Tanggal:25 April 2024
mengenal apa itu tagline

Branding: Pengertian, Manfaat dan tujuan branding secara umum

Branding penting karena tidak hanya membuat kesan yang tak terlupakan pada konsumen tetapi juga memungkinkan pelanggan dan klien Anda mengetahui apa yang diharapkan dari perusahaan Anda. Ini adalah cara untuk membedakan diri Anda dari pesaing dan memperjelas apa yang Anda tawarkan yang membuat Anda menjadi pilihan yang lebih baik. Merek Anda dibangun untuk menjadi representasi sejati dari siapa Anda sebagai sebuah bisnis, dan bagaimana Anda ingin dianggap.

Baca Juga | Apa Itu Brand Community dan Manfaat Membangun Komunitas Merek

Ada banyak yang bisa digunakan untuk mengembangkan merek termasuk periklanan, layanan pelanggan, tanggung jawab sosial, reputasi, dan visual. Semua elemen ini (dan banyak lagi) bekerja sama untuk membuat satu profil yang unik dan (semoga) menarik perhatian.

Apa itu branding?

Pengertian branding (pixabay.com)

Branding adalah konsep yang sangat luas sehingga definisi yang benar yang benar-benar mencakup semua yang diwakilinya tidak akan memberikan terlalu banyak kejelasan pada subjek hanya dengan sendirinya. Namun, sebagian besar, pemahaman yang kuat tentang branding membutuhkan pemahaman yang layak tentang bisnis, pemasaran, dan bahkan dasar-dasar relasional (manusia). Branding adalah konsep yang sangat luas sehingga definisi yang benar yang benar-benar mencakup semua yang diwakilinya tidak akan memberikan terlalu banyak kejelasan pada subjek hanya dengan sendirinya.Branding adalah proses terus-menerus untuk mengidentifikasi, menciptakan, dan mengelola aset kumulatif dan tindakan yang membentuk persepsi merek di benak pemangku kepentingan. Branding mencakup beberapa hal, sebagai berikut:

Apa aja manfaat branding?

1. Customer recognition

Memiliki merek yang kuat berfungsi untuk membangun pengakuan pelanggan. Ini berarti ketika pelanggan berbelanja untuk produk tertentu atau mempertimbangkan perusahaan untuk melakukan layanan, mereka mengenali perusahaan Anda dalam menjalankannya. Konsumen jauh lebih cenderung memilih merek yang mereka kenali daripada sesuatu yang asing, bahkan jika mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan Anda saat itu.

Baca Juga | Apa Sih Fungsi dari Customer Relationship Management? Cek Penjelasan Lengkapnya Berikut Ini!

2. Customer loyalty

Setelah pembeli mulai mengenali dan membeli layanan atau produk, merek yang baik dapat membuat mereka kembali lagi—dan dapat membuat mereka menjadi “pengikut” setia merek tersebut.

Baca Juga | Apa Itu Customer Loyalty?

3. Competitive edge in the market

Merek Anda adalah apa yang membedakan Anda di pasar. Ketika pelanggan mengenali dan mendukung merek Anda, ini membantu memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan Anda. Semakin banyak pengakuan yang Anda terima dan semakin Anda membangun merek Anda, semakin Anda akan menemukan bahwa merek Anda meningkat dan bersaing dengan merek terkenal lainnya.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Endorse Beserta Kelebihannya

4. Easy introduction of new products

Ketika Anda sudah memiliki merek yang kuat dan pelanggan setia, seringkali lebih mudah dan lebih murah untuk memperkenalkan produk baru atau mengujinya sebelum Anda berinvestasi lebih jauh di dalamnya. Jika Anda memiliki pengikut merek yang setia, pelanggan Anda akan sering tertarik dengan produk baru Anda dan bahkan mengantisipasinya dirilis.

Baca Juga | Apa Saja Sih Keunggulan & Kekurangan dari Produk Apple?

5. Enchanced credibility and ease of purchase

Memiliki merek yang kuat dan terkenal akan meningkatkan kredibilitas Anda di mata pelanggan, industri Anda, dan pasar secara keseluruhan. Saat Anda membangun kredibilitas Anda, Anda juga membangun pengakuan, loyalitas, dan daya saing. Jika merek Anda kredibel, Anda jauh lebih mungkin untuk mendapatkan penjualan.

Tujuan branding secara umum

Tujuan merek penting karena menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda bukan hanya produk, layanan, atau kampanye iklan Anda. Anda memiliki tujuan dan itu lebih besar dari sekadar menghasilkan keuntungan. ujuan branding ini merupakan salah satu hal yang sangat bermanfaat bagi perusahaan. Branding yang kuat akan membuat pelanggan lebih percaya dengan produk Anda dan lebih loyal terhadap perusahaan Anda.

Baca Juga | Apa Itu Brand Ambassador?

Semoga artikel ini membantu Anda untuk memiliki gagasan yang lebih jelas tentang apa arti branding. Jika Anda memiliki komentar atau saran untuk meningkatkan artikel, jangan ragu untuk membagikan pemikiran Anda di komentar di bawah!

Edited by: Rangga Septio Wardana (Instagram: @ranggasward)

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *