Tanggal:21 July 2024

Pengertian DNS dan Cara Kerjanya!

Dalam dunia IT, kata DNS tentu sudah tidak asing lagi. Namun apakah kamu tahu apa itu DNS? DNS adalah sebuah sistem yang mengubah URL ke dalam IP Address. Secara mudahnya DNS membantu kamu mengunjungi website tanpa menuliskan IP Address. Kamu tidak perlu mengingat dan menghafal IP Address yang sangat rumit. DNS membantu mempermudah kamu menemukan alamat IP secara mudah. Dan kamu bisa mengunjungi website hanya dengan menulis nama domain dari website yang ingin dikunjungi.

DNS adalah sebuah sistem yang menghubungkan Uniform Resource Locator (URL) dengan Internet Protocol Address (IP Address). Domain Name Server atau DNS sangat mempermudah pekerjaan kamu mengakses sebuah website. Fungsi utama dari DNS adalah meminta informasi URL sebuah website berdasarkan IP Address yang dimasukkan. Setelah URL ditemukan, server akan mengirimkan email dan website yang kamu inginkan siap dikunjungi. DNS memiliki beberapa kelebihan yang wajib kamu ketahui, yuk simak!

Baca Juga | URL: Sudah Tahu Pengertian Dan Bagian-Bagiannya?

1. DNS adalah Perantara Kemudahan Berinternet

DNS adalah sistem yang dirancang untuk memudahkan penggunanya menggunakan internet. Kamu tak harus menghafal seluruh IP Address untuk mengakses sebuah website. Sangat meringankan sekali tentunya. Melihat kode IP yang begitu rumit tentu akan membuat kamu pusing dan susah mengingat. Dengan adanya DNS semuanya menjadi mudah. Kamu cukup mengetikkan nama domain dan situs website yang diinginkan akan muncul secara otomatis. Menggunakan internet terasa sangat mudah, ya.

2. DNS Lebih Konsisten Digunakan

Kamu bisa menggunakan nama DNS yang sama meskipun ada perubahan IP Address yang digunakan. Tentu kamu diberikan kemudahan akses hanya dengan menyebutkan nama domain saja. Meskipun IP Address berubah, tetapi akses website tetap mudah digunakan. Perubahan IP Address tidak akan mempengaruhi akses internet. Kamu tak perlu merasa khawatir. Dns adalah sistem yang bekerja secara konsisten dan tidak rumit menjangkaunya.

Baca Juga | Yuk Mengenal Internet Of Things Dan Contoh Penerapannya!

3. DNS adalah Pecipta Keamanan Data

Saat kamu menggunakan server DNS secara otomatis akan terjadi transfer data secara online. Namun kamu tak perlu risau, ya. DNS sangat menjaga keamanan data website. Website yang kamu akses terjaga dari peretasan pihak yang tidak bertanggung jawab, loh. Seluruh data yang masuk ke server DNS akan dirahasiakan dan tidak mudah diretas.

Baca Juga |  Mengenal Apa Itu IP Address

Cara Kerja DNS :

1. Mencari IP Address Website

DNS adalah sistem yang diciptakan untuk memudahkan pengguna internet. URL akan diubah secara otomatis ke dalam IP Address hingga bisa diakses secara mudah. Cara kerja DNS yang utama adalah meminta informasi IP Address dari sebuah website. Proses permintaan tersebut dinamakan Query. Lalu server DNS akan mencari IP Address pada sebuah Filehost. Filehost adalah file teks dalam sistem operasi yang berfungsi mengarahkan hostname ke IP Address. Informasi IP Address bisa kamu cari juga melalui Cache. Cache ialah komponen hardware atau software yang menyimpan data untuk sementara. Server Dns akan mencari informasi IP Address melalui Filehost dan Cache.

2. Menghubungkan IP Address ke URL Website

IP Address yang muncul menjadi dasar akses sebuah website. Server DNS dengan sendirinya akan memproses masing-masing IP Address menjadi URL. Dan kamu bisa mengakses sebuah website dengan cepat. Kamu hanya diminta menuliskan nama domain website yang ingin dikunjungi. Dengan sendirinya URL akan menghantarkan kamu pada laman website yang diinginkan. Kamu tak perlu mencari IP Address yang susah untuk dihafalkan. Titik fokusnya hanya mencari alamat IP dan menghubungkan URL ke sebuah website.

Baca Juga | Cara Membuat Server Sendiri Di Rumah

Itu dia pemaparan mengenai DNS. Kamu bisa lebih paham mengenai pengertian DNS, bukan? Tentu saja. Tak hanya itu, DNS juga memiliki kelebihan tersendiri, loh. Kamu bisa memahaminya dari penjelasan di atas. DNS adalah sistem yang terfokus membentuk dan mencari IP Address saja. Para pengguna internet seperti kamu hanya perlu menulis nama domain dan tak perlu sukar menghafal IP Address dalam mengakses sebuah website. DNS memang diciptakan untuk mendukung pekerjaan kamu secara efisien. Tetapi ingat, gunakan internet dengan bijak, ya!

Baca Juga | 6 Langkah Membuat Website Gratis Dan Cepat, Yuk Coba!

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *