Tanggal:22 July 2024
Bisnis Digital Marketing

Mengelola Bisnis Digital Marketing dengan Facebook Business Manager

Mengelola bisnis digital marketing di era serba digital seperti sekarang tentunya terasa lebih mudah. Apalagi dengan kehadiran Facebook Business Manager dan Facebook ads yang bisa jadi salah satu taktik untuk marketing bisnismu. Mengapa? Karena Facebook merupakan salah satu platform media umum yang terbesar dan mampu menjangkau audiens lebih banyak.

Baca Juga : Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketing

Facebook memiliki pengguna aktif sebanyak 2,80 miliar per bulan. Kamu bisa membayangkan betapa bergunanya beriklan memakai Facebook Business. Meskipun penggunanya banyak, Facebook Business mampu membicarakan pesan sebuah usaha secara pribadi pada segmentasi yang diinginkan. Beberapa iklan Facebook Business juga mampu berjalan sinkron dengan yang kamu inginkan. Sangat krusial untuk mengetahui tipe, taktik, opsi sasaran, dan tracking jika kamu ingin menerima output yang lebih lewat Facebook Business Manager.

Apa itu Facebook Business Manager?

Facebook Business Manager adalah fitur yang dikeluarkan oleh Facebook. Fitur ini bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mengelola akun ads secara praktis. Facebook Business Manager dapat membantu kamu dalam mengelola akun ads dan aplikasi Facebook lain dalam satu tempat sekaligus. Dalam Facebook Business Manager kamu juga dapat mengontrol akses dan informasi yang dapat digunakan oleh social media manager. Kamu juga tidak perlu membagi rincian login karena setiap pengguna telah memiliki akun tersendiri. Dengan Facebook Business Manager kamu dapat membagi akses sesuai dengan peran masing-masing anggota tim sehingga tugas setiap orang lebih terarah dan terfokus.

Baca Juga : 8 Cara Berbisnis Online di Facebook Bagi Pemula

Keuntungan Menggunakan Facebook Business Manager

Facebook Business Manager sangat bisa membantumu untuk mengelola bisnis digital marketing. Selain itu, ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan seperti:

1. Tidak perlu menggunakan akun bersama

Keuntungan pertama yang dapat kamu rasakan dalam menggunakan Facebook Business Manager adalah kamu bisa memisahkan akun pribadimu untuk kebutuhan personal dan kebutuhan bisnis. Bila tidak menggunakan akun Facebook Business Manager, kamu harus membuat akun bersama yang bisa digunakan oleh social media manager. Dengan menggunakan Facebook Business Manager, kamu mampu menekan risiko keamanan data pribadi. Selain itu, risiko kesalahan posting pada akun pribadi ataupun akun bisnis juga bisa kamu tekan secara signifikan.

2. Mudah dikelola

Dengan mempunyai akun Facebook Business Manager, kamu bisa mengelola beberapa akun Facebook Ads dan juga akun Fanpage dalam satu tempat secara bersamaan. Itu artinya, kamu bisa mempunyai tempat yang terpusat dalam memantau performa iklan dan juga postingan-mu.

3. Memperoleh dukungan yang lebih baik dari Facebook

Facebook mempunyai banyak sekali alat dan juga layanan. Setiap layanan dan alat tersebut harus bisa diintegrasikan agar bisa berjalan dengan baik. Bila pada suatu waktu kamu menemui permasalahan teknis tertentu, tim support dari pihak Facebook akan menanyakan padamu terkait kepemilikan Facebook Business Manager. Kenapa? Karena dengan Facebook Business Manager, para tim Facebook bisa menangani permasalahan yang kamu hadapi secara langsung.

4. Mudah menampilkan report untuk bisnis

Kelebihan lainnya dari tools ini adalah adanya kemudahan dalam menampilkan laporan pada bisnis yang kamu jalankan. Di dalamnya tersedia suatu dashboard tersendiri yang bisa kamu akses dan edit sesuai dengan kebutuhan.


5. Lebih aman

Dunia marketing adalah suatu industri dengan tingkat pergantian staf yang cukup tinggi dan sesekali melibatkan agensi dalam menjalankan proyek jangka pendek. Hal tersebut bisa menimbulkan risiko keamanan bila ada mantan karyawan yang masih mempunyai hak akses pada akun Facebook perusahaan. Tools ini mampu memberikan pusat keamanan yang membantu kamu dalam mengaktifkan autentikasi secara dua faktor untuk semua social media manager atau mereka yang bertanggung jawab dalam mengelola akun tersebut. Mereka yang sudah tidak aktif tidak akan bisa lagi mengakses Facebook Business Manager perusahaan.

Walaupun memang belum terlihat sempurna, Facebook Business Manager sangat penting untuk menuntaskan kasus para pebisnis yang dulunya hanya sanggup menunjukkan satu akun login saja. Jika kamu memakai Facebook Business Manager dengan cara yang tepat, maka setiap iklan dan page usaha kamu akan terkelola dengan baik. Hal itu juga akan menaruh laba omzet buatmu. Jangan lupa untuk selalu mencatat laba omzet pada laporan keuangan karena laporan itu sangat penting buat mengetahui syarat keuanganmu.

Nah, itulah penjelasan mengenai Facebook Business Manager. Penerapan digital marketing secara tepat akan sangat membantu untuk mendapatkan data akurat terkait pelanggan dan segala sesuatu yang berhubungan dengan mereka. Kamu bisa sekaligus menganalisis kebutuhan para pelanggan, kebiasaan mereka dalam berbelanja, produk-produk yang mereka sukai, dan sebagainya. Kamu bisa melakukan analisis yang lebih cepat dan tepat untuk melakukan perbaikan atau untuk mengembangkan bisnismu menjadi lebih besar lagi.

Jangan lupa ikuti kursus-kursus seputar bisnis di Vocasia. Bisa langsung kamu klik di sini! 

Baca Juga : Kata-Kata Promosi Di Facebook Yang Menarik Untuk Bisnismu

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *