Tanggal:03 May 2024

Alasan-alasan yang Menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional

Kamu mungkin sudah mengetahui bahwa keberadaan Bahasa Inggris yang penggunaannya telah mendunia menjadikannya sebagai bahasa internasional. Adapun beberapa negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, Irlandia, Selandia Baru dan berbagai negara kepulauan di di Laut Karibia dan Samudra Pasifik yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi atau bahasa utama. 

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Sebarannya tidak hanya berhenti di sana, melainkan negara-negara di benua Asia dan Afrika, seperti India, Filipina, dan Singapura. Adanya perkiraan bahwa satu pertiga dari populasi dunia atau sekitar dua miliar orang menggunakan Bahasa Inggris. Status itu menjadikannya Bahasa Inggris pada posisi lingua franca global.

Sebelum menjadi bahasa internasional yang banyak diakui oleh berbagai negara di dunia, apakah kamu sudah tahu asal-usul sejarahnya? Berikut artikel ini akan menjelaskan lebih lanjut. Simak, yuk!

Baca juga: Newsletter untuk Email Marketing

Sejarah Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional

Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional. Sumber: pexels.com

Proses yang dilalui saat Bahasa Inggris akhirnya menjadi bahasa internasional memiliki sejarah yang panjang yang dimulai dari zaman Romawi Kuno yang memerlukan satu bahasa untuk bisa dimengerti banyak orang, sehingga orang-orang dari berbagai negara dapat melakukan aktivitas komunikasi satu dengan yang lainnya. 

Bahasa yang hadir disebut sebagai lingua franca yaitu bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi antar orang-orang yang berasal dari berbagai latar belakang. Dalam ilmu linguistik, lingua franca merupakan bahasa yang dipakai sebagai alat komunikasi di antara kelompok masyarakat yang mempunyai bahasa yang berlainan. 

Pada awalnya di setiap wilayah memiliki lingua franca masing-masing yang berbeda. Setelah itu disepakati bersama bahwa Bahasa Inggris sebagai bahasa bersama yang digunakan dalam komunikasi yang terjalin.

Bahasa Inggris menjadi bahasa tertua di dunia yang muncul sekitar tahun 8 Masehi. Perkembangan Bahasa Inggris yang berubah menjadi bahasa internasional terjadi dengan pesat. Dilansir dari Wonderpolis, para sejarawan melacak asal-usul Bahasa Inggris hingga tiga suku Jerman yaitu Angles, Saxon, dan Rami yang menginvasi Britania Raya pada abad ke-5.

Padahal, orang-orang yang tinggal di Inggris saat itu tidak berbicara dengan Bahasa Inggris, melainkan Bahasa Celtic. Para penjajah akhirnya mendorong orang-orang tersebut ke utara dan barat yang saat ini bernama Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Angles yang menyerang berasal dari “Englaland” dan bahasa yang dipergunakan disebut “Englisc”. Dari sanalah Englisc menjadi Bahasa Inggris yang saat ini kerap digunakan untuk berkomunikasi.

Baca juga: Sejarah Bahasa Jerman

Apa Alasan yang Menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional?

Alasan Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Sumber: pexels.com

Sejarah yang panjang akhirnya membuat Bahasa Inggris diakui oleh kebanyakan negara-negara di berbagai penjuru dunia. Lalu apa saja aspek-aspek yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional? Berikut di bawah ini penjelasannya.  

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

1. Dampak Perang Dunia Pertama

Pada tahun 1900, Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa yang umum digunakan. Saat itu, para ilmuwan menggunakan Bahasa Jerman untuk berkomunikasi. Namun, setelah Perang Dunia pertama, ilmuwan Belgia, Prancis dan Inggris memboikot ilmuwan Jerman dan Austria yang menyebabkan mereka tidak diperbolehkan untuk menghadiri berbagai konferensi dan tidak dapat mempublikasikan karyanya dalam jurnal Eropa Barat. Akibat dari kejadian tersebut terbentuk dua komunitas sains dengan Bahasa Jerman dan komunitas di Eropa Barat berbahasa Inggris dan Prancis.

Saat Amerika Serikat melakukan perang tahun 1917, terbentuk gelombang anti Jerman yang mengakibatkan penggunaan Bahasa Jerman saat itu dianggap kriminal bahkan terjadi di dua puluh tiga negara. Dampak dari hal tersebut adalah banyak ilmuwan yang kurang memahami bahasa-bahasa asing dan membuat sains di Amerika mulai mengambil alih dunia. Istilah-istilah ilmiah pada zaman itu juga langsung dibuat dalam versi Bahasa Inggris.

2. Status Bahasa

Bahasa Inggris menjadi bahasa pertama di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Antigua dan Barbuda, Australia, Bahama, Barbados, Bermuda, Britania Raya, Guyana, Jamaika, Saint Kitts dan Nevis, Selandia Baru, serta Trinidad dan Tobago. Selain itu, Bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa resmi dalam organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Komite Olimpiade Internasional. 

Sudah banyak negara-negara yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi seperti di Afrika Selatan, Belize, Filipina, Hong Kong, Irlandia, Kanada, Nigeria, Singapura, dan lainnya. Dalam skala yang lebih besar, di dunia Bahasa Inggris umumnya merupakan bahasa kedua yang dipelajari setelah bahasa ibu. Penyebaran Bahasa Inggris ini dipengaruhi oleh politik dan imperialisme Inggris dan selanjutnya Britania Raya di dunia. 

Menilik dari status Bahasa Inggris tak heran jika saat ini dianggap sebagai bahasa internasional, bukan?

3. Mudah Dipelajari

Selain melihat dari sejarah dan status Bahasa Inggris, ada satu alasan lagi mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional yaitu mudah untuk dipelajari. Perkembangan Bahasa Inggris timbul karena penambahan kosakata yang dimiliki seiring berjalannya waktu yang mencapai 8.500 kata per tahun. Perkembangan Bahasa Inggris juga bisa kita lihat dari munculnya banyak idiom dan bahasa slang yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa paling up to date

Maka dari itu, Bahasa Inggris akhirnya ditetapkan menjadi bahasa internasional karena memiliki tata bahasa yang paling mudah dibandingkan dengan bahasa lainnya.

Baca juga: Cara Mengatasi Shadowban Instagram

Demikian penjelasan mengenai alasan Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Berdasarkan pemaparan di atas kamu sudah tidak punya alasan lagi untuk tidak menguasai Bahasa Inggris. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional akan memudahkan kamu dalam melakukan komunikasi dengan seseorang, khususnya saat kamu sedang berada di luar negeri. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya? Kamu dapat klik tautan berikut untuk memperoleh informasi penting dan tentunya bermanfaat. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Vocasia adalah salah satu platform edukasi online bersertifikat yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dan tentunya kamu berkesempatan untuk belajar bersama mentor-mentor berpengalaman!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Cara Mudah Belajar Sejarah

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *