Tanggal:05 May 2024

Apa itu Leaflet? Selembar Kertas Bantu Sukseskan Penyebaran Informasi!

Informasi perlu disebarkan secara menyeluruh tanpa mengenal batasan apa pun. Kamu tentu saja membutuhkan bukti fisik yang bisa dibagikan. Apakah kamu tahu apa itu leaflet? Leaflet adalah selembar kertas cetak yang dilipat berisi informasi pendek dan ringkas. Leaflet biasanya digunakan dalam bisnis sebagai media untuk mengiklankan produk dan jasa yang ditawarkan. Kamu bisa menggunakan leaflet sebagai sarana promosi produk dengan menarik hati pelanggan. Para pelanggan dapat membaca informasi dalam leaflet secara berulang kali hingga tak mudah terlupakan atas bisnis kamu.

Leaflet bisa kamu cetak dalam beragam warna dan model sesuai keinginan. Informasi yang ingin kamu sampaikan juga bisa disesuaikan dengan tujuan pesan. Leaflet bisa kamu jadikan sebagai penyebar informasi dalam bentuk konten informatif. Hal ini tentu saja merujuk pada sifat leaflet, yakni informatif dan komunikatif. Kamu bisa bisa menikmati desainnya sekaligus isi pesan di dalamnya. Sehingga, kamu yang bergelut di dunia bisnis bisa mencoba startegi penggunaan leaflet ini, ya. Pembuatan leaflet sebisa mungkin kamu lakukan dengan menyerukan informasi singkat dan jelas. Yuk, simak penjelasan lebih detail terkait leaflet.

Fungsi Leaflet

1. Media Komunikasi Informatif

Ilustrasi Media Komunikasi Melalui Leaflet (pexels)

Leaflet memiliki fungsi sebagai media komunikasi melalui pesan informatif. Pembuatan leaflet tentu harus mengandung pesan yang ingin kamu sampaikan. Saat kamu memiliki suatu bisnis, tentu saja bisa menyebutkan detail produk atau jasa secara jelas. Setiap pesan yang tertulis haruslah bisa sampai dibenak tiap pelanggan.

Kamu harus pandai mengemas informasi secara rinci, namun singkat. Tuliskan poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan. Tujuannya agar pesan mudah dipahami pelanggan dan tidak mudah dilupakan begitu saja. Kamu juga bisa menyampaikan pesan terkait edukasi apa pun. Tulislah pesan informatif dan sesuai dengan tujuan yang ingin disampaikan, ya.

2. Sarana Promosi

Ilustrasi Sarana Promosi (pexels)

Dalam dunia pemasaran tentu memiliki beragam strategi. Kamu dapat menggunakan leaflet sebagai sarana promosi bisnis. Leaflet bisa kamu sebar-luaskan sesuai target pasar yang ingin dijangkau. Sarana promosi dari penggunaan leaflet tentu saja dinilai sangat lekat dibenak pelanggan. Hal itu karena mudah dibawa dan dibaca kemana pun.

Kamu bisa mencantumkan beragam informasi terkait bisnis. Misalnya saja layanan atau produk yang sedang kamu tawarkan hingga pengadaan promo besar-besaran. Semuanya bisa kamu cantumkan sesuai tujuan pemasaran atau bisnis yang ingin diraih.

3. Sarana Introducing

Ilustrasi Sarana Pengenalan (pexels)

Fungsi terakhir leaflet adalah sebagai sarana identifikasi untuk memperkenalkan sebuah perusahaan, merek, atau logo kepada masyarakat luas. Leaflet juga berisi identitas dan kontak dari pembuat konten. Hal ini berfungsi untuk dapat lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat akan identitas tersebut.

Kamu dapat menggunakan leaflet sebagai sarana memperkenalkan beragam hal terutama bisnis yang sedang digeluti. Tentu saja hal ini sangat penting. Layaknya pepatah yang mengharuskan kamu mengenal lebih dulu sebelum mencintai bisnis tersebut. Buatlah pelanggan berkesan dan mengingat setiap bisnis yang kamu perkenalkan.

Informasi Leaflet

Saat kamu membuat sebuah leaflet tentu saja memuat beragam informasi. Kamu perlu memastikan pesan atau informasi tersebut tepat sasaran dan tepat guna, ya. Buatlah pesan secara ringkas dan jelas. Tujuannya agar pembaca memahami dan tidak menimbulkan multitafsir. Berikut informasi yang bisa kamu muat dalam leaflet agar semakin menarik hati pembaca.

  • Menggunakan judul yang menarik dan relevan untuk menarik minat pembaca.
  • Menggunakan heading dan subheading untuk mempermudah pembaca mengerti inti poin dari isi leaflet.
  • Menuliskan isi pesan leaflet dengan bahasa yang to the point dan ringkas agar mudah dimengerti.
  • Menggunakan beberapa gambar sebagai pendukung visual dari teks yang ditulis.
  • Menggunakan warna yang sesuai dengan konten di dalam leaflet.
  • Menyertakan logo serta kontak dari pembuat leaflet. Tujuannya agar pembaca dapat mengenali siapa pembuat leaflet dan memiliki nomor untuk dihubungi saat pembaca merasa tertarik atau memiliki pertanyaan lebih seputar konten leaflet.

Baca Juga : Brosur: Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi, Cara Membuat

Teknik Melipat Leaflet

Kamu bisa menggunakan beragam teknik untuk melipat leaflet. Hal ini sangat penting agar informasi di dalamnya tetap bisa terbaca dengan baik. Kamu bisa tetap membuat lipatan dengan rapi tanpa merusak keindahan leaflet yang sudah dibuat. Yuk, terapkan teknik melipat leaflet berikut ini dengan benar.

  • Half fold yaitu teknik melipat kertas menjadi dua lipatan dengan kedua sisi yang sama luas.
  • Trifold yaitu teknik melipat kertas menjadi tiga bagian dengan ketiga sisi mempunyai luas yang sama.
  • Window fold atau gate fold yaitu teknik melipat kertas pada bagian kanan dan kiri ke arah dalam dengan ukuran yang sama dan membiarkan area di bagian tengah memiliki ukuran lebih besar. Tujuannya saat lipatan kertas dibuka akan menciptakan efek seperti membuka jendela atau gerbang.
  • Lipat empat yaitu teknik melipat kertas menjadi empat sisi dengan luas yang sama besar.

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu leaflet. Leaflet adalah selembar kertas yang di dalamnya bisa kamu isi beragam informasi penting dan menarik. Pelajari fungsi leaflet dengan baik dan terapkan teknik melipatnya, ya. Kamu juga harus mengerti informasi apa saja yang akan disampaikan di dalamnya. Pastikan tetap sesuai poin dan buatlah pesan secara ringkas.

Kursus digital marketing

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *