Tanggal:18 May 2024
blue ocean strategy

Pahami Blue Ocean Strategy untuk Kemajuan Bisnismu

Setiap pengusaha pasti memiliki cara tersendiri untuk menjalankan bisnisnya. Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, seorang pengusaha perlu memiliki strategi yang efektif agar bisa mempertahankan dan memajukan bisnisnya. Salah satu strategi yang banyak digunakan ialah Blue Ocean Strategy. Lalu, apa itu Blue Ocean Strategy? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 10 Strategi Pemasaran Di Era Digital, Wajib Tahu Yuk Simak!

Pengertian Blue Ocean Strategy

Strategi samudera biru merupakan strategi yang menekankan pada perusahaan untuk tidak memenangkan persaingan dengan cara melakukan strategi head to head dengan pesaing. Strategi ini mencoba untuk melepaskan bisnismu dari kondisi Red Ocean.

Kondisi Red Ocean adalah kondisi di mana adanya persaingan ketat untuk mendapatkan pasar yang sama dengan kompetitor. Ruang pasar yang jenuh akan membuka persaingan yang tidak sehat bagi para pebisnis.

Baca juga: Strategi Pemasaran Dalam Bisnis Franchise

Cara Menerapkan 

Untuk siap melakukan perubahan dan persaingan yang sehat, ada 4 tahapan harus dilakukan pebisnis:

1. Eliminate

Kamu harus bisa mengeliminasi atau menghapus hal-hal yang tidak bernilai dari produkmu. Hal ini dilakukan agar produk dapat memaksimalkkan dan menonjolkan fitur atau karakter utama dari produk yang kamu tawarkan.

2. Reduce

Berbeda dengan tahap sebelumnya, di tahap ini kamu hanya perlu mengurangi unsur-unsur yang nilainya kurang, namun tetap diperlukan. Dengan melakukan tahapan ini pengeluaran akan semakin lebih hemat.

Baca juga: Yuk Coba! 7 Tips Pemasaran Digital Untuk Bisnis Kecil

3. Raise

Setelah menghapus dan mengurangi, di tahap ini kamu bisa mulai meningkatkan standar dan fitur yang kamu pertahankan. Pastikan kamu telah memilihnya dengan benar karena hal ini akan menjadi peluang besar untuk produkmu!

Baca juga: Apa Itu Strategi Pemasaran 4P? Berikut Pengertian, Penerapan, Dan Contohnya

4. Create

Terakhir, kamu harus menciptakan hal-hal baru yang belum pernah ada dan dilakukan oleh industri baru. Kamu harus menciptakan produk dengan fitur yang terbukti bisa memberikan nilai serta manfaat untuk konsumen.

Baca juga: Bisnismu Lesu? Yuk, Terapkan 6 Strategi Jualan Ini Agar Untung Banyak!

Kelebihan dan Kekurangan 

Kelebihan

  • Strategi ini memungkinkan transformasi mendasar dalam pola pikir dalam mengenali adanya peluang.
  • Blue Ocean Strategy bekerja sama dengan organisasi untuk menemukan pasar yang tidak tersaingi serta menghindari pasar yang kompetitif dan jenuh.
  • Strategi ini didasarkan pada data yang terbukti telah menunjukkan hasil selama eksekusi di pasar.
  • Produk dengan konsep Blue Ocean Strategy tidak membuat konsumen memilih antara nilai dan keterjangkauan.

Baca juga: 4 Cara Simple Untuk Meningkatkan Strategi Penjualan Buku Bekas Anda, Apa Saja Ya?

Kekurangan

  • Produksi pasar baru tidak pernah mudah karena organisasi harus cerdas dan mengenali pelanggan atau target yang ditujunya.
  • Sulit untuk menemukan ide-ide futuristik dan mengidentifikasi pasar yang belum tersentuh.

Contoh Penerapan Blue Ocean Strategy pada Perusahaan

Salah satu perusahaan yang menerapkan Blue Ocean Strategy adalah Yamaha. Di awal tahun 2000 perusahaan Honda dengan motor bebeknya mendominasi pangsa pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Hingga akhirnya perusahaan Yamaha menerapkan strategi Blue Ocean dan mengeluarkan motor jenis mio matik tahun 2003.

Jenis motor matik tersebut langsung booming dan mampu menggeser pesaingnya. Perusahaan Honda pun mengeluarkan motor jenis vario matik tahun 2006 untuk menjaga persaingan dengan perusahaan Yamaha.

Baca juga: Apa Itu Strategi Korporat? Berikut Fungsi Dan Jenisnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *