Tanggal:06 May 2024

Mengenal Apa itu Inovasi beserta Manfaat dan Contohnya

Inovasi adalah penemuan melalui gagasan yang dijalani oleh suatu masyarakat, baik individu maupun kelompok. Sebuah inovasi didasarkan pada ide masing-masing agar menemukan hal baru yang belum ada sebelumnya, supaya lebih baik lagi.

Dengan adanya inovasi segala kehidupan kita akan berkembang. Istilah inovasi ini berorientasi pada perbuatan dan pemikiran masyarakat. Di zaman yang sudah maju teknologi dan informasi, kita diwajibkan menuangkan ide pembaharuan.

Baca Juga | 6 Pekerjaan Yang Membutuhkan Kreativitas

Tentu, supaya terciptanya sumber daya di Indonesia dengan selalu berpikir kritis. Selain itu, hal ini bisa jadi ajang kesempatan dalam melakukan aktualisasi diri. Biasanya inovasi selalu digunakan pada berbagai sektor seperti pendidikan, organisasi, maupun bisnis.

Orang yang memiliki inovasi selalu berorientasi ke depan, rasional dalam bertindak, dan memiliki ide cemerlang. Bagi kamu yang ingin mengetahui lebih lanjut, yuk simak terus artikel Vocasia ini. Akan kita bahas secara tuntas mulai dari pengertian, manfaat, serta contoh dari inovasi.

Baca Juga | Terapkan 7 Strategi Penting Dalam Pengembangan Usaha, Dijamin Sukses!

Apa itu Inovasi?

Ilustrasi Inovasi (Pixebay)

Terdapat pengertian inovasi menurut para ahli, di antaranya sebagai berikut:

• Everett M. Rogers

Menurut tokoh Everett M. Rogers, inovasi adalah sebuah ide, gagasan, objek, dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal yang baru oleh seseorang atau kelompok tertentu untuk dijalankan nantinya.

Baca Juga | 13 Ide Bisnis Digital Yang Menjanjikan Di Tahun 2022

• Sa’ud

Inovasi ialah pilihan kreatif dan kumpulan manusia dari berbagai sumber. Inovasinya menggunakan cara unik yang akan menghasilkan peningkatan pencapaian tujuan yang diharapkan.

Baca Juga | 7 Manfaat Self Healing Jika Menerapkannya Di Kehidupanmu

• Stephen Robbins

Selanjutnya menurut Stephen, inovasi yaitu sebuah ide ataupun gagasan baru yang mana diterapkan guna memperbarui sebuah produk, proses, ataupun jasa yang telah ada sebelumnya.

Baca Juga | 9 Bisnis Islami Tanpa Modal Cocok Untuk Kaum Milenial!

• UU Nomor 19 Tahun 2002

Menurut UU No. 19 Tahun 2002, pengertian inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan perekayasaan yang dilakukan dengan tujuan melakukan pengembangan, penerapan praktis nilai maupun konteks ilmu pengetahuan yang baru, untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada ke dalam produk ataupun proses produksinya.

Baca Juga | Hukum Pareto 80/20, Membantu Meraih Kesuksesan Bisnis Lho!

Manfaat dari Inovasi

Manfaat Inovasi (Pixebay)

Menggunakan keterampilan inovasi dalam pekerjaan akan membantu kamu mengembangkan sistem untuk menghasilkan, memprioritaskan, dan mengevaluasi ide secara bertahap hingga kamu dapat menjalankannya. Adapun manfaat lainnya sebagai berikut:

1. Berkolaborasi dengan banyak orang

Melakukan brainstorming berbagai ide dan memiliki kepercayaan diri dalam memecahkan masalah memainkan peranan penting dalam meraih kesuksesan sebagai inovator. Ketika problem-solving dan inovatif sudah menjadi bagian dari personal brand, pastinya mereka akan datang untuk meminta bantuan atau sekedar berdiskusi.

Baca Juga | Yuk, Cari Tahu Cara Meningkatkan Kemampuan Problem Solving!

2. Meningkatkan produktivitas

Dengan memikirkan gagasan baru, artinya seseorang akan meluangkan waktu untuk menggunakan pikirannya yang cemerlang. Tak hanya pikiran, namun inovasi juga akan tumbuh ketika seseorang melakukan percobaan atau penelitian. Sehingga dengan berinovasi, artinya orang tersebut juga telah memanfaatkan waktu untuk tetap produktif dalam bekerja dan berkarya. Dan hal ini juga dapat dilakukan oleh banyak orang, baik itu bos, karyawan, mahasiswa, ataupun dosen.

Baca Juga | Beberapa Manfaat Produktivitas Kerja Untuk Karyawan & Perusahaan

3. Menciptakan kualitas yang unik

Manfaat inovasi berikutnya yaitu menciptakan kualitas yang unik. Banyak orang yang tidak menyadari jika berinovasi membuat dirinya memiliki kualitas yang unik. Apabila inovasi berhasil dibuat dan dijalankan, perbedaannya pun akan terlihat. Itu artinya, inovasi akan menonjolkan diri dan terlihat memiliki kualitas yang unik.

Baca juga | Apa itu Law Of Attraction? Yuk, Ketahui Tujuan Hidup dan Cara Mendekatkan Mimpi Kita

4. Memecahkan permasalahan

Akan ada momen di mana suatu perusahaan atau organisasi akan mengalami masalah yang kian hari makin kompleks. Untuk menyelesaikan masalah, terkadang perusahaan membutuhkan cara yang berbeda. Ketika perusahaan atau organisasi berusaha mencari solusi di luar cara biasa, bisa saja muncul penyelesaian yang baru dan tak terpikir sebelumnya.

Baca Juga | Decision Making: Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Cara Meningkatkannya Sebagai Keterampilan

5. Dapat bersaing dengan kompetitor

Karena memiliki kualitas yang unik, perusahaan tidak perlu marah dengan pesaingnya di lingkungan bisnis. Alih-alih menggunakan atau meniru pesaing, perusahaan dapat menemukan keunggulan mereka sendiri. Dengan sedikit eksplorasi, perusahaan dapat menemukan cara yang lebih baik untuk merancang produk, terhubung dengan pelanggan, memasarkan bisnis mereka, dan mengembangkan promosi.

Baca Juga | Product Development: Pengertian, Fungsi, Dan Tahapan

6. Meningkatkan ketangguhan

Seseorang yang memiliki inovasi cenderung memiliki kemampuan untuk memanfaatkan kecerdasan yang dimiliki. Ia selalu tangguh. Sebab untuk menghasilkan sebuah inovasi, orang tersebut harus menyesuaikan diri dengan masalah baru serta memikirkan penyelesaian masalah dengan ide cemerlangnya.

Baca Juga | Apa Itu Etos Kerja? Penting Banget Untuk Karier Lho!

Contoh dari Inovasi

Contoh Inovasi (Pixbay)

1. Pendidikan

Dalam hal inovasi pendidikan, contohnya seperti memperkenalkan program anti korupsi di sekolah. Tadinya program ini tidak ada pada awal kemerdekaan Indonesia. Hal ini disebabkan oleh tingkat korupsi yang tinggi. KPK bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akhirnya mengembangkan program pemberantasan korupsi di sekolah.

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

2. Produk

Dalam inovasi produk, inovasi merupakan bidang yang penting untuk ditemukan dalam penelitian kelembagaan ekonomi. Produk ini dapat memenuhi segala kebutuhan masyarakat, baik primer maupun sekunder. Misalnya, contoh spesifik produk menggunakan air sebagai pengganti bensin.

Baca Juga |  Cara Menulis Deskripsi Produk Yang Baik

3. Pemerintah

Beberapa ide, gagasan, dan objek yang ada dalam sistem sosial pemerintahan juga erat kaitannya dengan inovasi. Ini bisa menjadi upaya untuk memecahkan masalah yang muncul. Menemukan ide-ide inovatif di pemerintahan tidak selalu dapat diterima secara sosial, yang pada akhirnya membutuhkan proses yang cukup lama dan memakan waktu. Misalnya, saat membuat NPWP online atau memperbarui kartu SIM secara online yang akan menghemat waktu dan tidak mengganggu aparatur administrasi.

Baca Juga | Ekonomi Makro: Pengertian, Tujuan, Dan Bedanya Dengan Ekonomi Mikro

4. Teknologi

Untuk melakukan riset detail dari sudut pandang inovasi, fokuslah pada teknologi, khususnya media sosial. Pada masa awal kemerdekaan Indonesia, jejaring sosial tidak berkembang secepat seperti sekarang ini. Namun, globalisasi dan penemuan-penemuan yang maju telah membuat media sosial seperti Facebook, blogger, website, Twitter dan Instagram menjadi tempat komunikasi dan interaksi sosial.

Baca Juga | Mengenal Sistem Informasi Lebih Dalam

5. Pelayanan Publik

Selanjutnya, ada inovasi di sektor pelayanan publik. Saat ini banyak sekali penggunaan melalui online yang lebih mudah diimplementasikan karena banyaknya inovasi di berbagai bidang. Padahal sebelumnya dilakukan hanya secara manual saja. Kini kemunculan teknologi menciptakan peluang untuk kemudahan pelaksanaan berbagai pelayanan publik. Berbagai layanan yang membutuhkan transaksi juga dapat dilakukan tanpa harus melalui kantor secara langsung. Hal itu mengubah pandangan masyarakat terhadap birokrasi yang selama ini dipandang sebagai momok yang menakutkan.

Baca Juga | Public Relation: Pengertian, Tugas, Dan Fungsinya

6. Kesehatan

Ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan di bidang ini. Banyak penemuan baru yang dapat meningkatkan kesehatan masyarakat. Salah satunya ketika virus Corona menjadi pandemi. Aplikasi Peduli Lindungi dibuat dengan tujuan untuk mendeteksi perjalanan. Sehingga, ketika seseorang dinyatakan mengidap Covid, lokasinya dapat diketahui secara instan.

Nah, itulah informasi mengenai dunia inovasi. Semoga bermanfaat dan nantikan juga artikel lainnya dari Vocasia. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya, ya!

Baca Juga | 10+ Ide Ice Breaking Online Ampuh Hilangkan Garing, Mudah Dan Seru!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *