Tanggal:04 May 2024

Mengenal Internet of Things dan Contoh Penerapannya!

Internet of things adalah sebuah program yang objeknya menanamkan teknologi untuk berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data melalui jaringan internet. Istilah lain yakni IoT sangat lekat dalam penyebutan di ranah IT. Internet of things diciptakan layaknya perangkat cerdas. Kamu bisa mengontrol berbagai pekerjaan melalui penggunaan internet of things ini. Keakuratan data pasti terjamin dan tentu meringankan pekerjaan kamu.

Internet of things adalah program yang berbasis machine to machine atau M2M. Seluruh alat yang memiliki kemampuan komunikasi machine to machine disebut perangkat cerdas. Perangkat cerdas adalah bentuk dari penerapan internet of things. Melalui perangkat ini kamu hanya perlu melakukan monitoring. Perangkat cerdas berbasis internet of things dengan sendirinya akan melakukan tugasnya. Hanya perlu dipantau dan dilakukan setting secara tepat.

Baca juga: IP Address: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

Dalam menjalankan program internet of things tentu perlu adanya komponen lain. Komponen internet of things adalah kecerdasan buatan, sensor, dan konektivitas. Seluruh komponen terhubung menjadi satu membantu jalannya program. Objek yang telah ditunjuk diberikan sistem kecerdasan buatan. Lalu, sensor akan bekerja menangkap sinyal yang kamu berikan. Kamu bisa memberikan perintah apa pun agar membantu menyelesaikan pekerjaan. Tak lupa dalam menjalankan internet of things seluruhnya berbasis internet. Kamu perlu memastikan koneksi internet tersedia dengan baik. Lalu, apakah kamu tahu contoh penerapan internet of things? Mari simak bersama, ya!

Baca juga: URL: Sudah Tahu Pengertian dan Bagian-bagiannya?

Contoh Penerapan Internet of Things

1. Bidang Transportasi

Internet of things adalah bagian dari perangkat cerdas. Kamu bisa menerapkannya dalam bidang apa pun. Bidang transportasi tak luput dari penggunaan internet of things. Program ini dapat diterapkan melalui mesin kendaraan atau pada alat kemudi kendaraan tersebut. Contohnya seperti penggunaan mobil tanpa kemudi. Bahkan layaknya sistem auto pilot di pesawat. Kamu bisa melakukan perjalanan tanpa perlu bantuan juru mudi, loh. Sungguh menakjubkan!

2. Sektor Pertanian

Kegunaan internet of things sebagai pengirim data tak perlu diragukan. Kamu yang bekerja pada sektor pertanian dapat menerapkan program ini. Program internet of things dapat membantu kamu megumpulkan data apa pun yang dibutuhkan. Seperti halnya data temperatur suhu, curah hujan, kadar air dalam tanah, hingga pemantauan hama. Kamu cukup melakukan monitoring pada objek yang telah terpasang program internet of things. Berbagai data dapat kamu dapatkan secara mudah. Tentunya hal ini dapat membantu kemajuan sektor pertanian yang kamu jalankan.

Baca juga: Apa Itu Link? Pengertian, Fungsi, dan Contoh

3. Bidang Kesehatan

Dalam bidang kesehatan program internet of things terus dilakukan pengembangan. Internet of things adalah program yang dinilai sangat penting dalam mempermudah pekerjaan petugas medis. Contohnya adalah penerapan robot di sebuah klinik kesehatan. Lalu, transmisi data juga dapat kamu raih melalui program internet of things. Kamu bisa meminta pengumpulan data secara akurat. Seperti halnya pengumpulan data riwayat penyakit, tekanan darah, dan penyakit yang sedang dialami.

4. Sektor Lingkungan

Kamu bisa memanfaatkan program internet of things sebagai pemberi kemudahan. Internet of things adalah perangkat cerdas yang bisa membantu kamu. Contohnya dalam sektor lingkungan atau kehidupan sehari-hari. Kamu bisa menggunakan alat yang dapat memantau kualitas udara, pengecekan kondisi air, hingga alat yang dapat dipasangkan ke satwa liar dalam penangkaran. Tak hanya itu saja, program internet of things juga dapat digunakan untuk mendeteksi peringatan bencana, loh.

Baca Juga : IP Address: Definisi, Fungsi, dan Jenisnya

5. Bidang Energi

Internet of things adalah teknologi yang mampu mengatasi permasalahan diberbagai sektor. Permasalahan dalam bidang energi tentu sangat beragam. Mulai dari pencemaran, berkurangnya sumber daya, hingga aktivitas pemborosan energi. Namun, semua itu dapat teratasi melalui penggunaan internet of things. Contohnya adalah penerapan sensor cahaya untuk mengurangi penggunaan energi listrik. Lalu, kamu juga bisa melakukan fungsi penjadwalan pada mesin oven atau mesin pemanas yang telah terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga: Apa Itu ORG? Berikut Penjelasan dan Fungsinya

Itulah penjelasan mengenai internet of things. Kamu bisa menerapkan beberapa contoh di atas, ya. Tentunya kamu harus memahami dan melakukan uji coba terlebih dahulu. Internet of things adalah program yang sangat membantu pekerjaan diberbagai sektor. Seluruhnya dapat terintegrasi secara akurat dan efisien. Kamu bisa mengumpulkan data dan mengendalikan semuanya dengan mudah.

Kursus desain website HTML CSS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *