Tanggal:04 May 2024
123rf.com

4 Cara Simple untuk Meningkatkan Strategi Penjualan Buku Bekas Anda

Saat menjual buku Anda, Anda perlu memikirkan peluncuran awal dan mengembangkan strategi pemasaran sepanjang tahun untuk menjaga penjualan buku Anda.

Waktu adalah segalanya, bahkan dalam pemasaran buku dan publisitas. Ada banyak faktor yang mempengaruhi waktu promosi buku, mulai dari tanggal peluncuran hingga promosi musiman penjual buku dan acara khusus.

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang mengatur waktu promosi buku Anda.

Baca Juga | Apa itu Omzet?

Alamy.com

Alamy.com

  1. Kenali & Pahami Masalahnya

Mulailah dengan menuliskan semua langkah yang Anda rencanakan untuk dilakukan untuk memasarkan buku Anda dan meningkatkan penjualan buku – dan tetap sederhana.

Baca Juga | Berikut Cara Meningkatkan Omzet Penjualan, Yuk Coba!

Jika Anda sudah memiliki strategi pemasaran buku, identifikasi area masalah seperti pengeditan, desain yang kurang menarik, penetapan harga yang tidak tepat, dan kurangnya saluran distribusi. Pertimbangkan untuk merevisi strategi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik, dengan mempertimbangkan waktu dan anggaran Anda. Berikut adalah beberapa tip “gratis vs. berbayar”:

  • Strategi penjualan buku gratis atau hampir gratis yang layak dilakukan antara lain:
  • Mengembangkan kehadiran media sosial
  • Membuat video atau rekaman
  • Mengadakan kontes atau hadiah
  • Jaringan dengan penulis lain
  • Jika Anda bukan seorang guru digital, pertimbangkan untuk mengambil kelas, mempekerjakan magang perguruan tinggi, atau menyewa seorang profesional untuk memastikan ebook Anda sudah lebih menarik
  • Distribusi yang lebih luas sama dengan lebih banyak penjualan buku. Pertimbangkan mitra seperti Gramedia , yang mendistribusikan buku di seluruh dunia ke puluhan ribu pengecer, perpustakaan, sekolah.

Baca Juga | Yuk Coba! 6 Tips Meningkatkan Penjualan Di Shopee Yang Membuat Pemula Tergiur

  1. Jadilah Realistis dengan Harapan Anda
  • Berapa anggaran Anda? Anda mungkin ingin menyewa seorang profesional media sosial, tetapi Anda mungkin harus mulai dengan magang kuliah gratis. Tetapkan anggaran realistis yang memaksimalkan investasi keuangan Anda yang tersedia.
  • Berbayar vs Gratis. Ketahuilah bahwa menggunakan alat pemasaran berbayar vs yang gratis mungkin tidak mendapatkan hasil yang sama. Itulah mengapa Anda perlu mengevaluasi bagian mana dari strategi penjualan Anda yang berhasil dan bagian mana yang membutuhkan investasi lebih besar. Dengan kata lain, Anda harus memutuskan layanan profesional dan alat pemasaran seperti apa yang paling membantu Anda.
  • Jika Anda tidak melakukan apa pun untuk memasarkan dan menjual buku Anda, itu tidak akan laku! Dibutuhkan lebih dari pencarian Google “cara menjual buku saya” untuk meningkatkan penjualan buku; menjual dan mempromosikan buku Anda adalah proses yang berkelanjutan. Terus sesuaikan strategi penjualan Anda setelah buku Anda diterbitkan, pertahankan kehadiran online Anda, dan manfaatkan alat pemasaran gratis dan sumber daya online seperti blog.

Baca Juga | Ikigai: Sebuah Makna Tentang Hidup

  1. Evaluasi

Nilai kemajuan Anda. Jika Anda ingin tahu cara menjual buku, Anda harus memahami strategi tertulis Anda untuk menjual buku. Anda juga perlu memahami anggaran Anda, analitik data Anda, seperti apa buku Anda di banyaknya persaingan, dan ke mana Anda ingin pergi dengan merek dan bisnis penulis Anda.

Kualitas isi buku dan desain sampul Anda harus menjadi perhatian pertama Anda. Keterampilan penjualan dan pemasaran yang Anda miliki (atau kurang) dapat membantu Anda memutuskan di mana dan bagaimana menginvestasikan waktu dan uang Anda. Lacak alat pemasaran mana yang berfungsi dan yang tidak, kemudian sesuaikan rencana Anda.

Ketahui apa yang Anda jual. Ini melampaui jumlah halaman dan desain sampul. Pertimbangkan apa yang Anda inginkan dan/atau harapkan konten Anda lakukan untuk pembaca Anda. Apakah Anda memberikan saran swadaya? Apakah Anda ingin memoar Anda menginspirasi atau mendorong pembaca? Apakah Anda ingin menghibur? Anda harus memahami apa yang dikatakan dan dilakukan buku Anda sebelum Anda dapat mengetahui siapa yang ingin membaca (dan membelinya!).

Baca Juga | 5 Langkah Cerdas Dalam Menemukan Keputusan Yang Bijak

  1. Ketahui Kapan, Di Mana, dan Bagaimana Pembaca Anda Berbelanja

Setelah Anda menentukan audiens yang mungkin membutuhkan atau menginginkan buku Anda, langkah selanjutnya adalah mencari tahu kapan, di mana, dan bagaimana mereka berbelanja.

Ketahui cara mempromosikan buku Anda. Ketika Anda memahami apa yang Anda ingin buku Anda lakukan untuk pembaca, lakukan riset untuk mengetahui di mana dan bagaimana mendistribusikannya. Audiens terbaik Anda mungkin lokal, nasional, atau bahkan global. Tawarkan buku Anda ke pengecer yang secara khusus menjual buku, pedagang lokal yang memiliki ikatan dengan konten Anda, dan grup media sosial yang sesuai.

Ketahui cara menjangkau pembeli Anda. Analisis data Anda dapat membantu Anda menemukan cara calon pembaca menemukan buku untuk dibeli. Gunakan strategi media sosial (termasuk buletin email) untuk mempelajari apakah kontes, hadiah, cuplikan buku, sampel audio, konten gratis, barang curian penulis, penampilan klub buku, penandatanganan penulis, atau apa pun adalah cara yang baik untuk menjangkau audiens Anda.

Resensi buku dapat membuat buku Anda lebih mudah ditemukan dalam pencarian online, memberikan kredibilitas pada buku Anda, dan dapat memengaruhi cara e-commerce merekomendasikan buku Anda. Manfaatkan ulasan buku dengan mempostingnya di situs media sosial, termasuk di buletin email Anda, dan bereksperimen dengan video untuk menyoroti yang terbaik. Kemudian bagikan di mana-mana! Anda mungkin pernah melihat ulasan buku Anda secara online dan di tempat lain. Biarkan mereka membantu Anda menjual lebih banyak buku!

Baca Juga | Apa Itu Market Research? Yuk Simak Penjelasan Lengkapnya

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *