Tanggal:13 May 2024
Lengkapi dokumen yang diminta

5 Berkas yang Harus Disiapkan untuk Melamar Pekerjaan

Mungkin beberapa dari kamu saat ini sedang sibuk untuk mencari pekerjaan dan sedang melamar pekerjaan di banyak tempat.

Nah buat kamu yang saat ini sedang sibuk mencari pekerjaan, sebaiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu berkas apa saja yang biasanya dibutuhkan ketika ingin melamar kerja di suatu perusahaan.

Baca Juga | Cara-Cara Melamar Kerja Online!

Berkas yang harus disiapkan untuk melamar kerja ini merupakan salah satu syarat utama agar kamu bisa dilihat serius dan terlihat profesional di mata perushaan.

Buat kamu yang saat ini masih bingung berkas apa saja yang harus disiapkan untuk melemar pekerjaan, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel berikut ini. Pada artikel ini Vocasia akan memberi tahumu 5 berkas yang harus disiapkan untuk melamar pekerjaan.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak pembahasan berikut ini sampai tuntas!

Baca Juga | Melamar Kerja Lewat Email? Yuk Ikuti Cara-Caranya!

Ilustrasi kartu identitas - @pixabay.com

Ilustrasi kartu identitas – @pixabay.com

1. KTP

KTP merupakan salah satu berkas yang paling penting ketika kamu ingin melamar kerja ditambah lagi jika kamu merupakan Warga Negara Indonesia.

Baca Juga | 7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

KTP ini sendiri merupakan bukti data pribadi kamu yang nantinya akan dilihat oleh pihak rekruter.

Pastikan data KTPmu sudah benar agar data yang terdapat pada KTP cocok dengan data pribadi yang kamu masukan ke dalam CV.

2. Ijazah dan transkrip nilai

Berkas yang harus disiapkan yang kedua yaitu ijazah dan transkrip nilai yang sudah terlegalisir oleh lembaga terkait. Pihak rekruter ingin mengetahui mengenai hasil studimu terdahulu maka dari itu berkas ini sangatlah penting.

Kamu tidak perlu menyerahkan ijazah maupun transkrip nilai dari semua institusi pendidikan, kamu cukup melampirkan ijazah dan transkrip nilai dari pendidikan terakhir kamu.

Baca Juga | 10 Kriteria Penilaian HRD Saat Proses Recruitment, Kamu Harus Tahu!

Tambahkan sertifikat soft skill maupun hard skill - @rawpixel.com

Tambahkan sertifikat soft skill maupun hard skill – @rawpixel.com

3. Sertifikat

Jika kamu melamar posisi kerja yang membutuhkan soft skill maupun hard skill tertentu kamu bisa mensertakan dokumen sertifikat terkait yang memiliki relevansi tinggi dengan posisi kerja yang kamu lamar.

Baca Juga | Berikut Skill yang Harus Dikuasai Sebelum Memulai Karir

Pihak rekruter sangat mengapresiasi setiap pelamar yang memiliki banyak pengalaman yang sesuai dengan posisi yang ia lamar. Misalnya kamu melamar kerja di perusahaan internasional, maka sertifikat TOEFL akan menjadi poin plus di mata HRD perusahaan.

4. Pas poto

Memang tidak semua perusahaan meminta berkas ini, namun tidak ada salahnya jika kamu menyiapkan dokumen ini terlebih dahulu.

Baca Juga | Membuat sebuah CV apakah harus mencantumkan foto?

Pastikan pas poto yang kamu siapkan sudah memenuhi kriteria pada umumnya, seperti ukuran 3×4 atau 4×6, menggunakan pakaian yang formal dan rapi, dan menggunakan warna latar belakang yang berwarna merah atau biru.

5. SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang biasa disingkat SKCK ini bisa kamu persiapkan terlebih dahulu dengan datang ke kantor Polres terdekat.

Surat ini memiliki masa berlaku selama 6 bulan, jika kamu memang sudah memiliki surat ini pastikan surat SKCK punya kamu belum kadaluarsa.

Baca Juga | Contoh Kalimat Mempromosikan Diri yang Efektif di Jobstreet

Demikian 5 Berkas yang Harus Disiapkan untuk Melamar Pekerjaan, Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *