Tanggal:21 February 2024
Cara berbisnis di Facebook.

8 Cara Berbisnis Online di Facebook bagi Pemula

Dengan kemudahan teknologi, membangun bisnis menjadi mudah untuk dilakukan. Salah satunya dengan membangun bisnis online di Facebook. Media sosial satu ini merupakan media sosial dengan penggunaan terbanyak di seluruh Indonesia. Sekitar 65 juta orang telah menjadi anggota aktifnya, dengan sebanyak 33 juta penggunanya aktif mengakses media sosial Facebook tersebut per hari. Oleh karena banyaknya penggunaan media sosial ini, tak mengherankan jika melakukan bisnis di Facebook menjadi marak dilakukan oleh para usahawan. Selain target pembeli yang tak terbatas, keuntungan dari berbisnis di Facebook lainnya adalah dapat berkomunikasi dengan pembeli secara cepat dan mudah, serta tak membutuhkan biaya tambahan untuk melakukan promosi produk yang dijual. Adanya kemudahan-kemudahan berbisnis di Facebook tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi suatu bisnis. Jika kamu juga ingin menjalankan bisnis online di Facebook, tetapi bingung mengenai bagaimana caranya, berikut akan dijabarkan secara ringkas cara berbisnis di Facebook. Sangat mudah untuk diikuti oleh pemula seperti dirimu.

Baca Juga :

Cara Membuat Facebook Fans Page

Ide Bisnis Untuk Mahasiswa

1. Buat Halaman Fan Page untuk Bisnismu

Cara berbisnis di Facebook pertama yaitu membuat halaman fan page.
Cara berbisnis di Facebook pertama yaitu membuat halaman fan page. Sumber: Lisa/Pexels

Cara pertama ketika membuka bisnis online di Facebook adalah dengan membuat halaman Fan Page untuk bisnismu tersebut terlebih dahulu. Memang ketika menjalankan bisnis di Facebook ini, kamu bisa memanfaatkan akun personalmu, tetapi keuntungan yang akan didapatkan jika membuka akun bisnis sendiri akan lebih besar. Hal itu karena akun Facebook personalmu hanya bisa menjangkau lima ribu pengguna saja, sedangkan jika Fan Page bisa menjangkau sekitar 50 ribu pengguna. Nah, sangat besar perbedaannya bukan? Pada saat pembuatan halaman Fan Page tersebut, terdapat beberapa pilihan tipe, kamu bisa memilih tipe page berupa local business, company, atau brand untuk bisnismu tersebut.

Baca Juga :

Kata-Kata Promosi Di Facebook Yang Menarik Untuk Bisnismu

Peluang Usaha di Bulan Ramadhan

2. Optimalkan Tampilan Halaman Fan Page

Cara berbisnis online di Facebook kedua adalah mengoptimalkan tampilan fan page.
Cara berbisnis online di Facebook kedua adalah mengoptimalkan tampilan fan page. Sumber: Kaboompics.com/Pexels

Setelah berhasil membuat halaman Fan Page untuk bisnismu, langkah selanjutnya yaitu mengoptimalkan tampilan halamannya. Hal itu agar bisnismu terlihat layak dan mempunyai kesan profesional. Kamu bisa mulai dengan memberikan nama dan username. Usahakan saat membuat username ataupun nama untuk bisnismu jangan acak ya, buat agar lebih mudah diingat. Agar semakin mengoptimalkan halaman fan pagemu, jangan lupa untuk memasang foto profil dan cover untuk halaman bisnismu ini. Kamu bisa memasang logo brand atau logo bisnis yang dimiliki. Terakhir, kamu bisa maksimalkan kolom ‘about’ dengan mengisi info tentang bisnismu tersebut secara keseluruhan. Kamu bisa memanfaatkannya dengan menuliskan kelebihan yang dimiliki bisnismu tersebut. Intinya, sempurnakan bisnismu tersebut guna membangun brand awareness di tengah-tengah pengguna Facebook.

Baca Juga :

Mengoptimalkan Facebook Page Untuk Promosi

Bisnis Franchise Dibawah 5 Juta

3. Perbanyak Interaksi

Cara berbisnis online di Facebook ketiga adalah dengan memperbanyak interaksi.
Cara berbisnis online di Facebook ketiga adalah dengan memperbanyak interaksi. Sumber: Cottonbro/Pexels

Cara ketiga berbisnis di Facebook yaitu dengan memperbanyak interaksi dengan pengguna lain. Untuk meningkatkan engagement di bisnismu tersebut, kamu bisa mengunggah postingan yang memancing pembacanya untuk menekan like, share, ataupun comment. Kamu juga bisa memperbanyak interaksi ini dengan melakukan hal yang sama tersebut ke akun-akun lain. Dengan diperbanyaknya interaksi dengan pengguna lain ini dimaksudkan agar bisnismu tersebut semakin dikenal oleh sesama pengguna. Hal itu tentunya juga akan berdampak ke transaksi yang semakin meningkat.

4. Perbanyak Konten yang Edukatif

Cara berbisnis di Facebook keempat adalah dengan memperbanyak konten edukatif.
Cara berbisnis di Facebook keempat adalah dengan memperbanyak konten edukatif. Sumber: Luca Sammerco/Pexels

Selanjutnya, cara terpenting agar bisnis online di Facebook milikmu tersebut semakin maju dan berkembang, kamu harus memberikan konten-konten edukatif yang bermanfaat. Maksudnya konten tersebut harus menarik, relevan terhadap orang lain, dan tentunya memberikan manfaat bagi mereka. Adanya unggahan konten yang edukatif dan menarik ini dimaksudkan agar pengguna lain betah dalam membaca dan melihat profil bisnismu. Nah, meskipun bisnismu tersebut belum mempunyai produk yang bisa dijual, kamu masih bisa mengisinya dengan membuat konten-konten yang bermanfaat.

Atau jika bisnismu telah mempunyai produk yang dijual, jangan hanya selalu mengunggah jualanmu tersebut saja. Unggah juga konten-konten edukatif lain. Hal itu agar pengikutmu tak menjadi bosan. Selain itu, pastikan juga untuk selalu mencantumkan CTA (call to action) di akhir, maksudnya yaitu memberikan ajakan untuk terlibat dan memberikan aksi seperti memberikan like, comment, share, dan sebagainya. Tips terpenting lainnya ketika berbisnis online di Facebook yaitu kualitas harus dikedepankan dibandingkan kuantitas. Maksudnya, kamu tak harus mengunggah konten sebanyak-banyaknya, justru kamu bisa mengunggah hanya satu atau dua konten asalkan konten tersebut memiliki kualitas yang baik seperti memiliki manfaat yang besar bagi pembaca. Agar semakin menarik, kontenmu tersebut bisa diselipkan gambar-gambar atau video ya!

Baca Juga :

Rekomendasi Barang Yang Banyak Diminati Masyarakat

Cara Melihat Peluang Bisnis

5. Atur Jadwal Unggahan Konten

Cara berbisnis online di Facebook kelima adalah dengan mangatur jawal unggahan konten.
Cara berbisnis online di Facebook kelima adalah dengan mangatur jawal unggahan konten. Sumber: Oleg Magni/Pexels

Ketika ingin mengunggah konten di halaman fan page bisnismu, usahakan agar tidak spam di beranda orang lain. Apalagi jika unggahanmu hanya berisikan jualan saja. Hal itu tentunya akan menganggu, dan berakhir bisa menurunkan angka pengikut. Nah, untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu bisa memulainya dengan mengatur jadwal untuk mengunggah konten di fan page bisnismu tersebut. Kamu bisa menentukan jadwal jam agar setiap unggahan tidak berjarak dekat. Kamu juga bisa menentukan waktu yang pas untuk mengunggah konten tersebut, sehingga ketika selesai diunggah, konten terbarumu tersebut langsung di paling atas dan terlihat oleh semua orang.

Baca Juga :

Cara Untuk Memasang Iklan Di Facebook

Cara Menjual Produk di Lazada

6. Bangun Personal Brand Bisnismu

Cara berbisnis online di Facebook keenam adalah dengan membangung personal brand bisnis.
Cara berbisnis online di Facebook keenam adalah dengan membangung personal brand bisnis. Sumber: Cottonbro/Pexels

Buat bisnismu eksis dan dikenal banyak orang. Caranya bagaimana? Yaitu dengan membangun personal brand bisnismu tersebut. Dengan tidak hanya mengunggah jualan-jualan saja, tetapi juga diselipi konten-konten edukatif yang bermanfaat menjadi salah satu langkah membangun personal brand bisnismu. Reputasi yang baik tentunya sangat dibutuhkan agar bisnismu makin maju. Oleh karena itu, bangun personal brand bisnismu sebaik mungkin.

Baca Juga : Cara Memulai Usaha Thrifting

7. Konsisten

Cara berbisnis online di Facebook ketujuh adalah konsisten.
Cara berbisnis online di Facebook ketujuh adalah konsisten. Sumber: Freestocks.org/Pexels

Setelah melakukan cara-cara di atas, kamu perlu konsisten dalam mengembangkan bisnismu ini. Memang segala keinginan dan hasil tidak datang dalam sekejap. Semuanya membutuhkan proses, banyak pelanggan dan penjualan meningkat tidak bisa didapatkan dalam sekejap. Oleh karena itu dibutuhkan konsistensimu dalam menjalankan bisnis tersebut. Jangan mudah putus asa. Proses berbisnis dengan banyaknya rintangan memang merupakan proses menguji nyali. Oleh karenanya, perbanyak sikap sabar juga. Nantinya, dengan kesabaran dan konsistensi tersebut, kamu akan menuai apa yang telah ditanam.

Baca Juga : Jenis Usaha Online Yang Bikin Untung

8. Analisis Hasil

Cara berbisnis online di Facebook terakhir adalah dengan menganalisis hasil. Sumber: Anna Nekrashevich/Pexels

Langkah terakhir setelah melakukan semua cara berbisnis online di Facebook sebelumnya adalah menganalisis hasil yang diperoleh. Kamu bisa memanfaatkan page insight untuk menganalisis hasil seperti likes, action on page, reach, page views, dan sebagainya. Nah, dari analisis hasil tersebut diharapakan mampu memberikan perbaikan dari bisnismu. Sehingga, bisnismu tersebut selalu bisa maju dan berkembang.

Baca Juga : Rekomendasi Pekerjaan Untuk Anak SMA

Kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses di Vocasia
Kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses di Vocasia. Sumber: Vocasia

Untuk semakin mengembangkan kemampuanmu menjadi pengusaha, serta meningkatkan bisnismu agar sukses, kamu bisa mempelajari tips dan triknya dari pakarnya nih. Dengan bergabung di kursus Kiat Menjadi Penguasa Sukses, kamu akan diajarkan bagaimana merencanakan pengembangan bisnismu di era digital. Melalui kurikulum yang lengkap, kamu dalam sekejap bisa menguasai kemampuan-kemampuan dalam berbisnis. Dengan didampingi pakar ahli, kamu bisa mengikutinya di sini. Jangan jadi pengusaha gagal karena tak segera membeli kursus ini! Apalagi dengan potongan diskon 72%. Duh, bakal menyesal jika tak segera check out.

Baca Juga : Facebook Business Manager

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *