekitarnya. Meski begitu, mereka juga termasuk sosok yang mudah bosan akan sesuatu, tidak menyukai teori, dan tidak senang membuat rencana. Untuk lebih memahami karakter dari ESFP, ada beberapa karakteristik utama yang perlu diketahui, di antaranya:

1. Senang Bersosialisasi 

ESFP merupakan salah satu karakter ekstrovert yang cara memulihkan energinya dengan bersosialisasi dan bercengkrama dengan orang lain. Mereka cenderung akan merasa bahagia ketika dapat menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekatnya. 

Sementara, orang terdekat dari ESFP akan mendeskripsikan mereka sebagai sosok yang jenaka, menyenangkan untuk diajak berdiskusi, dan ceria. 

Baca juga: Ekstrovert Dan Sedang Mencari Kerja? Berikut Pekerjaan-Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu!

2. Mempunyai Jiwa Optimis 

Dapat terlihat dari pembawaannya yang menyenangkan, ESFP juga memiliki optimisme dan keberanian dalam mengambil langkah. Mereka tidak takut untuk keluar dari zona nyaman dan mencoba hal-hal baru. Hampir seluruh pelajaran dalam hidupnya didapatkan dari pengalaman yang dialami langsung.

jiwa optimis ESFP

Ilustrasi optimisme ESFP (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

3. Impulsif 

Impulsif menjadi karakter seorang ESFP. Mereka tidak terlalu suka membuat rencana bagi masa depannya. Mereka cenderung melakukan sesuatu secara spontan, cenderung tanpa rencana yang maksimal. 

4. Memiliki Jiwa yang Hangat 

ESFP termasuk seseorang yang mempunyai kepribadian yang hangat, penyayang, dan sering menaruh perhatian pada orang-orang di sekitarnya. Mereka juga memiliki rasa empati yang tinggi terhadap orang lain serta paham cara menghadapinya. 

5. Tidak Senang Dikritik 

Meski ESFP termasuk orang yang mudah bergaul dan menyenangkan, mereka juga termasuk sosok yang tidak senang dikritik. Hal itu dikarenakan mereka sosok yang sensitif dan emosional. Mereka akan menganggap orang yang mengkritiknya sedang menyudutkan atau menghakiminya. 

ESFP di Lingkungan Kerja 

ESFP di kantor

Ilustrasi ESFP di kantor (Foto oleh fauxels dari Pexels)

Telah disinggung sebelumnya bahwa ESFP merupakan sosok yang memiliki kecakapan bersosialisasi yang baik. Hal tersebut membantu mereka dalam bekerja di kantor. Mereka termasuk pekerja yang dapat diandalkan dalam menyelesaikan masalah karena kecerdasan yang mereka miliki. Selain itu, mereka termasuk sosok yang realistis, praktis, serta mampu menempatkan diri sesuai keadaan dan orang yang dihadapinya. 

Baca juga: Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

Meskipun demikian, mereka tidak dapat bekerja di lingkungan yang memiliki peraturan yang ketat. Mereka tidak akan leluasa mengeluarkan sense artistiknya dalam bekerja sehingga akan menghambat kinerja yang dihasilkan. Mereka juga perlu pekerjaan yang memberi kesempatan untuk membantu orang lain dan mempunyai hasil nyata bagi kehidupan. 

Pekerjaan yang Cocok untuk ESFP 

Berikut pekerjaan yang dapat dijadikan pertimbangan bagi ESFP.

1. Perencana Acara 

event planner ESFP

Ilustrasi event planner (Foto oleh Natasha Fernandez dari Pexels)

Mereka yang memiliki MBTI ESFP cocok bekerja menjadi seorang perencana acara. Hal ini didukung dengan adanya hasil nyata dalam bentuk kepuasan klien setelah acara dilangsungkan yang akan membuat ESFP merasa dapat membantu orang lain. 

Adapun hal lain yang membuat ESFP cocok bekerja di bidang ini ialah pekerjaan ini tidak terikat birokrasi yang terlalu ketat. Meski pekerjaan ini perlu kemampuan organisasi yang mumpuni, pekerjaan ini masih tetap menyenangkan untuk dilakukan. 

2. Entrepreneur 

Karakter yang perlu dimiliki seorang entrepreneur sejalan dengan karakter ESFP. Keduanya sama-sama berkarakter ambisius, tegas, dan fokus mencapai kesuksesan. Dikarenakan skill komunikasi dan bersosialisasi yang ESFP punya, mereka akan selalu memiliki optimisme dan motivasi untuk menjalin komunikasi yang baik dengan klien, rekan bisnis, atau sosok lainnya yang akan membantu mengembangkan usaha yang dimiliki. 

Meskipun demikian, mereka cenderung tidak mengkhawatirkan masa depan, namun dengan partner dan orang-orang yang tepat, mereka akan mampu menjalankan perusahaan dengan baik.

3. Sales Representative 

sales representative

Ilustrasi sales representative (Foto oleh LinkedIn Sales Navigator dari Pexels)

Menjadi seorang sales representative perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Maka dari itu, seorang ESFP cocok untuk menjadi sales representative. Optimisme dan antusias yang mereka punya untuk menghadapi pelanggan dan menawarkan produk-produk menjadi bekal bagi ESFP. 

Mudah bergaul dan kemampuan mengamati yang mumpuni juga menjadi bekal untuk seorang sales representative. Bagi ESFP kemampuan tersebut dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik di lapangan. 

4. Pekerja Sosial 

ESFP yang memiliki jiwa sosial tinggi akan sangat cocok apabila bekerja di bidang sosial. Mereka akan dengan senang hati melakukan pertolongan dan pelayanan bagi kesejahteraan masyarakat. Mereka pun akan melakukan setiap pekerjaan dengan baik karena antusiasme dalam membantu orang lain. 

Menjadi seorang pekerja sosial juga dapat dikembangkan untuk melebarkan karier secara profesional. Bahkan, sudah banyak studi lanjutan yang mengusung pekerjaan ini untuk profesionalisme. 

5. Entertainer 

entertainer bagi ESFP

Ilustrasi entertainer (Foto oleh Alena Darmel dari Pexels)

Sisi artistik dari ESFP akan sangat membantu apabila disalurkan ke bidang entertainment. Banyak profesi yang dapat dilakukan oleh seorang ESFP, seperti aktor/aktris, penyanyi, seniman, pelawak, atau lainnya. 

Mereka juga dapat menjadi seorang penghibur di bidang yang lebih serius karena kemampuan public speaking yang mereka punya, seperti pembicara motivasi atau pelatih korporat. 

6. Public Relations Associate 

Public relations dapat menjadi pilihan karier bagi ESFP. Mereka dinilai mampu menjadi wajah bagi perusahaan dan mengembang segala tanggung jawab yang dibebankan padanya. Bidang pekerjaan yang aktif dan menantang, tentu akan menambah antusias bagi ESFP. 

7. Chef 

Menjadi chef juga dapat dipertimbangkan bagi ESFP. Seorang chef memerlukan kecekatan dan keluwesan dalam mengerjakan segala pekerjaan. Terlebih lagi, sisi artisitik yang juga perlu dikuasai oleh seorang chef yang akan menambah antusias ESFP dalam bekerja. 

Mereka juga akan menjadi chef andal karena adanya hasil nyata dari pekerjaan yang dilakukan. Oleh karena itu, menjadi chef adalah pilihan terbaik bagi ESFP. 

Nah, itu dia paparan mengenai pekerjaan yang cocok bagi ESFP. Tentu, tulisan ini tidak dapat dijadikan acuan sepenuhnya, kamu dapat mempertimbangkan pilihan kariermu dengan matang tidak hanya terpaku pada hasil tes kepribadian.

Tahu tidak kalau kemampuan berkomunikasi yang baik tidak hanya dimiliki oleh ESFP? Kamu juga bisa, lho, dengan mengikuti kelas Public Speaking Hack di Vocasia. Harga yang terjangkau dan akses video pembelajaran yang mudah sudah dapat kamu nikmati seumur hidup. Yuk, grab it fast!

Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *