Tanggal:29 April 2024

Apa itu Captcha? Inilah Fungsinya pada Website!

Pernahkah kamu diminta untuk mengisi serangkaian huruf, angka, atau gambar terlebih dahulu kala mengunjungi suatu website? Ya, itulah yang disebut captcha. Meskipun cukup menganggu, namun eksistensi captcha penting loh demi keamanan semua pihak.

Bagi kamu yang terbiasa menjelajahi internet, pastinya sudah akrab dengan istilah ini. Hal itu karena pada dasarnya, captcha adalah suatu sistem keamanan yang wajib dimiliki oleh pemilik website.

Sayangnya, masih banyak orang yang hanya mengikuti perintah untuk mengisi serangkaian huruf, angka, maupun gambar secara acak, tanpa benar-benar tahu apa fungsinya.

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas lebih detail mengenai apa itu captcha dan fungsinya pada website. Simak terus, ya!

Apa itu captcha?

CAPTCHA ADALAH

source: glints

Captcha adalah singkatan dari Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Human Aparts. Dari singkatan bahasa Inggris ini, bisa disimpulkan bahwa arti captcha adalah proses otomatis yang dilakukan untuk membedakan apakah pengunjung website merupakan seorang manusia atau robot (Computers and Humans Apart).

Tak dapat dipungkiri, kini spam bertebaran di mana-mana. Untuk menghindari itu, hadirlah captcha untuk menambah lapisan keamanan sebuah website. Pasalnya, robot spam tak dapat mendeteksi atau membaca susunan huruf, angka, maupun gambar yang disediakan oleh captcha. Sehingga, robot spam pun akan gagal memasuki halaman website yang terlindungi oleh sistem keamanan yang satu ini.

Baca juga | Apa itu Firewall? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya!

Fungsi captcha pada website

1. Mencegah komentar spam pada website

Fungsi captcha yang pertama adalah untuk mencegah komentar spam yang masuk di website. Bagi kamu pemilik website atau blog pasti sudah sering menemui komentar spam berupa promosi produk atau hal-hal yang tidak berkaitan dengan topik artikel. Komentar spam seperti ini tentunya akan mengganggu reputasi website milikmu, bahkan akan membuat pengunjung tidak nyaman.

Biasanya, komentar-komentar spam ini dikirimkan untuk menaikkan rating website secara tiba-tiba. Namun, algoritma Google menganggap bahwa komentar spam adalah suatu masalah yang menyebabkan website dihapus dari hasil pencarian Google.

2. Mencegah registrasi akun palsu

Selanjutnya adalah mencegah pendaftaran akun palsu di website. Captcha dapat melindungi dari serangkaian akun palsu yang hendak mendaftar di website kamu.

Itulah sebabnya saat melakukan registrasi, kamu sering menemukan captcha. Sekadar informasi, pernah terjadi kejadian serangan bot ketika terdapat pendaftaran ribuan akun email pada saat yang bersamaan lho! Untuk itu, captcha ada supaya hal tersebut tak terulang kembali.

Baca Juga | Cybercrime: Pengertian, Jenis Dan Contoh

3. Melindungi alamat email dari scarper

Scraper adalah sebuah bot yang bisa memotong dan mengekspor alamat email di sebuah website dan bisa berujung pada pengambilalihan akses.

Eksistensi captcha di sini berfungsi untuk melindungi dan menyembunyikan alamat email kamu dari scraper. Sehingga para spammer tidak bisa sembarangan menyebarkan spam dan mencari alamat email kamu.

4. Mencegah dictionary attack pada website

Dikutip dari Wikipedia, dictionary attack merupakan suatu serangan untuk membobol sistem keamanan dengan cara memecahkan kode pada mekanisme cipher atau autentikasi menggunakan kata atau frasa yang terdapat pada dictionary sebanyak ribuan bahkan hingga jutaan kali percobaan.

Serangan pada website atau blog ini bisa sampai pada kasus pencurian akun, lho. Dengan adanya captcha, kamu bisa mencegah serangan jenis ini.

Penggunaannya akan melindungi website atau blog lebih lanjut sehingga lebih aman dan terhindar dari pencurian oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

5. Mengamankan transaksi online di website

Apabila kamu mengelola sebuah toko online di website, captcha akan memastikan bahwa proses pembelian dilakukan benar-benar oleh manusia bukan akun robot. Pasalnya, jika sampai terjadi pembelian fiktif atau palsu, akibatnya akan cukup fatal. Produk di etalase website toko online kamu akan tampak terjual, tapi pembelinya bukanlah manusia sungguhan. Dengan begitu, customer experience di toko kamu pun menjadi lebih buruk dan bahkan dapat mempengaruhi penjualan.

6. Mencegah mesin pencarian bot

Captcha juga dapat memberikan perlindungan pada sebuah halaman website dari search engine bot yang terkadang tiba-tiba muncul untuk membaca halaman pada website. Nah, dengan menggunakan captcha, kita dapat menjamin keamanan halaman website pada mesin pencarian bot.

Demikian penjelasan seputar captcha dan fungsinya pada website. Dari sini kita tahu bahwa ternyata captcha memiliki peran penting untuk menjaga keamanan suatu website, meskipun terkadang menyebalkan karena sedikit menyita waktu kita.

Baca juga | Apa itu Proxy? Ini Cara Kerja dan Manfaatnya

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *