Tanggal:29 February 2024

Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

Percaya diri atau self confidence merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Berbeda dengan sombong atau tinggi hati, self confidence adalah kemampuan seseorang untuk memiliki keyakinan terhadap diri sendiri mengenai hal-hal tertentu.

Ketika percaya pada kemampuan kita yang memadai dan menyadari kemampuan yang dimiliki, kita menjadi berani mempergunakan dan menunjukkannya ke banyak orang. Orang yang percaya diri dapat berkembang lebih baik daripada orang yang tidak percaya diri.

Apa itu Self-Confidence?

Menurut Ignoffo (1999) secara sederhana mendefenisikan self confidence berarti memiliki keyakinan terhadap diri sendiri. Menurut Neill (dalam Hadi & Putri, 2005) self confidence adalah kombinasi dari self esteem dan self-efficacy. Self confidence atau percaya diri adalah sejauhmana anda punya keyakinan terhadap penilaian anda atas kemampuan anda dan sejauh mana anda bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil.

Waterman (dalam Sakinah, 2005) mengatakan bahwa untuk menumbuhkan self confidence diperlukan situasi yang memberikan kesempatan untuk berkompetisi, karena menurut Markus dan Wurf (dalam Sakinah, 2005) seseorang belajar tentang dirinya sendiri melalui interaksi langsung dan komparasi sosial.

Dari interaksi langsung dengan orang lain akan diperoleh informasi tentang diri dan dengan melakukan komparasi sosial seseorang dapat menilai dirinya sendiri bila dibandingkan dengan orang lain. Seseorang akan dapat memahami diri sendiri dan akan tahu siapa dirinya yang kemudian akan berkembang menjadi percaya diri atau self confidence.

Jadi dapat disimpulkan bahwa self confidence adalah perasaan yakin akan kemampuan diri sendiri yang mencakup penilaian dan penerimaan yang baik terhadap dirinya secara utuh, bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang lain sehingga individu dapat diterima oleh orang lain maupun lingkungannya.

Penerimaan ini meliputi penerimaan secara fisik dan psikis. Perilaku yang menunjukkan keyakinan pada kemampuan dan penilaian diri sendiri yang sering muncul dalam berbagai situasi untuk menghasilkan kinerja yang lebih unggul. Oleh karena itu, self confidence ini sangat penting untuk dimiliki oleh semua orang, terlebih lagi bagi mereka yang memiliki karir. Berikut beberapa alasan mengapa penting memiliki self confidence

Baca Juga | 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan, Yuk Coba!

Alasan Pentingnya Self Confidence dalam berkarir

1. Membuat Anda Berani Menghadapi Tantangan

Contoh self confidence bisa dilihat ketika seseorang menghadapi tantangan. Apakah orang tersebut akan terpacu untuk mencari penyelesaian atau malah takut?

Alasan penting memiliki self confidence adalah kemampuan dalam menghadapi berbagai tantangan ataupun masalah yang ada di hadapan Anda. Dikarenakan bahwa Anda memiliki keyakinan atas diri dan pikiran yang selalu positif untuk melewatinya dengan lebih mudah. Tidak hanya itu saja, orang yang memiliki tingkat self confidence yang tinggi maka Anda dapat lebih mudah untuk menenangkan diri dan berpikiran jernih.

Baca juga | 7 Cara Membangun Mental Bisnis! Yuk Simak

2. Membuat Anda Berani untuk Mengembangkan Diri

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan dari memiliki kepercayaan diri tinggi adalah tidak akan pernah takut untuk mengambil berbagai kesempatan dalam hal meningkatkan kualitas dirinya sejauh dan setinggi mungkin. Adanya rasa percaya pun juga membuat Anda selalu bersemangat dalam melakukan ataupun mencapai suatu hal.

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

3. Mampu Memaksimalkan Kekuatan dan Menerima Kekurangan

Jika Anda adalah seseorang yang percaya diri maka Anda akan mengetahui dengan jelas dan rinci mengenai kelebihan yang Anda miliki dan juga upaya untuk memaksimalkannya.

Begitu pula dengan kekurangan yang pastinya setiap individu memiliki, bila Anda adalah seseorang yang percaya diri maka Anda tidak akan menganggap kekurangan sebagai kelemahan dan justru menggunakannya sebagai kesempatan untuk menjadi yang lebih baik lagi kedepannya. Sebab, kekurangan dan kelebihan akan menjadi nilai unik bagi diri Anda bisa dikelola dengan baik.

Baca Juga | 6 Pola Pikir Pengusaha Yang Perlu Kamu Pahami Saat Membangun Bisnis!

4. Membuat Anda Menjadi Tangguh Menjalani Rintangan

Seseorang dengan self confidence yang tinggi pastinya memiliki pola pikir yang selalu optimis. Fenomena ini pun berlaku apabila sedang dilanda suatu masalah.

Seseorang yang percaya diri akan selalu berpikir positif akan semua hal dan akan lebih mudah untuk menghadapi rintangan yang ada di hadapannya. Berbeda dengan orang yang memiliki kepercayaan diri rendah, mereka cenderung selalu pesimis dalam menjalani rintangan.

5. Membuat Anda Sanggup Berada di Bawah Tekanan

Memiliki kemampuan untuk sanggup dalam menghadapi berbagai tekanan juga merupakan manfaat lain yang bisa Anda dapatkan apabila Anda memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Dengan adanya self confidence yang tinggi, maka Anda tidak akan pernah merasa terhalang apabila dihadapkan dengan berbagai tekanan ataupun masalah.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri akan selalu berpikir positif sehingga lebih mudah bagianya dalam hal menenangkan diri dan juga memecahkan suatu masalah.

Baca Juga | Apa Itu Psikologi Positif?

6. Membuat Anda Mudah Dipercaya

Kepercayaan diri bukanlah hal yang begitu saja muncul secara tiba-tiba, namun hal ini diraih dari usaha dalam jangka waktu tertentu. Maka dari itu, apabila Anda merupakan seseorang yang belajar dari masa lalu dan berkembang menjadi seseorang yang sangat percaya diri maka Anda akan lebih mudah untuk dipercaya orang lain karena sikap positif dan juga mamu dalam menyelesaikan berbagai masalah.

7. Berpotensi Menjadi Seorang Pemimpin

Untuk menjadi seorang pemimpin Anda harus bisa diandalkan dan mudah dipercaya akan kemampuannya. Memiliki kepercayaan diri sebagai sauatu gambaran bahwa Anda bisa menjadi seorang pemimpin. Dengan menjadi seorang pemimpin Anda sudah dipastikan mendapat kesempatan untuk menambah skill tertentu.

8. Self Confidence sudah jadi syarat dasar dalam berkarier

Dan terakhir, memiliki kepercayaan diri sebenarnya sudah menjadi syarat dalam berkarier. Bekerja dalam bidang apapun kamu perlu untuk percaya diri supaya orang lain pun dapat percaya dan tidak meremehkan kinerja Anda.Tidak hanya saat interview, namun saat menekuni pekerjaan Anda juga sangat butuh untuk selalu percaya diri.

Wawancara kerja itu tahap awal yang sangat penting untuk dilalui dengan benar, salah satunya adalah dengan memiliki kepercayaan diri. Beberapa alasan di atas pun sudah menjelaskannya dengan baik, jadi pastikan jangan minder dan tunjukkan kualitas diri Anda saat wawancara kerja

Baca Juga | 6 Cara Mengajak Kerjasama Bisnis, Kamu Sudah Tahu?

Edited by Ainina Nurarifa

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *