Tanggal:02 May 2024

Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor 

Tren work from home atau WFH mulai ramai setelah merebaknya Covid-19 di Indonesia. Apabila sebelumnya kamu hanya tinggal datang ke kantor saja, kini kamu memerlukan “bantuan” agar dapat bekerja seperti biasanya. Salah satu dari bantuan tersebut ialah aplikasi pendukung yang bernama Slack. Keberadaan aplikasi pendukung seperti Slack sangat penting untuk menjaga produktivitas kamu agar bisa terus terhubung dengan rekan kerja lainnya. Ingin tahu kelebihan dan kekurangan dari aplikasi Slack? Simak penjelasannya hingga akhir, ya!

Apa itu Slack?

Slack merupakan aplikasi instant buatan Amerika Serikat yang digunakan sebagai alat komunikasi di tempat kerja, di mana kamu bisa mengirimkan pesan, file, dan lain-lain dalam satu tempat. Dengan menggunakan aplikasi Slack, kamu bisa membuat satu departemen kerja menjadi satu grup sendiri, sehingga akan sangat memudahkan proses komunikasi.

Di dalam Slack terdapat dua metode obrolan yang bisa kamu gunakan, yaitu:

  • Channel (Obrolan Grup)
  • Direct Message (Pesan Langsung)

Tidak perlu khawatir bila kamu baru ingin mencoba aplikasi ini, karena Slack menyediakan versi gratis maupun berbayar. Dengan menggunakan versi gratis, kamu bisa menampung hingga 10.000 pesan terbaru serta menambahkan sejumlah orang ke dalam channel Slack. Sedangkan dengan menggunakan versi berbayar, kamu dapat menikmati fitur-fitur canggih lainnya.

Kelebihan

1. Dapat Berbagi File

Kamu dapat membagikan berbagai bentuk file di Slack, baik berupa file spreadsheet, presentasi dan lain sebagainya. Kelebihan ini dapat mempermudahkan kamu agar tidak perlu repot membagikan file ke alamat email masing-masing anggota.

2. Terdapat Notifikasi

Dengan menggunakan aplikasi Slack, kamu tidak perlu khawatir tertinggal informasi atau update terbaru mengenai perusahaan atau departemenmu. Slack akan selalu memberikan notifikasi apabila terdapat pesan masuk.

3. Komunikasi yang Instant

Proses komunikasi akan berjalan mudah karena aplikasi Slack dapat terhubung ke semua perangkat, baik laptop, komputer, ataupun handphone. Kamu hanya tinggal mengunduhna di Google Play Store atau App Store.

Kekurangan

1. Adiktif

Slack dilengkapi dengan fitur yang ada di media sosial, seperti emoji dan lain sebagainya. Maka hal itu perlu diperhatikan agar pengguna dapat fokus menyelesaikan pekerjaan dan tugas-tugasnya.

2. Informasi Cepat Terkubur

Informasi penting akan segera terkubur dan sulit ditemukan seiring dengan banyaknya pesan jawaban dari anggota yang membalas. Tetapi anda dapat mencarinya menggunakan fungsi pencarian, meskipun tidak mudah untuk menemukan pesan penting.

Melihat dari penjelasan di atas, terdapat beragam fitur serta keuntungan yang bisa kamu dapat melalui aplikasi ini. Slack dapat membantu tim berkomunikasi satu sama lain dan bersikap transparan saat menyelesaikan proyek. Saat ini masih banyak tim yang menggunakan email sebagai media utama komunikasi tim, dan Slack memberikan opsi baru dan lebih segar sesuai perkembangan zaman. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba aplikasi Slack?

Baca juga: Kumpulan Aplikasi Tanda Tangan Digital

basic excel training

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *