Tanggal:29 February 2024

5 Alasan Mengapa Self Reminder Penting bagi Diri Sendiri

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan kata self reminder. Kata self reminder ini kerap kali kita lihat di berbagai postingan di media sosial. Orang-orang ramai sekali berbagi quotes atau kutipan mengenai self reminder. Mereka merasa tersadar bahwa masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam kehidupan mereka. Lalu apa sebenarnya sih self reminder itu? Kata self reminder berasal dari dua kosa kata bahasa Inggris. Dua kosakata itu, yakni self yang artinya diri dan reminder berarti pengingat. Jadi self reminder adalah pengingat diri.

Lebih lengkapnya self reminder berarti merenungkan dan mengevaluasi sikap kita yang kita anggap kurang baik di masa lalu. Hal-hal yang kita renungkan dan evaluasi mengenai perilaku, prinsip, dan pandangan. Dengan adanya self reminder ini diharapkan kita dapat mengubah diri menjadi lebih baik.

Self reminder sangat penting sekali dalam kehidupan kita. Pengingat selalu dibutuhkan agar kita tidak jauh dari hal-hal yang positif. Selain itu pengingat dapat membantu kita untuk open mind atau berpikiran terbuka terhadap segala sesuatu yang terjadi dalam hidup kita. Sehingga kita bisa melangkah maju mencapai kesuksesan. 

Setelah mengetahui apa itu self reminder, maka kamu perlu mengetahui ciri-ciri seseorang yang memiliki self reminder dan alasan mengapa self reminder itu sangat penting untuk dimiliki. Simak penjelasan lengkap tentang self reminder di bawah ini, ya!

Baca Juga | Evaluasi Diri: Pengertian, Pentingnya, Dan Cara Melakukannya

Arti Self Reminder

Arti dari self reminder jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah pengingat bagi diri sendiri. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris tetapi sering digunakan oleh mereka yang ingin introspeksi. Biasanya, seseorang akan memasang kata-kata atau gambar bijak yang penuh makna pelajaran lalu disertai tagar “self reminder“.

Cara lain yang dapat kamu gunakan sebagai pengingat untuk diri sendiri atau self reminder adalah dengan menampilkan pesan di layar ponsel atau dinding kamar kamu. Nantinya, kamu akan selalu melihat motivasi ini setiap kali kamu beraktivitas. Cara ini juga merupakan cara ampuh untuk mendorong seseorang melakukan refleksi dan evaluasi terhadap kesalahan di masa lalu.

Self reminder juga berarti merenungkan dan menghargai sikap masa lalu yang menurut kamu tidak menyenangkan. Hal-hal yang kita evaluasi dalam hal pemikiran, tindakan, prinsip, dan keyakinan. Dengan adanya self reminder ini diharapkan akan memungkinkan kamu untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Dengan cara ini, tujuan self reminder untuk mengingat diri akan membuahkan hasil. Kamu akan lebih memperhatikan tindakan dan memikirkan tentang dampak dari setiap keputusan yang kamu buat. Seiring dengan waktu, sikap ini akan tertanam dan menjadi kebiasaan dalam menjalani hidup.

Ciri-Ciri Self Reminder

Agar Sobat Vocasia lebih memahami apa itu arti self reminder, simak ciri-ciri dari self reminder di bawah ini. Seseorang yang sedang berusaha introspeksi diri melalui self reminder cenderung memiliki sikap-sikap berikut ini:

  1. Menahan diri untuk berbuat hal negatif dan selalu melakukan hal positif.
  2. Mengingatkan diri untuk terus melakukan hal-hal produktif.
  3. Memotivasi diri ketika sedang berada di titik terendah.
  4. Memberikan wejangan agar memiliki semangat dalam hidup.
  5. Mengingatkan diri untuk tidak putus asa dalam segala hal.
  6. Membuat kita tergugah untuk melakukan hal positif.
  7. Membuat pikiran kita terbuka ketika ada suatu masalah.
  8. Membuat diri untuk berpikir sebelum bertindak.
  9. Mengontrol diri agar tidak gegabah.
  10. Membuat kita untuk dapat lebih menerima kekurangan dan kelebihan diri.

5 Alasan Mengapa Self Reminder Penting bagi Diri Sendiri

1. Menerima Diri Sendiri

Wanita dengan pesona yang kuat (pexels.com/pixabay)

Di era global saat ini kerap muncul istilah insecure yang bisa ditemui di berbagai postingan maupun tagar media sosial. Istilah insecure ini merujuk pada ketidakpercayaan diri seseorang. Nah, siapa nih di sini yang suka banget insecure?Kalau kamu keseringan insecure itu gak baik, lho. Kamu akan menjadi pribadi yang tidak percaya diri, dan tidak bisa menerima dirimu apa adanya. Kamu akan selalu terjebak dengan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain. Alhasil kamu akan selalu merasa ada yang kurang di dalam dirimu.

Baca juga | Apa Itu Trust Issue? Arti, Gejala, Penyebab, Dampak, Contoh Dan Cara Mengatasinya

Nah self reminder ini akan selalu menjadi pengingat dirimu agar selalu bersyukur, dan menerima dirimu apa adanya. Dengan kamu menerima dirimu apa adanya kamu akan merasa percaya diri, dan terhindar dari insecure. Nantinya pun kamu bisa menggali potensi yang ada pada dirimu, sehingga hal ini akan mendukungmu untuk meraih kesuksesan yang kamu inginkan. Kunci segala sesuatu untuk menjadi seseorang yang sukses dan hebat di masa depan adalah selalu bersyukur, menerima diri apa adanya, serta dapat mengenali kemampuan apa saja yang ada pada diri sendiri.

Baca juga | Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menerima Diri Sendiri Agar Terjauh Dari Insecurity, Yuk Simak!

2. Mengendalikan Diri

Pengendalian diri (pexels.com/anna nekrashevich)

Disaat kita sedang terjebak dalam emosi, maka kita akan sulit mengendalikan diri sendiri. Terkadang emosi tersebut tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan mental kita, namun kita juga bisa menyakiti orang-orang yang berada disekitar kita. Untuk itu, penting sekali agar bisa mengendalikan diri dengan baik. Self reminder ini merupakan salah satu solusi untuk bisa menenangkan pikiran, dan menahan diri kita untuk tidak bertindak gegabah saat emosi.

Saat emosi memuncak maka self reminder akan hadir untuk mengesampingkan emosi, dan mengingatkan kita pada hal yang baik. Walaupun hal ini tidak bisa terjadi secara cepat, namun segala sesuatunya pasti membutuhkan proses. Dalam hal ini self reminder akan memacu dirimu untuk bisa mengendalikan diri dalam setiap keadaan.

Baca juga | 7 Cara Efektif Mengendalikan Emosi, Yuk Coba!

3. Memotivasi Diri

Penuh semangat (pexels.com/vinicius wiesehofer)

Saat kita merasa terpuruk dan down, kita cenderung akan merasa gelisah, dan pikiran kita pun menjadi tak menentu. Hal buruk yang bisa saja terjadi di masa sulit seperti ini, adalah kita bisa saja merasa putus asa terhadap keadaan yang terjadi. Pada saat seperti itu kita butuh semacam motivasi yang bisa membangkitkan jiwa dan semangat yang ada pada diri kita.

Nah, dengan adanya self reminder ini dapat membantu kita untuk memotivasi diri, dan membangkitkan semangat yang membara dalam diri kita. Self reminder hadir sebagai motivator terbaik untuk mengingatkan diri kita, bahwa masih ada jalan keluar dari segala permasalahan yang kita hadapi. Sehingga kita bisa bangkit dalam keterpurukan, dan terus bergerak mencapai hal-hal yang ingin kita capai.

Baca Juga | 5 Alasan Pentingnya Self Reward Untuk Diri Sendiri

4. Membantu Mengambil Keputusan

Keputusan (pexels.com/khoa vo)

Dalam mengambil sebuah keputusan seringkali kita terjebak ke dalam pilihan yang sulit. Banyak sekali yang menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan setiap keputusan. Di satu sisi kadang kalanya ada pilihan terlihat baik, namun memiliki dampak yang sangat besar di kemudian harinya. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir. self reminder akan membantumu untuk memikirkan keputusan mana yang terbaik untuk diambil. Kamu dapat mengetahui dampak-dampak apa saja yang ditimbulkan jika mengambil keputusan tersebut. Selain itu, kamu juga tahu risiko yang akan terjadi jika memilih keputusan tersebut.

Pengambilan keputusan harus dilakukan dengan pertimbangan yang matang, karena keputusan tersebut akan sangat memengaruhi kehidupanmu. Dengan adanya self reminder menjadi pengingat saat kamu merasa bingung dalam mengambil sebuah keputusan.

Baca Juga | Tips Membuat Keputusan Agar Tak Terjadi Penyesalan Ke Depannya!

5. Menjaga Perkataan agar tidak Menyakiti Orang Lain

Berprilaku positif (pexels.com/andrea piacquadio)

Seringkali saat kita emosi kita bisa menyakiti orang lain, misalnya dengan perkataan kita yang kasar. Nah, maka dari itu penting sekali self reminder agar kita bisa mengendalikan diri kita. Sehingga kita bisa menjaga lisan atau pun perkataan yang bisa menyakiti hati orang lain. Self reminder juga membuat kita sadar bahwa perkataan orang lain juga bisa menyakiti kita. Jadi, kita bisa mengerti bahwa kita juga tidak boleh berkata seenaknya saja dengan orang lain. Anggap saja saat kamu berbicara dengan orang lain, kamu itu sedang berbicara dengan dirimu sendiri. Selayaknya dengan keinginan kita untuk dihargai, begitu pula sebaliknya kita dengan orang lain.

Nah itu tadi lima alasan mengapa self reminder penting bagi diri sendiri. Bagaimana pendapatmu, komen di bawah, ya!

Baca Juga | 5 Kegiatan ini Bisa Membangun Self Awareness (Kesadaran Diri)

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *