Tanggal:26 February 2024
market analysis

Apa itu Market Analysis ?

Dunia bisnis sangat akrab dengan istilah market atau pasar. Untuk menjadi pebisnis handal, seseorang harus berkawan dengan pasar. Dapat dikatakan bahwa pasar adalah ladang para pebisnis. Maka dari itu, bagi orang yang ingin memulai bisnis maupun mengembangkan bisnis, market analysis atau analisis pasar hendaknya menjadi komponen esensial dalam menopang usaha.

Pengertian Market Analysis

Market analysis berasal dari dua kata, market berarti pasar sedangkan analysis artinya analisis. Pasar yang dimaksud bukan sekadar tempat bertemunya penjual dan pembeli. Secara lebih kompleks, pasar merupakan pelaksanaan kegiatan ekonomi yang bebas dan kompetitif. Sementara itu, analisis berarti penyelidikan untuk mengetahui keadaan sesungguhnya. Maka market analysis adalah penyelidikan terhadap fenomena pasar yang meliputi hal-hal seperti potensi, lokasi, sifat, dan ciri pasar.

Mengapa Market Analysis Sangat Penting?

Market analysis merupakan elemen yang sangat vital dalam manajemen pemasaran. Pemasaran bertujuan untuk menjaring konsumen membeli atau menikmati produk yang ditawarkan perusahaan. Timbal baliknya tentu saja keuntungan perusahaan. Untuk mencapai keuntungan tersebut maka suatu perusahaan tidak boleh sembarangan melakukan kegiatan produksi hingga distribusi produk tanpa analisis yang akurat mengenai kondisi pasar. Dengan menerapkan analisis pasar, perusahaan akan memiliki gambaran dinamika pasar sehingga dapat merancang strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Tujuan

Beberapa tujuan analisis pasar, yaitu:

  1. Menentukan strategi pemasaran
  2. Mengetahui keunggulan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis
  3. Peka terhadap keinginan konsumen dan tren pasar
  4. Mengetahui segmentasi pasar
  5. Meneliti kekuatan dan kelemahan kompetitor

Baca Juga : Apa itu Implementasi?

Metode

Metode yang biasa digunakan dalam market analysis adalah SWOT. Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang biasa digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan.

  • Strength (kekuatan), mengetahui keunggulan produk dan perusahaan
  • Weakness (kelemahan), mengetahui kelemahan produk dan perusahaan
  • Opportunity (peluang), memprediksi peluang untuk meningkatkan promosi dan penjualan
  • Threat (ancaman), memprediksi ancaman yang mungkin merugikan produk ataupun perusahaan

Baca Juga : Pengertian dan Implementasi Analisis SWOT pada Perusahaan

Manfaat

Secara garis besar, manfaat market analysis adalah memberikan gambaran mengenai target dari pemasaran suatu produk yang dijual.

  1.    Menjaring konsumen

Analisis pasar akan memudahkan perusahaan mendapatkan konsumen karena produk yang ditawarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen.

  1. Melihat persaingan

Analisis pasar berguna untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pesaing sehingga perusahaan dapat merancang strategi agar mampu selangkah lebih maju.

  1. Memanfaatkan peluang

Melalui analisis pasar perusahaan dapat mengetahui peluang yang masih jarang dan memiliki prospek yang baik kedepannya.

  1. Mengurangi risiko

Analisis pasar menjadikan perusahaan tanggap akan risiko yang mungkin terjadi mulai dari kegagalan produk hingga kegagalan bisnis sehingga risiko tersebut dapat dihindari sejak dini.

  1. Dapat merancang rencana jangka panjang

Setelah melakukan analisis pasar, perusahaan tidak akan kebingungan dalam menentukan langkah ke depan.

  1. Menjadi trend setter bisnis

Mengkolaborasikan peluang dengan ide-ide cemerlang akan menghasilkan produk baru yang unik dan tentunya perusahaan menjadi icon trend setter bisnis.

  1. Mendapat keuntungan dengan lebih cepat

Mendapatkan keuntungan dengan cepat merupakan tujuan utama manajemen pemasaran bisnis. Oleh karena itu, pembahasan analisis pasar akan bermuara pada peningkatan keuntungan.

Perbedaan Market Analysis dan Market Research

Selain analisis pasar, terdapat pula istilah riset pasar atau market research dalam dunia bisnis. Meskipun tujuan keduanya sama yakni melakukan penelitian pasar, terdapat perbedaan mendasar antara analisis pasar dan riset pasar. Riset pasar berfokus pada target pasar dan konsumen tertentu. Ruang lingkup riset pasar sebatas menganalisis persona konsumen dan memahami konsumen sehingga mereka memutuskan untuk membeli produk yang ditawarkan. Sementara itu, jangkauan analisis pasar lebih luas, mencakup tren pasar, kompetitor, mitra, hingga konsumen. Dengan kata lain, riset pasar adalah bagian dari analisis pasar.

Baca Juga : Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *