Tanggal:02 May 2024

Mengenal Android Developer dari Skill hingga Gajinya

Saat ini perkembangan dunia teknologi semakin berkembang dengan pesat. Begitupun dengan penggunaan perangkat seluler (mobile) yang semakin tinggi. Perangkat mobile sangat mudah untuk dibawa kemana saja dan menyuguhkan berbagai fitur canggih seperti kamera, aplikasi, dan fitur hiburan yang lainnya. Tentu hal ini membuka banyak peluang terutama dalam dunia pekerjaan, salah satunya adalah profesi Android developer.

Ya, profesi menjadi Android developer adalah salah satu pekerjaan yang bergerak dalam bidang IT. Berkarier menjadi pengembang android mungkin menjadi salah satu impian kamu. Terlebih lagi, memilih pekerjaan di bidang IT memiliki peluang yang cukup menjanjikan di era digital ini. Karena kamu hanya perlu memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan uang.

Baca juga: Tugas dan Tanggung Jawab Software Engineer

Lantas, apa arti profesi Android developer itu sendiri? Artikel ini akan membahasnya lebih detail dari skill hingga gajinya. Yuk, simak!

Apa itu Android developer?

android developer adalah

source: pexelsAndroid developer adalah profesi yang bertanggung jawab untuk dapat mengembangkan serta membangun perangkat lunak dengan basis sistem operasi Android dan bergerak dalam dunia IT. Sebenarnya, Android developer bisa di sebutkan sebagai software developer yang memiliki keahlian untuk membuat aplikasi seperti marketplace android.

Namun, sederhananya, tugas seorang Android developer tak lain ialah membuat aplikasi yang dapat dikembangkan pada perangkat Android dalam berbagai tipe atau jenis smartphone.

Apabila kamu ingin menjadi pengembang perangkat mobile, kamu harus memiliki keahlian dalam menguasai bahasa pemrograman. Dengan begitu, kamu bisa menjadi Android developer yang andal.

Tugas Android developer

android developer adalah

source: pexels

Selanjutnya, yang perlu kamu ketahui di sini adalah tugas dari Android developer. Tugas yang dimiliki mencakup beberapa hal yang berkaitan dengan tanggung jawab dan deskripsi pekerjaannya. Berikut tugas-tugasnya:

1. Merancang aplikasi Android untuk digunakan pada perangkat mobile

Pertama, kamu memiliki tugas untuk berfokus dalam merancang dan mendesain tampilan awal aplikasi sampai proses perilisan aplikasi kepada customer. Kamu harus bertanggung jawab terkait pengerjaan software yang dilakukan. Untuk hal ini, kamu perlu memiliki kemampuan dan skill khusus yang berkaitan dengan dunia pemrograman.

2. Bekerja dengan tim

Selanjutnya, untuk mengembangkan produk aplikasi mobile dengan hasil yang terbaik, tentu membutuhkan sumber daya yang cukup besar. Sehingga, perlu adanya kerjasama antar Android developer untuk mengatasi hal tersebut.

Bekerja secara tim memberikan banyak manfaat, seperti proses pengerjaan dapat dilakukan lebih efisien, koordinasi antar developer menjadi lebih mudah, dan proses pengerjaan dapat dilakukan sesuai dengan bidang masing-masing.

3. Mengatasi bug atau error pada aplikasi

Seorang developer juga dituntut untuk mampu mengatasi berbagai kesalahan yang terjadi pada aplikasi Android. Sehingga, ketika produk telah sampai kepada pengguna, tidak timbul berbagai masalah untuk kedepannya.

4. Menerapkan konsep penggunaan sumber data eksternal dan API

Selanjutnya, menerapkan berbagai fitur tambahan atau pendukung aplikasi pada perangkat mobile Android. Yaitu, dengan menguasai sumber data eksternal dan juga API.

5. Memiliki inovasi terbaru seputar pengembangan perangkat lunak

Seorang pengembang android juga dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi dan zaman yang terus-menerus berubah. Di dalam pegembangan aplikasi berbasis Android selalu mengalami perubahan, baik dari segi tampilan, fitur, dan konten yang disajikan pada aplikasi.

Skill yang dibutuhkan android developer

Dilansir dari Glints, berikut adalah beberapa skill atau kualifikasi yang diperlukan untuk menjadi seorang Android developer:

  • Memiliki latar belakang computer science, engineering atau yang berkaitan
  • Berpengalaman dengan software development dan skill dalam pengembangan Android
  • Memiliki pengalaman sebelumnya dalam pengembangan Android
  • Memiliki setidaknya satu aplikasi Android yang sudah dibuat dan dipublikasikan ke dalam market
  • Mengerti dan memahami Android SDK
  • Pengalaman bekerja remote melalui REST dan JSON
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan tools pihak ketiga dan juga API
  • Menguasai pengetahuan dasar arsitektur, tren, dan juga teknologi terbaru
  • Siap untuk memahami siklus kerja dalam pengembangan aplikasi mobile
  • Memiliki pengetahuan dan pengalaman dengan software atau bahasa pemrograman sebagai berikut:
    • Java
    • XML
    • Android SDK
    • Android Studio
    • APIs
    • C / C++
    • MYSQL Databases

Berapa gaji seorang Android developer?

Umumnya, gajinya ini disesuaikan dengan tingkatan, experience, dan kemampuan kerja yang dimiliki oleh seorang Android developer tersebut. Berdasarkan data yang ada di situs lowongan kerja Indeed, rata-rata gaji Mobile Developer ini di Indonesia bisa mencapai Rp5,8 juta/bulan, lho. Tentu, hal ini juga disesuaikan dengan tingkat UMR setiap daerah.

Tapi berbeda jika kamu bisa diterima kerja di perusahaan luar negeri karena memiliki tingkat gaji yang lebih besar. Bagi pemula saja gajinya dapat mencapai Rp10 juta dan bagi level menengah bahkan mencapai Rp80 jutaan. Sangat menggiurkan, bukan?

Itulah beberapa pembahasan yang perlu kamu ketahui jika ingin menjadi seorang Android developer yang andal. Apakah semakin tertarik? Meskipun pekerjaan ini sangat menguras tenaga dan pikiran, namun sebanding dengan gaji yang didapatkan dan prospek ke depannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *