Tanggal:17 May 2024

7 Alasan Memilih Jurusan Tata Busana dan Rekomendasi Kuliah di Indonesia

Setiap individu memiliki minat bakat yang berbeda-beda, jika seseorang menekuni passion masing-masing, tak jarang kemampuan tersebut akan menghasilkan pendapatan yang cukup.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Saat ini mungkin kamu sedang kebingungan untuk memilih jurusan di perguruan tinggi setelah lulus jenjang SMA bukan? Banyak sekali jurusan yang bisa kamu pertimbangkan. Nah! Salah satunya menjadi seorang fashion designer yang dapat memberikan penghasilan lebih yang sesuai. Lalu, apa yang dipelajari ketika kamu memilih jurusan fashion designer ini? Simak berikut ini, ya! 

Apa itu fashion designer

Ilustrasi Kerjaan Seorang Fashion Designer (Sumber: Freepik)

Jurusan fashion designer atau yang biasa disebut tata busana ini mempelajari teknik mendesain sebuah pakaian atau aksesoris agar memiliki nilai fashion yang nyaman dilihat dan dipandang orang yang melihatnya. Selain itu, dengan adanya jurusan fashion designer ini, dapat mempelajari bagaimana pilihan busana yang tepat sesuai acara-acara tertentu. 

Belajar di jurusan ini benar-benar menyenangkan, terutama untuk kamu yang memiliki passion dalam memilih style penampilan dan lainnya, bisa banget, loh! Kamu kembangkan passion kamu di jurusan tata busana ini. 

Jika kamu mengambil jurusan ini, kamu akan mempelajari mengenai pengenalan alat dan teknik yang digunakan, bagaimana cara membuat pola pakaian, ilustrasi desain, teknik-teknik menjahit dalam membuat pakaian, cara memilih jenis kain dan bahan baku tekstil, konsep fashion dan lainnya. 

Biasanya, orang yang memiliki minat dalam bidang ini, awalnya menyukai nilai fashion yang baik, dengan memilih dan menilai penampilan yang perfect. Kebanyakan orang berpikir menjadi seorang fashion designer hanya menggambar-gambar baju saja.

Ternyata passion ini menjadi salah satu peluang besar dalam prospek kerja nanti, loh! Terutama fashion adalah hal yang tidak akan terlepas dalam diri seseorang, setiap orang memerlukan fashion dalam kesehariannya. 

Dalam dunia pendidik perkuliahan, jurusan ini umumnya membutuhkan 3-4 tahun untuk menempuh pendidikan hingga selesai, tergantung tingkat mana yang diambil. Untuk tingkat strata 1. Dalam jurusan ini terdapat dua gelar yaitu S.Ds (Sarjana Desain) dan S.S (Sarjana seni). Selain itu, terdapat tingkat diploma 3 dan 4 untuk lebih cepat selesai dengan kisaran waktu 2-3 tahun saja.

Baca JugaCara Agar Sukses di Usia Muda

Alasan untuk memilih jurusan fashion designer

Ilustrasi Fashion Designer Membuat Design Gambar Busana (Sumber: Freepik)

Untuk kamu yang sedang bingung mau ambil jurusan apa saat masuk kuliah, dari banyaknya jurusan yang tersedia di perkuliahan, jurusan fashion designer menjadi salah satu jurusan yang menarik. Kenapa bisa dibilang seperti itu? Karena jurusan tersebut lebih banyak mendapatkan ilmunya, loh! Nah, pasti kamu bingung, ya, alasan apa saja yang menjadikan kamu untuk bisa mengambil jurusan fashion designer? Simak berikut ini.

1. Memiliki bakat dan minat di bidang tata busana

Jika kamu memiliki bakat dan minat di bidang fashion designer, harus banget, nih, untuk mengambil jurusan ini! Dengan begitu, kamu akan lebih mengasah kemampuan yang kamu miliki untuk menjadi seorang fashion designer

Untuk jurusan ini selain ilmu teori, diperlukan ilmu praktik yang perlu diperhatikan. Jika kamu memiliki passion di tata busana, kamu akan memiliki ke keahlian tersebut yang berguna untuk kedepannya, loh! Sesuatu yang disukai akan memperlancar proses kedepannya.

2. Peluang bisnis yang menjanjikan

Dalam dunia fashion, terdapat bisnis yang menjanjikan. Saat ini setiap orang terutama seorang wanita, pasti menyukai bagaimana cara mode berpakaian bukan? Jadi, berpakaian menjadi suatu kebutuhan tiap individu.

Apalagi, jika kamu menjadi seorang fashion designer di dunia entertainment, lebih menjanjikan karier kamu kedepannya, loh! Selain itu, kamu juga dapat membuka usaha sendiri dengan ilmu yang telah kamu punya untuk dikembangkan dalam bisnis sendiri, seperti membuka usaha butik atau membuka tempat jahit sendiri yang akan menjanjikan kedepannya.

3. Paham trend fashion terkini yang terus berkembang

Saat kamu belajar menganai tata busana, kamu akan dituntut untuk paham mengenai perkembangan mode dan trend saat ini, dengan begitu kamu akan lebih tahu perkembangan trend dibandingkan yang lain. Fashion merupakan industri yang terus berkembang maka akan muncul para designer-designer potensial yang ada. Selain itu, akan muncul banyak inovasi-inovasi terbaru dengan munculnya produk-produk yang dimiliki.

4. Kesempatan peluang untuk berprestasi

Dalam dunia fashion, biasanya terdapat banyak event yang memberikan kesempatan pada desainer untuk berkarya dan berprestasi. Jika kamu memiliki minat yang tinggi, lalu kamu kembangkan dengan sungguh-sungguh, kamu akan menjadi seorang fashion designer yang profesional bahkan bisa menjadi fashion designer internasional

Baca Juga7 Skill Menjadi Fashion Desiner Sukses!

5. Mendapatkan pengalaman yang berbeda

Kamu akan belajar banyak mengenai fashion, tentu kamu yang menyukai di bidang fashion akan terasa menyenangkan bukan? Belajar yang berkaitan dengan fashion dan modeSelain itu, kesempatan belajar di luar negeri terbuka lebar untuk seorang fashion designer, kamu bisa dapatkan melalui beasiswa yang ada di perkuliahan, atau jalur lainnya.

6. Memiliki prospek kerja yang menjanjikan untuk berkarier

Pakaian merupakan suatu kebutuhan setiap individu, peluang kerja lulusan tata busana akan selalu ada, tidak berpengaruh terhadap perkembangan apapun. Bisa dilihat, perkembangan berbagai label brand fashion di Indonesia yang saat ini semakin pesat. Tentu, menjadi peluang besar untuk kamu bisa berkarier.

7. Memiliki keahlian mengajar

Saat kamu belajar mengenai tata busana, kamu akan mendapatkan suatu ilmu fashion. Dengan itu, kamu akan bisa memberikan ilmu kamu ke orang lain, seperti bisa mengajarkan teknik yang kamu pelajari. Menjadi seorang fashion designer dapat memiliki kemampuan mengajar untuk orang lain dengan ilmu fashion yang dipunya.

Baca Juga: https://vocasia.id/blog/fashion-design-definisi-tipe-skill-yang-diperlukan/

Untuk kamu yang ingin melanjutkan jenjang  perkuliahan, ada banyak rekomendasi kampus negeri yang membuka jurusan tata busana, loh! Terdapat juga kampus swasta dalam jurusan ini yang dinamai fashion designer. Agar kamu mengetahui kampus mana saja yang membuka jurusan tata busana dengan prospek kerja luas. Simak berikut ini!

Rekomendasi kampus dengan jurusan tata busana

Ilustrasi Rekomendasi Kampus Jurusan Tata Busana (Google Maps)

1. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

UNJ, menjadi salah satu kampus negeri yang membuka S1 pendidikan tata busana. Lulusan dari jurusan yang telah terakreditasi BAN-PT dengan nilai A, menjadi tenaga akademik atau profesional yang bermutu. 

Selain itu, UNJ membuka jenjang diploma 3 (D3). Yang membuka kesempatan dan peluang untuk menjadi fashion designer, fashion stylist, fashion buyer, wardrobe designer dan lainnya.

2. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

UPI membuka pendidikan tata busana yang masuk ke prodi Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) dengan terakreditasi A. Dengan tujuan untuk mendidik mahasiswa memilih kompetensi pedagogis, sosial, dalam bidang tata busana. 

3. Universitas Negeri Semarang

Program studi pendidikan tata busana masuk ke fakultas teknik UNNES, prodi ini terakreditasi B bertujuan menghasilkan generasi yang unggul dan profesional. Harapan dalam prodi ini, mampu memiliki kemampuan profesi di bidang pendidikan tata busana. Seperti mengajar di sekolah, staf manajemen, wirausaha dan lainnya.

4. Universitas Negeri Malang (UNM)

Membuka program studi S1 pendidikan tata busana, masuk ke jurusan teknologi industri, terakreditasi B. Bertujuan untuk menghasilkan generasi yang cerdas, kompetitif, mandiri, profesional dalam bidang tata busana.

5. Universitas Negeri Makassar

Membuka S1 pendidikan tata busana, yang masuk ke dalam fakultas teknik. Kompetensi bertujuan meluluskan generasi yang memahami ilmu pengetahuan, teknologi, seni sesuai perkembangan. Dalam prodi, diajarkan materi seperti teknik dasar menjahit busana, pengetahuan dan pemeliharaan alat jahit, kontruksi pola dasar dan pecah pola, dan lainnya. 

Berikut rekomendasi kampus negeri yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan ke jenjang perkuliahan. Itulah alasan dan manfaat ketika kamu mengambil jurusan tata busana, serta rekomendasi kampus yang bisa dijadikan pertimbangan untuk kamu dalam memilih jurusan, ya! Semoga ulasannya bermanfaat dan semangat!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *