Tanggal:20 June 2024

Apa Itu Market Research?

Market research atau riset pasar sangat lekat di telinga pebisnis. Apa yang kamu ketahui tentang market research? Istilah ini sangat akrab dengan metode pengumpulan data hingga analisis. Market research adalah metode yang digunakan untuk menganalisis tren pasar. Market research sangat diperlukan untuk mengenali kebutuhan pasar. Tak hanya itu, market research juga digunakan dalam aspek pemasaran. Ruang lingkup market research mulai dari perencanaan pemasaran hingga tahap evaluasi, loh. Pastikan kamu melakukan riset terlebih dulu sebelum terjun ke dunia bisnis, ya!

Menurut kamu seberapa penting market research? Market research sangat penting dalam dunia bisnis terutama dalam aspek pemasaran. Market research berfungsi sebagai cara mengidentifikasi berbagai persoalan pemasaran. Kamu dapat mengetahui keunggulan maupun kelemahan bisnis dengan sistem ini, loh. Market research akan menyuguhkan beragam hasil riset terkait bisnismu. Dengan itu kamu bisa mengambil kesimpulan untuk melakukan pengembangan arah bisnis ke depan. Market research dapat juga menunjang kemajuan sistem pemasaran yang kamu lakukan sehingga bisnis kamu ke depan dapat berjalan lebih optimal.

Market research sangat erat dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu perlu melakukan analisis lebih detail terkait hal tersebut. Pastikan produk atau jasa yang kamu tawarkan sudah sesuai dengan target pasar, ya. Lalu, apa saja jenis market research itu? Market research ternyata tak hanya terdiri dari satu sistem saja, loh. Terdapat dua jenis market reseach yang kamu bisa lakukan. Apa saja jenisnya? Mari, simak detailnya!

1. Internal Research 

Market research mempunyai sistem internal research atau riset dari dalam. Sistem internal research yakni kegiatan analisis yang dilakukan oleh pihak perusahaan itu sendiri. Perusahaan melakukan seluruh tahapan market research secara internal. Market research menggunakan sistem ini terdiri dari beberapa tahapan, mulai dari penentuan konsep, pengumpulan data, analisis, hingga tahap evaluasi. Semua tahapan dari internal research wajib dilakukan oleh pihak perusahaan tanpa campur tangan dari luar.

2. Eksternal Research 

Eksternal research adalah jenis kedua dari market research. Market research jenis ini mengandalkan campur tangan pihak kedua sebagai pelaku analisis. Sistem eksternal research menggunakan pihak kedua seperti lembaga atau konsultan sebagai penganalisis. Perusahaan tak perlu melakukan market research sendiri dalam mengumpulkan beragam informasi. Tentu saja market research akan dilakukan seluruhnya oleh pihak kedua yang ditunjuk perusahaan. Perusahaan hanya menerima hasil akhir dari market research yang telah dilakukan.

Market research juga memiliki dua metode pengumpulan data, loh. Apa saja metode tersebut? Metode market research terdiri dari metode kualitatif serta metode kuantitatif. Kedua metode tersebut memiliki perbedaan tersendiri. Market research juga dapat dilakukan melalui penggabungan kedua metode tersebut, ya. Jangan terpaku pada satu metode saja.

Metode tersebut dilakukan sebagai tahap pengumpulan data lapangan. Kamu harus jeli dalam mengenali metode yang tepat sesuai bidang bisnis yang dijalankan. Penggunaan metode market research yang salah dapat berdampak buruk pada bisnis kamu, loh. Kamu perlu mengetahui lebih lanjut dari kedua metode tersebut. Pelajari detailnya lalu tetapkan kesesuaian dengan bisnis kamu, ya!

1. Market Research Kualitatif

Pengumpulan data menggunakan market research kualitatif cenderung lebih mudah. Market research kualitatif dapat kamu gunakan untuk mencari gambaran terkait situasi pasar. Market research kualitatif terdiri dari metode deskipsi, wawancara mendalam, hingga etnografi. Ketiga jenis metode market research kualitatif tersebut hampir sama. Semuanya mengandalkan tahapan penggalian informasi secara mendalam. Market research sangat cocok bagi kamu yang menginginkan kesan lebih personal dan detail.

Baca Juga : Apa Itu Marketing Analytics?

2. Market Research Kuantitatif

Market research kuantitatif sangat erat hubungannya dengan perhitungan angka. Bagi kamu yang menyukai hasil konkret sangat dianjurkan memilih metode ini, ya. Market research kuantitatif terdiri dari pengadaan survei konsumen hingga analisis data sekunder. Tahapan survei dapat kamu lakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner. Analisis data sekunder dapat menggunakan tools perhitungan angka agar medapatkan hasil konkret.

Itulah detail penggambaran terkait market research mulai dari jenis hingga metode yang dapat kamu pillih. Market research dapat mendorong bisnis kamu mengalami peningkatan ke depannya. Kamu dapat menerapkan sesuai kebutuhan target pasar, ya. Jangan mudah mengambil kesimpulan sebelum riset pasar memperoleh hasil yang mendalam. Market research yang kamu lakukan dapat memperkaya inovasi bisnis kamu juga, loh. Jika inovasi terlaksana, hasil bisnis juga makin meningkat!

Baca Juga : Apa Itu Market Analysis 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *