Tanggal:05 May 2024

Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketing? Simak Penjelasan Berikut Ini!

ilustrasi digital marketing (pixabay.com)

1. Memahami Prinsip SEO

Hal pertama yang penting untuk dikuasai oleh seorang digital marketing ialah dengan memahami prinsip dasar dari SEO (Search Engine Optimization). Yang mana sesuai dengan namanya bahwa SEO merupakan upaya untuk mengoptimasi posisi website milik kita di mesin pencarian, nih.

Dalam prosesnya untuk bisa mendapatkan urutan atas pada mesin pencarian, maka seorang digital marketing dalam analisis SEO harus mampu mendapatkan keyword atau kata kunci dengan search volume yang tinggi. Dimana kata kunci tersebut otomatis berfungsi untuk meningkatkan traffic pada website milikmu. Untuk memudahkan kamu dalam menemukan kata kunci yang memiliki volume tinggi, kamu bisa menggunakan beberapa website seperti Ahrefs, Google Keyword Planner, KWFinder by Mangools, dan sejenisnya, ya. Hingga pada akhirnya kemahiranmu dalam kemampuan SEO auto membawamu menjadi seorang digital marketing dengan posisi sebagai SEO Spescialist, lho.

Baca Juga : Apa itu Marketing?

2. Kemampuan Menulis

Selanjutnya yang tak kalah penting untuk menjadi skill andalan seorang digital marketing ialah kemampuan menulis, nih. Yang mana kemampuan menulis ini dalam dunia digital marketing disebut sebagai copywriting, ya bahasa kerennya. Dimana saat kamu bisa semakin berkualitas dalam penulisan sebuah konten, tentu saja tulisan itu secara tak sadar mampu mempersuasif para pembaca untuk melakukan apa yang kamu suruh dalam tulisan tersebut. Apa yang akan dilakukan oleh para pembaca setelah membaca tulisan seorang copywriter? Tentu saja tergantunga apa tujuan dari si copywriter ini menulis konten, apakah untuk sekadar memengaruhi emosional para pembaca ataukah memiliki tujuan khsusus yang bernilai komersial.

Maka dari itu, dalam dunia copywriting dikenal dengan istilah penggunaan CTA (Call To Action) di setiap akhir tulisan, dimana tujuan dari pemberian CTA ini adalah menyuruh para pembaca untuk melakukan A, B, C, D yang dalam ranah komersial seperti disuruh untuk membeli suatu produk tertentu, nih. Tentunya untuk bisa menyuruh pembaca atau membuat pembaca setuju dengan perintah yang berdalih solusi ini kamu harus menulis berdasarkan riset akan kebutuhan atau masalah apa yang sedang dihadapi oleh para pembacamu, ya.

Untuk melatih dan membiasan diri menjadi seorang digital marketing yang memiliki kemampuan copywriting, maka kamu bisa banyak berlatih menulis setiap harinya, nih. Mulai dari membuat blog pribadi untuk menuliskan segala ide, cerita, dan apa yang kamu atau sekitarmu alami hingga lama-lama konsistensi dalam menulis itu mampu mempertajam kualiatas dari tulisanmu. Tentunya hal tersebut harus diimbangi dengan kebiasaan diri banyak membaca, ya. Dengan membaca, maka wawasanmu akan terbuka dan lebih luas, ya. Hingga pada akhirnya saat kamu makin mahir, kamu bisa menjadi seorang digital marketing dengan sebagai copywriter atau content writer, nih.

Baca Juga : Content Writer vs Copywriter! Apa Aja Sih Perbedaanya?

3. Menguasai Media Sosial

Kemudian yang tak kalah pentinya untuk jadi skill seorang digital marketing ialah dengan memiliki kemampuan akan penguasaan media sosial, nih. Hal tersebut seperti yang kita ketahui bersama bahwa seiring dengan perkembangan zaman, setiap lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua tak bisa lepas dari dunia sosial media, bahkan satu orang bisa memiliki banyak akun sosial media, ya. Tentunya hal ini menjadi bukti bahwa minat seseorang ketika akan membeli suatu produk, maka yang pertama terlintas dipikirannya ialah mencari produk tersebut lewat sosial media yang dimilikinya ketimbang membuka webiste. Sehingga bisa dikatakan bahwa popularitas webiste lebih rendah jika dibandingkan dengan popularitas dari penggunaan sosial media. 

Oleh karena itu, maka seorang digital marketing harus menguasai sosial media dan menggunkannya sebagai salah satu tempat pemasaran untuk membangun awareness terhadap produkmu hingga menggaet calon konsumen untuk membeli produk milikmu. Tentunya hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan beragam fitur yang telah disediakan mulai dari foto beserta background yang berkualitas, caption yang menarik, pemberian hastag, rutin membuat story ataupun membuat feed yang cantik. Dari hal tersebut setidaknya mampu membawa calon konsumen untuk mengunjungi sosial media dari bisnismu.

Untuk sosial media yang digunakan pun harus menyesuaikan dengan platform apa yang sedang digandrungi oleh masayrakat. Hal tersebut seperti platform instagram, facebook, twitter, tik tok, dan sejenisnya, ya. Hingga pada akhirnya kemampuanmu dalam menggunakan sosial media sebagai tempat pemasaran mampu membawamu menjadi seorang digtal marketing sebagai Social Media Specialist, nih.

Baca Juga :

4. Pendengar yang Baik

Terakhir, sebagai hal yang tak kalah pentingnya bagi seorang digital marketing ialah kemampuan untuk menjadi pendegar yang baik, ya. Secara logika bagaimana mungkin kamu bisa membuat strategi marketing kalau kamu tak memahami apa sih yang dibutuhkan oleh para konsumen atau masalah atau kendala apa sih yang sedang mereka hadapi. Nah, untuk bisa masuk lalu di situ dengan memberikan solusi pada mereka berupa penawaran produk milikmu, tentu saja sebelumnya kamu harus mampu menjadi pendengar yang baik yakni dengan mamahami mereka, merasakan bagaimana rasanya jadi mereka hingga berempati yang tinggi. Dari rasa tersebut akan muncul strategi pemasaran yang halus untuk mempersuasif konsumen melakukan transaksi pembelian, ya.

Demikian penjelasan terkait skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketing. Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi terkait dunia digital marketing lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Baca Juga : 4 Ide Bisnis Langka, Cocok Untuk Kamu Yang Mau Untung Besar

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *