Tanggal:05 May 2024
Tes MBTI

Tes MBTI: 16 Tipe Kepribadian dan Penjelasannya!

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata introvert dan ekstrovert. Masing-masing orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda. Untuk mengetahui kepribadian seseorang, biasanya dibutuhkan suatu tes. Kini sudah banyak tes-tes kepribadian yang dilakukan secara online. Salah satu tes kepribadian yang paling banyak digunakan adalah tes MBTI.

Apa Itu Tes MBTI?

Pengertian Tes MBTI (freepik)

MBTI merupakan singkatan dari Myers-Briggs Type Indicator. MBTI adalah sebuah instrumen untuk melakukan assessment atau tes kepribadian mandiri dan sederhana. Tes kepribadian ini menyajikan beberapa pertanyaan tentang preferensi seseorang. Tujuan tes ini dilakukan untuk mengetahui cara seseorang saat mengolah informasi, mengambil keputusan, atau memandang sebuah masalah yang ada.

Menurut Carl Jung, manusia mempunyai 4 fungsi pokok yaitu: intuisi, pengindra, perasa, dan berpikir. Kemudian 4 fungsi pokok tersebut akan dicabangkan lagi menjadi 4 rentang:

Introvert (I) – Ekstrovert (E) = Cara seseorang memusatkan perhatiannya.

Sensing (S) – Intuition (N) = Cara seseorang memahami sebuah informasi.

Thinking (T) – Feeling (F) = Cara seseorang mengambil keputusan.

Judging (J) – Perceiving (P) = Cara seseorang merespon dunia sekitar.

Baca Juga: Cara Menjadi Pribadi Yang Menyenangkan

Awal Mula Tes MBTI

Tes kepribadian MBTI ini dikembangkan oleh sepasang ibu dan anak yang bernama Katherine Cook Briggs dan Isabell Briggs Myers. Mereka tertarik dengan tipologi kepribadian yang dipopulerkan oleh Carl Gustav Jung. Briggs dan Myers melakukan pengembangan dan riset terhadap tipe-tipe kepribadian yang dicetuskan oleh Carl Jung hingga membuahkan sekitar 16 tipe kepribadian.

Tes MBTI pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962. Mulanya Briggs dan Myers menyebarluaskan tes kepribadian ini ke saudara dan teman-teman terdekat mereka. Tujuan dari MBTI adalah untuk membuat teori tipe psikologis yang dicetuskan oleh Carl Jung dapat dimengerti dan berguna dalam kehidupan manusia. Ke-16 tipe kepribadian tersebut masih dipakai hingga sekarang.

Baca juga: 4 Tipe Kepribadian Manusia Menurut Psikologi, yang Manakah Kamu?

16 Tipe Kepribadian dan Penjelasannya

16 Tipe Kepribadian MBTI (freepik)

Sejauh ini, mungkin hanya kepribadian introvert dan ekstrovert yang paling populer di telinga kita. Tapi sebenarnya tipe kepribadian menurut MBTI itu jumlahnya sangat banyak yaitu 16 tipe kepribadian, loh. Berikut tipe-tipe kepribadian beserta penjelasannya!

1. INTJ

Seorang yang memiliki kepribadian INTJ adalah pemikir yang imajinatif dan strategis. Selain itu, ia juga sangat merencanakan segala sesuatu dalam hidupnya.

2. INTP

Seorang yang memiliki kepribadian INTP adalah orang yang selalu haus akan pengetahuan dan selalu memiliki pemikiran yang inovatif.

3. ENTJ

Seorang yang memiliki kepribadian ENTJ adalah orang yang berjiwa pemimpin, berani, dan teguh pendirian. Ia adalah sosok yang pandai menemukan atau membuat jalan keluar di setiap masalah.

4. ENTP

Seorang yang memiliki kepribadian ENTP adalah orang yang cerdas dan menyukai tantangan intelektual.

5. INFJ

Seorang yang memiliki kepribadian INFJ adalah orang yang misterius, pendiam, dan sangat idealis. Ia juga dikenal sebagai sosok yang tidak kenal lelah.

6. INFP

Seorang yang memiliki kepribadian INFP adalah orang yang puitis, altruistik, dan baik hati. Ia suka menjadi penengah dan senang membantu untuk aksi kebaikan.

Baca Juga: Ini Dia Deretan Pekerjaan Yang Cocok Bagi INFP, Yuk Simak!

7. ENFJ

Seorang yang memiliki kepribadian ENFJ adalah orang yang karismatik dan sangat inspiratif. Ia mampu membuat semua orang terpukau dengannya.

8. ENFP

Seorang yang memiliki kepribadian ENFP adalah orang yang bersemangat, mudah bergaul, dan kreatif. Ia juga dikenal sebagai sosok yang periang dan murah senyum.

9. ISTJ

Seorang yang memiliki kepribadian ISTJ adalah orang yang praktis dan menyukai pemikiran tentang fakta.

10. ISFJ

Seorang yang memiliki kepribadian ISFJ adalah orang yang berdedikasi dan hangat. Ia juga sosok yang siap berdiri di barisan paling depan demi membela orang yang dicintai.

11. ESTJ

Seorang yang memiliki kepribadian ESTJ adalah orang yang paling bisa diandalkan untuk mengelola sesuatu.

12. ESFJ

Seorang yang memiliki kepribadian ESFJ adalah orang yang berjiwa sosial tinggi dan peka dengan situasi sekitar. Ia sosok yang populer di antara teman-temannya dan sangat suka membantu orang lain.

13. ISTP

Seorang yang memiliki kepribadian ISTP adalah sosok eksperimenter, praktis, dan berani. Ia ibarat mekanik handal yang mampu menggunakan segala jenis alat.

14. ISFP

Seorang yang memiliki kepribadian ISFP adalah orang yang fleksibel, mengagumkan, dan suka mengeksplor hal-hal baru dalam hidupnya.

15. ESTP

Seorang yang memiliki kepribadian ESTP adalah orang yang energik dan cerdas. Ia sangat tanggap di setiap situasi dan suka hal-hal yang menantang.

16. ESFP

Seorang yang memiliki kepribadian ESFP adalah orang yang energik, antusias, dan spontan. Ia sosok yang seru dan duniamu tidak akan pernah terasa membosankan bila ada didekatnya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai tes MBTI mulai dari arti, awal mula, dan tipe-tipenya. Untuk keakuratan tes ini masih menjadi perdebatan oleh para psikolog. Hal itu karena manusia sering berubah seiring berjalannya waktu. Namun, tes ini dapat digunakan sebagai bahan refleksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik. Kamu bisa mencoba tes MBTI dengan klik di sini!

Baca Juga: Cara Menilai Orang Saat Interview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *