Tanggal:11 May 2024

Apa Asal Mula dan Arti “Trigger” yang Sering Kita Dengar?

``````````````````````````````````````````

Saat ini, terdapat banyak kata maupun istilah dari bahasa Inggris yang dijadikan sebagai gahasa gaul bagi netizen tanah air. Fenomena tersebut dapat dilakukan karena dianggap lebih keren ketika menggunakan bahasa asing. 

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Terlepas dari adanya kemunduran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ini merupakan hal yang patut kamu telusuri untuk dapat mengerti fenomena yang saat ini terjadi. Dengan begitu, kamu akan mengerti dan mudah beradaptasi dalam berbagai model pergaulan. 

Satu persatu kata dari bahasa Inggris yang dijadikan bahasa gaul di Indonesia adalah kata “trigger”. Mungkin banyak di antara kamu yang sudah tidak asing dan menyadari adanya penggunaan kata “trigger” atau “triggered” di berbagai media sosial. 

Namun, sudahkah kamu ketahui apa maknanya? Jangan sampai salah mengartikan! Yuk, simak selengkapnya arti dari “trigger” agar kamu tidak salah dalam menggunakannya!

Baca juga: Pengertian dari Present Perfect Tense

Pengertian Trigger dalam Bahasa Gaul

Pengertian trigger dalam bahasa gaul. Sumber: unsplash.com

Trigger atau Triggered berasal dari Bahasa Inggris yang populer digunakan karena menjadi bahasa internasional yang dipakai dalam bahasa nasional di berbagai negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Wales, Kanada, dan lain-lain.

Trigger memiliki arti picu atau pemicu, sedangkan Triggered adalah bentuk Verb 2 atau simple past yang memiliki arti Terpicu. Trigger termasuk ke dalam kata kerja (noun) yang menyatakan suatu tindakan atau aktivitas.

Kata Trigger sebagai bahasa gaul biasanya dimaksudkan bagi orang yang sedang marah atau tersulut emosi akibat dari sebuah pernyataan maupun tindakan. Penggunaan trigger di Indonesia biasanya disebutkan dengan “kena triggered” “ke trigger” atau “ke-triggered“.

Kata trigger sering dijumpai di berbagai media sosial khususnya Instagram dan Twitter. Selain digunakan kaum milenial sebagai suatu caption, biasanya kata ini sering dipakai dalam meme atau komedi yang memancing keluarnya emosi sesaat para viewersnya.

Macam-Macam Penggunaan Trigger sebagai Bahasa Gaul

1. Trigger

Trigger adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan perasaan yang memicu memori traumatis. Contoh kalimat: “Duh, saya ke-trigger karena melihat video penganiayaan anak di Instagram.”

2. Triggered

Triggered memiliki arti “terpicu”. Makna triggered sama dengan trigger. Contoh kalimat: Saya triggered (merasa tidak nyaman). Tolong, jangan bicarakan tentang kasus pemerkosaan itu lagi.

3. Triggering

Triggering mempunyai arti “memicu” atau “sesuatu yang membuat seseorang terpicu”. Contoh kalimat: Dia sangat memicu saya dengan cerita sedihnya.”

4. Trigger Warning

Trigger warning adalah istilah yang sekarang umum digunakan pada awal unggahan, artikel, buku, film, dll di media sosial. Tujuannya adalah untuk memperingatkan orang-orang dengan PTSD, depresi, perilaku bunuh diri, penyalahgunaan zat atau korban pemerkosaan bahwa konten tersebut dapat menyebabkan kilas balik traumatis.

Sinonim Kata Trigger

Setelah mengetahui pengertian dari kata “Trigger” atau “Triggered” yang populer digunakan di sosial media sebagai bahasa gaul, kamu dapat mengetahui beberapa sinonim dari kata “Trigger” atau “Triggered”. Hal ini akan memudahkan kamu ketika menemukan kata yang serupa berarti arti di dalamnya pun akan sama. 

  • Bring about
  • Cause
  • Generate
  • Produce
  • Prompt
  • Provoke
  • Set off
  • Spark
  • Start

Baca juga: Pengertian Parallel Structure

Itu dia pengertian dari kata “Trigger” atau “Triggered” yang biasa digunakan sebagai bahasa gaul. Apakah kamu sudah dapat menerapkannya? Atau mungkin kamu menemukan bahasa gaul yang lazim digunakan dalam sosial media? Beri komentar di bawah agar dapat kita bahas di artikel selanjutnya, ya!

Klik tautan berikut jika kamu ingin membaca artikel menarik lainnya yang penuh dengan pengetahuan dan wawasan. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis!

lancar speaking english

Yuk segera ikuti berbagai pelatihan untuk memantapkan skill dan pengetahuan. Jangan lewatkan juga kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! 

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *