Tanggal:06 May 2024

Giveaway: Pengertian, Jenis, Dampak, Cara Membuat, Dan Contohnya

Promosi penjualan harus dikonsep dan menggunakan strategi yang tepat. Kegiatan ini dapat dilakukan melalui banyak cara dan berbagai media. Salah satunya adalah melalui media digital. Akhir-akhir ini, media digital adalah media terbaik bagi kegiatan promosi. Jangkauan yang tak terbatas dan biaya yang minim merupakan kelebihan yang dimilikinya. Salah satu strategi promosi menggunakan media digital yang booming adalah giveaway.

Giveaway adalah promosi dengan cara memberi hadiah kepada para calon pembeli. Bagaimana caranya? Bukankah malah merugikan karena mengeluarkan biaya? Simak jawaban selengkapnya pada artikel di bawah ini.

Baca juga : Berikut Tips dan Strategi Mempromosikan Event Online Melalui Sosmed dan Media Lainnya!

Pengertian Giveaway

fiveaway adalah

Ilustrasi Pengertian Giveaway (Source: pixabay)

Giveaway adalah kegiatan promosi melalui media dengan cara membagikan hadiah diiringi dengan beberapa persyaratan. Persyaratan yang diberikan harus dilengkapi oleh tiap peserta yang mengikutinya. Tentu saja persyaratan yang diberikan tiap giveaway berbeda antara satu dengan yang lainnya. Mulai dari membagikan ke beberapa teman, menyebut atau menandai beberapa teman di kolom komentar, mengunggah ulang postingan di Instagram Story, hingga melakukan berbagai tantangan. 

Sama dengan persyaratan yang diberikan, hadiahnya juga berbeda-beda. Besar dan kecilnya hadiah, bagaimana jenis dan bentuknya, bergantung pada tiap penyelenggara. Biasanya hadiah yang diberikan akan relevan dengan produk milik bisnis yang sedang melakukan promosi ini. Misalnya, brand baju akan mengadakan giveaway produk berupa baju yang bernilai mahal atau best seller. Selain brand, tak jarang para artis dan konten kreator juga turut andil dalam kegiatan ini. Tujuannya adalah untuk menaikkan tayangan dan komentar konten agar menjadi trending serta untuk memenuhi KPI dari pihak sponsor.

Pelaksanaan giveaway tidak dilakukan terlalu sering seperti diskon 50% atau buy 1 get 1 free. Biasanya hanya dilakukan saat momen-momen tertentu, seperti pembukaan brand dan anniversary. Pertimbangannya juga harus matang dan terkonsep agar tidak ditemukan hal-hal yang merugikan di tengah pelaksanaan.

Baca juga : Cara Menerapkan Referral Marketing, untuk Meningkatkan Penjualan!

Jenis-jenis Giveaway

Kegiatan promosi dalam bentuk ini dibagi atas dua jenis, yaitu self giveaway atau secara mandiri dan sponsor giveaway atau dengan bantuan sponsor. Berikut adalah penjelasan lengkap dari kedua jenis tersebut:

  • Self Giveaway

Self giveaway adalah promosi membagikan hadiah secara mandiri tanpa bantuan pihak ketiga atau sponsor. Oleh karena itu, segala prosesnya ditentukan sendiri oleh oleh penyelenggara. Mulai dari penentuan hadiah, persyaratan, pengemasan promosi, hingga penentuan pemenang. Budget yang dikeluarkan merupakan milik pembuat event secara penuh. Tentu para pelakunya sudah memiliki omzet yang besar dan kepercayaan tinggi dari pelanggan. 

  • Sponsor Giveaway

Promosi ini merupakan kebalikan dari jenis promosi yang pertama. Berbeda dengan promosi mandiri, giveaway ini terdapat campur tangan pihak ketiga yaitu sponsor. Tujuannya adalah untuk menginformasikan  produk atau brand tertentu milik pihak sponsor agar diketahui orang banyak. Segala prosesnya harus ditentukan berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya, pihak sponsor memberikan sumbangsih lebih pada bagian pendanaan. Oleh karena itu, giveaway jenis ini sangat cocok dilakukan oleh para pebisnis perintis. 

Baca juga : Promosi Penjualan: Pengertian, Tujuan, dan Jenis

Dampak Giveaway pada Bisnis

1. Meningkatkan Leads

Dari banyaknya calon pelanggan, di antaranya tentu merupakan konsumen potensial. Dengan adanya giveaway kamu bisa secara mudah menemukan pelanggan-pelanggan dengan jenis tersebut. Data berupa nomor telepon yang diberikan saat mengikuti kegiatan dapat kamu maksimalkan untuk menaikkan pengetahuan produk bisnismu.

2. Meningkatkan Engagement

Semakin tingginya engagement yang kamu dapatkan, semakin tinggi pula kepercayaan konsumen terhadap bisnismu. Giveaway dapat meningkatkan engagement melalui interaksi yang dilakukan saat proses giveaway berlangsung.

3. Memperluas Brand Awareness

Selain meraup banyak keuntungan setelahnya, tujuan lain dari kegiatan ini adalah mengenalkan produk kepada para calon pembeli. Di sela-sela postingan promosi, kamu juga harus menyisipkan beberapa postingan edukasi terkait produk. Harapannya, orang-orang yang belum tahu menjadi tahu dan yang sudah tahu semakin tertarik terhadap produk yang kamu jual.

4. Menekan Biaya

Dibandingkan kegiatan promosi lain seperti endorsement dan memasang iklan melalui media elektronik, giveaway adalah kegiatan yang membutuhkan biaya paling minim. Budget yang dikeluarkan untuk hadiah tidak sebanding dengan harga pemasangan iklan di berbagai media. Padahal belum tentu iklan tersebut dapat menarik perhatian banyak orang seperti giveaway. 

5. Dampak yang Didapat Tahan Lama

Pemberian promosi yang tepat dapat membantu membangun pengenalan merek di kalangan konsumen. Produk promosi lebih kepada konsumen dari sekedar iklan. Mereka bertindak sebagai alat yang dapat digunakan dan diperlukan.

Penerima produk promosi dapat mengingat pengiklan pada barang tersebut dan orang-orang menyimpan barang tersebut karena kegunaannya. Pelanggan lebih cenderung mengingat Anda jika mereka berulang kali melihat nama merek dan logo Anda. Item hadiah promosi memiliki kesempatan untuk melakukan hal itu.

6. Mendapatkan Target Audiens yang Spesifik

Hadiah promosi memungkinkan perusahaan untuk memilih produk yang secara khusus dapat disesuaikan dengan audiens target mereka. Dengan memilih hadiah yang mungkin dianggap berguna atau menarik oleh audiens mereka, mereka mendorong diri mereka sendiri ke garis depan pikiran mereka.

Memberikan produk promosi yang akan dinikmati audiens target Anda adalah cara yang bagus untuk membangun loyalitas merek. Ketika Anda memberi mereka produk gratis yang menurut mereka berguna, mereka kemungkinan besar akan mengingat merek Anda dan mudah-mudahan merasa ingin memberi kembali dan membeli sesuatu dari Anda di masa mendatang.

Baca juga : 7 Cara Promosi Makanan di WA agar Cepat Dilirik Pembeli

Tips Membuat Giveaway

giveaway

Ilustrasi Tips Membuat Giveaway (Source: pixabay)

Berikut ini adalah hal yang perlu kamu siapkan untuk menyelenggarakan promosi tersebut.

1. Menentukan Tujuan

Setiap kegiatan yang dilaksanakan pasti memiliki tujuannya masing-masing. Menentukan tujuan adalah proses awal yang dapat digunakan sebagai landasan penentuan proses-proses berikutnya.

2. Menentukan Hadiah

Hadiah yang diberikan harus selaras dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika tujuannya adalah meningkatkan brand awareness, kamu bisa memberikan hadiah berupa produk milik bisnismu sendiri. Jika promosi ini berjenis sponsor giveaway, hadiah yang ditentukan harus berdasarkan kesepakatan kedua belah pihak. Biasanya berupa produk digital atau produk yang dikeluarkan pihak sponsor. 

3. Memilih dan Menentukan Persyaratan

Porsi persyaratan yang ditentukan harus pas dengan hadiah yang dikeluarkan. Gunakan persyaratan yang minim agar audience yang kamu dapatkan banyak dan luas. Jangan menggunakan persyaratan-persyaratan yang terlalu susah agar mereka tidak malas mengikutinya. Jika bersama sponsor, tentu persyaratannya lebih berat karena harus memberi dampak bagi keduanya.

4. Menentukan Tagline berupa Hastag

Agar postinganmu lebih mudah ditemukan, kamu harus menentukan tagline dan hastag yang sesuai. Tagline yang kamu buat juga harus unik dan berbeda dengan giveaway lainnya. Hal ini bertujuan untuk mengklasifikasikan brand dan meningkatkan engagement.

5. Bekerjasama dengan Influencer dan Menggunakan yang Tidak Banyak Saingan

Dengan melakukan kerjasaman dengan influencer, Anda dapat berbagi beberapa tanggung jawab yang terlibat. Misalnya, biaya hadiah utama dan penjurian pemenang.

Hal yang paling banyak baik adalah memberikan kontes Anda semangat ekstra dengan memaparkannya kepada audiens yang berbeda namun relevan. Belum lagi, setiap brand dan influencer yang terlibat akan membantu mempromosikan kontes secara online.

6. Mulai Mempromosikan Sebelum Meluncurkan Produk

Ini merupakan ide yang baik untuk menarik audiens tentang giveaway Anda yang akan segera datang beberapa minggu sebelum Anda meluncurkannya. Ini akan membantu menghasilkan buzz dan antisipasi di antara audiens Anda, mendorong mereka untuk menonton posting pengumuman Anda.

7. Mengumumkan Pemenang

Setelah melewati serangkaian proses panjang, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengumumkan pemenang. Pemenang ditentukan berdasarkan cara yang disepakati sebelumnya, bisa secara acak melalui aplikasi, bisa juga berdasarkan komentar terbanyak. Semua itu bergantung penyeleenggara giveaway. Media yang digunakan dapat berupa platform saat pelaksanaan giveaway atau website resmi milik penyelenggara.

Sekarang, kamu sudah mengetahui pengertian giveaway secara luas beserta dampak, jenis, dan tips pembuatannya. Hal utama yang harus dipersiapkan saat akan melakukan giveaway adalah dana yang cukup. Jika tidak memiliki dana yang berlebih, kamu bisa menggaet sponsor untuk mendanai giveaway ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca juga : 7 Tips Menjadi Konsultan Digital Marketing

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *