Tanggal:09 May 2024

5 Cara Mudah Belajar Sejarah agar Tidak Cepat Bosan

Kamu pasti seringkali merasa bosan ketika mempelajari sejarah, bukan? Dari banyaknya mata pelajaran, sejarah menduduki peringkat teratas sebagai mata pelajaran yang paling dirasa membosankan. Hal tersebut terjadi karena dalam sejarah banyak hafalan peristiwa lengkap dengan periode waktu dan tokoh-tokohnya. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Sebetulnya kamu bisa kok menerapkan cara yang lebih menyenangkan untuk mempelajari sejarah! Artikel ini akan membahas beberapa cara mudah belajar sejarah yang bisa kamu terapkan, sehingga belajar sejarah tidak lagi membosankan!

Baca juga: Tips Bimbingan Skripsi

Cara Mudah Belajar Sejarah

Cara Mudah Belajar Sejarah agar Tidak Bosan. Sumber: unsplash.com

Dengan menerapkan beberapa cara mudah belajar sejarah di bawah ini akan memudahkan kamu untuk dapat memahami alur peristiwa yang bersejarah. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Baca juga: Cara Menghadapi Klien yang Menyebalkan

1. Baca Buku Sejarah yang Menarik

Membaca buku sejarah jadi hal penting yang perlu dilakukan dalam setiap mata pelajaran, termasuk sejarah. Bila kamu tidak tahan dalam membaca buku tebal yang telah menjelaskan berbagai hal bersejarah dari awal hingga akhir, kamu bisa memulai dengan membaca buku yang mengangkat tokoh-tokoh sejarah tertentu yang menarik perhatian.

Dalam mempelajari sejarah Indonesia, kamu dapat memilih buku berisikan tokoh-tokoh sejarah populer, seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, maupun Ki Hajar Dewantara. Buku yang menjelaskan tentang tokoh tertentu biasanya juga memuat beberapa penggalan peristiwa penting sejarah yang berkaitan dengan kurikulum yang dipelajari di sekolah.

Kamu dapat mencari referensi mengenai buku yang telah banyak dibaca orang, sebab banyak juga beredar buku dengan informasi yang belum sesuai. apabila terdapat beberapa referensi yang bisa dipercaya dalam penelitian akademik, kamu bisa memutuskan untuk membelinya. Agar lebih aman, kamu bisa bertanya langsung kepada guru sejarah di sekolah buku yang perlu kamu baca.

Baca juga: Pengertian Influencer Jenis-Jenis Influencer

2. Rangkai Catatan Peristiwa Penting yang Menarik

Dalam sejarah, kamu mau tidak mau harus menghafal peristiwa-peristiwa penting bersejarah yang nantinya sering keluar pada berbagai tugas maupun ujian yang diberikan oleh guru. Dengan membuat catatan, kamu akan dapat mengetahui banyak peristiwa penting yang bersejarah.

Catatan ini bisa kamu buat semenarik mungkin yang isinya adalah poin-poin penting secara kronologis waktu atau alur peristiwanya. Selain itu, kamu juga bisa mencantumkan tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa bersejarah tersebut. Hal ini akan memudahkan kamu mempelajari sejarah.

Untuk membuat catatan yang menarik, kamu bisa menggunakan bolpoin berwarna dan menghiasnya agar tidak monoton dan selalu senang membacanya.

3. Menonton Film Dokumenter Sejarah

Cara alternatif yang mudah dalam belajar sejarah adalah dengan menonton film dokumenter sejarah. Perfilman Indonesia yang kini sedang naik daun banyak di antaranya adalah film yang diadaptasi dari biografi tokoh-tokoh bersejarah maupun peristiwa bersejarah penting lainnya. Hal ini tidak hanya membuat kamu dapat lebih mudah mengerti sejarah, penyuguhan secara visualnya pun akan membuat kamu kesan tersendiri.

Adapun film berjenis dokumenter yang bisa dijadikan referensi belajar karena dikemas dengan melibatkan narasumber terpercaya yang biasanya adalah pelaku peristiwa bersejarah ataupun sejarawan. Dengan begitu, isi film itu pastinya dapat dipertanggungjawabkan. Kami bisa langsung meminta film tersebut kepada guru atau memanfaatkan mesin pencarian seperti Google atau Youtube. 

Baca juga: Contoh Kata Serapan dari Bahasa Persia

4. Lakukan Diskusi Ringan dengan Teman

Cara mudah belajar sejarah juga bisa kamu lakukan dengan berdiskusi bersama teman. Cara ini cocok sekali untuk kamu yang sering melakukan aktivitas bersama teman-teman. Diskusi ini bisa kamu lakukan dengan suasana yang santai.

Beberapa hal yang bisa kamu diskusikan adalah pembahasan seputar peristiwa sejarah dan tokoh yang terlibat di dalamnya. Dengan berdiskusi akan membuat kamu dan teman-teman saling mengisi kekurangan akan pemahaman peristiwa bersejarah ataupun informasi sejarah lainnya. 

Dalam forum diskusi tersebut, kamu perlu mengajak teman-teman yang kiranya ingin mendalami pelajaran sejarah bersama-sama. Bila perlu ajak teman atau seseorang yang ahli atau minatnya besar terhadap sejarah, sehingga kamu dapat memperoleh lebih banyak informasi lainnya. 

5. Mengunjungi Museum atau Tempat Bersejarah

Cara mudah belajar sejarah yang tidak kalah asyik adalah dengan mengunjungi museum, bangunan, atau tempat bersejarah yang tersebar. Di Indonesia sendiri telah banyak museum dan tempat bersejarah yang bisa kamu datangi. Selain melihat secara langsung, ini bisa sekaligus dilakukan sebagai bentuk travelling untuk melepas penat. Menarik, bukan?

Baca juga: Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Nah, itu dia 5 cara mudah belajar sejarah agar tidak cepat bosan. Cara-cara tersebut bisa langsung kamu terapkan ya agar lebih mudah dalam memahami sejarah!

Klik tautan berikut untuk membaca artikel menarik dan informatif lainnya. Jangan lupa ikuti kami di Instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala penawaran khusus di Vocasia berupa potongan harga untuk mengikuti berbagai kelas online agar kamu semakin mahir dalam berbagai kemampuan! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca juga: Pertanyaan Wawancara dengan CEO

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *