Tanggal:26 July 2024

Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Self development merupakan salah satu kunci untuk mengembangkan kualitas hidup dan diri pribadi. Dengan kata lain individu yang menerapkan pengembangan diri berusaha untuk meningkatkan dan mengubah kualitas pribadinya maupun kehidupannya.

Meningkatkan kualitas diri tentu sangatlah penting. Sebab ini akan membuat seseorang dapat memberikan peran dan pelayanan yang lebih baik dan lebih luas. Guna menciptakan hubungan yang harmonis antar individu, antara individu dengan organisasi serta antara sebuah organisasi dengan organisasi lain.

Lantas, apa definisi dari self development? Bagaimana cara melakukannya? Yuk simak di bawah ini.

Baca juga: 7 Tips Self Improvement untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Pengertian Self Development

Pengertian Self Development. Sumber: Unsplash.com

Pengembangan diri atau self development adalah suatu strategi atau metode yang dipraktikkan dan diusahakan oleh individu untuk pengembangan persepsi diri, potensi, bakat, keterampilan dan kemampuan. Tujuannya ialah peningkatan pribadi dan kualitas hidup. Singkatnya, pengembangan diri berarti berinvestasi pada diri sendiri sehingga kamu dapat mengelola atau mengendalikan diri dengan sangat baik dan efisien.

Tiap-tiap individu pasti memiliki atau berada pada tingkat pengembangan diri yang cenderung berbeda, sehingga kebutuhan akan pengembangannya pun berbeda. Ada individu yang membutuhkan self development terkait karier, dan ada pula yang membutuhkan self development terkait kemampuan dan bakat, serta terkait kondisi keuangan atau finansialnya.

Terdapat beberapa alasan self development penting untuk diupayakan di antaranya yaitu:

  • Membantu mengenal diri sendiri
  • Menjaga kesehatan mental
  • Mengatasi kelemahan sekaligus mengasah skill yang sudah ada
  • Dapat mengambil keputusan dengan lebih baik
  • Menambah keharmonisan hubungan

Baca juga: Pentingnya 7 Life Skill Bagi Kaum Milenial Yang Wajib Diketahui!

Cara Melakukan Self Development

Cara Melakukan Self Development. Sumber: Unsplash.com

Melakukan self development atau pengembangan diri terbilang tak begitu mudah. Perlu keyakinan dan sabar dalam melakukannya. Sebab proses yang dibutuhkan untuk mengembangkan diri terbilang begitu bertahap. Berikut cara melakukannya.

1. Kenali Diri Sendiri

Hal paling utama yang bisa kamu lakukan dalam pengembangan diri adalah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri sendiri dengan baik. Sebab tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal dirimu lebih baik daripada diri sendiri.

2. Mengenali Tujuan Hidup

Kamu wajib mengetahui apa yang ingin benar-benar kamu raih dalam hidup ini. Sebab tujuan hidup yang sudah pasti akan membimbingmu mengambil langkah-langkah ke arah yang lebih baik lagi.

3. Perkuat Hubungan dengan Tuhan

Memiliki hubungan spritual yang baik dengan Tuhanmu adalah salah satu bentuk pengembangan diri berdasarkan hal agama. Apa pun agama yang kamu miliki, hal ini sangat penting untuk kamu lakukan demi terciptanya sebuah kedamaian di dalam hatimu.

4. Selalu Belajar

Belajar merupakan proses seumur hidup dan tiada akhir. Para individu yang tidak pernah berhenti belajar adalah orang-orang yang selalu melakukan pengembangan diri. Kualitas diri mereka yang selalu belajar tidak akan pernah menurun, bahkan selalu meningkat. Sebab ketika seseorang melakukan proses self development, akan selalu ada serangkaian hal baru yang perlu dipelajari.

Baca juga: Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

5. Investasi Ilmu Pengetahuan

Kamu bisa menjadi apa pun dengan ilmu pengetahuan yang kamu miliki. Bahkan, kedudukan sebuah ilmu dapat meningkatkan harkat, derajat, dan martabat kamu sebagai seorang manusia. Mendapatkan ilmu di era yang sudah canggih ini, bukanlah sesuatu yang sulit. Kamu dapat mencari tahu berbagai ilmu pengetahuan melalui buku, youtube, podcast, workshop, course, dan lainnya.

6. Belajar dari Ahlinya

Apabila kamu masih merasa kurang percaya diri dan kurang maksimal dalam melakukan self development, maka satu-satunya cara untuk mengembangkan diri adalah dengan berdiksusi dengan teman, atau belajar langsung dari para ahlinya. Agar kamu mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

7. Jaga Kesehatan Tubuh dan Mental

Menjalankan pola hidup sehat dapat membuat kamu memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi. Kamu pun bisa memiliki kondisi tubuh yang sehat untuk menjalani hari-harimu di dunia ini. Dan tidak hanya itu, kamu juga harus melatih pengendalian emosi jiwa.

Mengendalikan emosi jiwa merupakan seni kehidupan untuk tetap sehat secara mental. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kecerdasan emosional setiap individu. Jika kamu gagal mengendalikan emosi, maka kamu akan mengalami banyak hambatan dalam hal pengembangan diri.

8. Membangun Relasi

Self development bisa dilakukan dengan membangun dan memperbanyak relasi. Membangun relasi adalah salah satu hal penting yang menjadi landasan kesuksesan dalam segala aspek baik personal, interpersonal, dan secara spesifik di bisnis.

Beberapa orang menyangka, membangun relasi adalah naluri yang akan terasah dengan semakin banyaknya jam terbang. Pernyataan ini valid apabila mempertimbangkan kondisi seseorang yang akan belajar untuk “menyamakan frekuensi” dengan lawan bicaranya, dan semakin banyak seseorang berjejaring maka akan semakin alami dan tidak tampak dibuat-buat.

Jika kamu masih sering merasa bingung untuk memulai percakapan dengan orang lain, hingga sulit membangun keakraban. Kamu bisa mencari tahu dan mempelajari tips & triknya, serta dapat mempraktikkannya dengan mengikuti course “Memulai Percakapan? Siapa Takut!” di Vocasia. Di sini kamu akan dibimbing oleh mentor professional dan berpengalaman di bidangnya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *