Tanggal:18 May 2024

Pengertian Beserta Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

Salah satu teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam mempromosikan artikel adalah backlink. Backlink sangat berpengaruh terhadap kualitas yang akan diperoleh. Backlink merupakan sebuah website yang memiliki link yang dapat diarahkan ke alamat website maupun halaman situs yang dimiliki. Untuk mendapatkannya, proses tersebut dinamakan link building dengan teknik SEO yang membuat banyak orang mencari jalan untuk membeli backlink.

Backlink terbagi menjadi dua, yaitu dofollow dan nofollow. Keduanya memiliki persamaan, sama-sama menanamkan tautan atau link yang ada pada website. Lebih lengkapnya, simaklah penjelasan dofollow dan nofollow berikut ini.

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow

Ilustrasi link (Sumber: freepik.com)

Dofollow merupakan bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu do dan follow yang memiliki arti mengikuti. Link dofollow adalah sebuah link yang diberikan untuk backlink yang mengizinkan robot crawler untuk bisa menelusuri atau merayapi dan mengindeks link tautan yang ingin kamu tanamkan pada website orang lain.

Apabila dalam sebuah link terdapat postingan atau artikel yang diarahkan untuk menuju ke situs atau halaman lain dengan menggunakan tipe backlink dofollow maka website atau halaman tersebut akan memberikan backlink dofollow secara langsung untuk mengikuti tautan link tersebut sampai selesai. Semakin banyak link dofollow berkualitas yang berasal dari website-website yang terbangun, maka Google juga dapat melihat website kamu semakin berkualitas dan akan merekomendasikan pilihan.

Sedangkan link nofollow berasal dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata, yaitu no dan follow yang memiliki arti “tidak mengikuti”. Jadi, link nofollow tidak akan diindeks oleh search engine. Jika link dofollow membolehkan robot crawler merayapi link yang tertanam pada website, link nofollow kebalikannya. Robot crawler akan menganggap link biasa dan tidak menaikkan peringkat di mesin pencari.

Secara umum link nofollow merupakan sebuah perangkat HTML yang akan memberikan tugas kepada Google serta mesin pencairan lain untuk mengabaikan link tertentu. Nofollow juga dapat digunakan untuk link yang mempunyai kualitas kurang baik.

Namun, link nofollow juga berguna untuk memberi nilai tambah pada website kamu. Misalnya, ada seseorang yang mengklik link atau tautan yang ada pada web tersebut, maka secara otomatis akan menambah visitor atau pengunjung pada website kamu.

Baca juga: Mengenal Internet Of Things Dan Contoh Penerapannya!

Perbedaan Link Dofollow dan Nofollow

HTML (Sumber: freepik.com)

Walaupun sama-sama bagian dari backlink, tetapi link dofollow dan nofollow memiliki perbedaan. Pada link HTML, link nofollow berfungsi untuk memberikan suatu isyarat kepada Google untuk mengabaikan link tertentu. Website yang tidak baik biasanya menggunakan link nofollow. Link nofollow yang tidak baik biasanya terdapat pada link atau tautan yang tidak dikenal pada website.

Sedangkan link dofollow merupakan link yang dapat memberikan akses untuk mengikuti link tertentu. Link dofollow juga dapat langsung terbentuk tanpa harus membuat konfigurasi selanjutnya yang disematkan pada kata kunci dengan tujuan agar dapat menguatkan suatu konten SEO.

Backlink dofollow SEO berpengaruh terhadap website lain dengan memberikan izin kepada Google untuk membaca tautan link tertentu. Hal ini akan membuat website lain merasa memperoleh keuntungan ketika memiliki backlink. Sedangkan backlink nofollow tidak memiliki pengaruh terhadap backlink. Dengan adanya backlink maka dapat memengaruhi SEO untuk menaikkan kualitas dari suatu website. Backlink dofollow digunakan untuk mendapatkan website yang memiliki kualitas baik.

Baca juga: Mengenal Google UTM, Untuk Menganalisa Traffic Website!

Manfaat Backlink Dofollow

Ilustrasi dofollow (Sumber: freepik.com)

1. Sebagai direktori serta sumber daya backlink jangka panjang

Internet merupakan salah satu sumber data besar yang akan selalu tumbuh dan dapat diakses sebagai sumber informasi. Apabila kalian mendapatkan backlink yang memiliki kualitas tinggi, dapat membuat direktori dan situs sumber daya terkemuka dapat membantu mengarahkan traffic pada situs web kalian.

2. Mempercepat proses index

Backlink dofollow adalah backlink tercepat untuk di-index oleh Google, karena link dofollow yang memiliki sifat “do” sehingga Google dapat meningkatkan peringkat situs website kamu pada halaman paling atas dalam search engine.

3. Meningkatkan kredibilitas situs

Apabila seseorang membaca konten pada blog kamu serta melihat sebuah rujukan pada sumber atau pembuatnya maka otomatis akan ada peluang bagus bahwa mereka akan mengklik backlink yang ada, untuk mempelajari lebih dalam mengenai siapa dan apa yang disajikan dalam backlink tersebut.

Manfaat Backlink Nofollow

Ilustrasi nofollow (Sumber: freepik.com)

1. Mengurangi spam pada blog

Backlink nofollow dapat membuat internet akan terlindungi dari banyaknya spam yang dapat mengurangi kualitas suatu blog. Ada beberapa backlink nofollow yang biasa dimanfaatkan untuk suatu keperluan, seperti link komentar, link menuju situs yang kurang dipercaya, link review, dan juga link afiliasi.

2. Membuat backlink menjadi lebih natural

Backlink natural dapat menjadi nilai lebih dalam perkembangan website kamu yang ada pada halaman search engine, karena Google lebih suka terhadap pencarian secara manual dibandingkan dengan backlink dofollow.

3. Meningkatkan kekuatan brand

Apabila seseorang membaca konten blog kamu, kamu dapat dengan mudah dan cepat untuk mengidentifikasi backlink yang tampil atau terlihat dalam konten tersebut. Apabila pengunjung melihat nama brand kamu terhubung pada suatu konten yang terdapat pada salah satu situs besar maka secara otomatis dapat meningkatkan kekuatan brand kamu.

Baca juga: Apa Itu Anchor Text? Pengertian Hingga Cara Membuatnya

Demikian penjelasan tentang perbedaan dofollow dan nofollow. Jadi, setelah ini kamu harus lebih cermat untuk membedakan mana link dofollow dan mana link nofollow, untuk meningkatkan kualitas website kamu.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *