Tanggal:16 May 2024

Kumpulan Aplikasi Tanda Tangan Digital

Tanda tangan memiliki fungsi penting untuk memvalidasi identitas dan menjaga integritas sebuah dokumen. Sayangnya, sering kali kita harus boros energi dan waktu hanya untuk mendapatkan tanda tangan seseorang yang dilakukan secara manual, atau yang biasa disebut tanda tangan basah. Hal ini memang masih banyak dipraktikkan di berbagai instansi. Namun, karena saat ini di era serba digital, kita dapat melakukan tanda tangan secara digital juga, lho.

Baca Juga :

Hal tersebut biasanya dilakukan apabila orang yang dimintai tanda tangan sedang berada di luar jangkauan. Apalagi di musim pandemi seperti sekarang ini sehingga mau tidak mau harus meneken dokumen secara digital. Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk membubuhkan tanda tangan digital. Nah, untuk menunjang kegiatan tersebut, Vocasia akan merangkum kumpulan aplikasi tanda tangan digital. Penasaran? Yuk, disimak!

Aplikasi tanda tangan digital

1. PrivyID

PrivyID

source: techinasia

PrivyID merupakan aplikasi tanda tangan digital karya anak bangsa yang saat ini telah digunakan oleh banyak orang. Aplikasi ini sudah sah dan legal di mata hukum untuk verifikasi data hingga pengiriman dokumen digital. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dalam menggunakannya.

Cara memakainya pun cukup sederhana. Saat melakukan pendaftaran, kamu hanya perlu melalui proses verifikasi e-KTP, nomor HP, serta email untuk memvalidasi identitas kamu.

Baca Juga :

2. HelloSign

hellosign

source: hellosign

HelloSign merupakan salah satu aplikasi yang paling umum di pasaran sehingga cocok digunakan oleh semua kalangan. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis, namun penggunaan tanda tangan digital dibatasi hanya tiga dokumen dalam sebulan. HelloSign juga menyediakan berbagai macam paket yang bisa dibeli, seperti paket pro, business, dan enterprise. Paket-paket tersebut tentunya memiliki harga dan fitur yang berbeda. Kamu bisa memilih yang paling sesuai denganmu. HelloSign tersedia di Play Store dan Appstore.

Baca Juga :

3. Adobe Fill & Sign

source: appstore

Aplikasi selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Adobe Fill & Sign. Aplikasi ini bisa dibilang cukup populer dan terpercaya dalam membubuhkan tanda tangan digital. Dilansir dari App Sheet, Adobe Fill & Sign dioptimalkan agar berfungsi dengan baik untuk menambahkan tanda tangan digital dalam dokumen yang memiliki format PDF.

Cara menggunakannya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu melakukan screenshot untuk dokumen yang akan ditandatangani, mengatur gambar agar proporsional, lalu membubuhkan tanda tangan di dalamnya dengan instan. Aplikasi ini bisa kamu temukan di Play Store dan Appstore.

Baca Juga :

4. SignNow

source: gsuite

Aplikasi yang sebelumnya memiliki nama CudaSign ini memiliki tampilan yang sangat sederhana sehingga ramah digunakan oleh sebagian besar pengguna. SignNow menawarkan berbagai macam fitur menarik, seperti menandatangani dokumen PDF, edit dokumen sebelum dikirim, dan sebagainya. Seperti aplikasi-aplikasi di atas, kamu bisa men-download aplikasi ini lewat handphone, baik di Play Store ataupun App Store.

Baca Juga :

5. PandaDoc

source: getapp

User interface yang friendly adalah salah satu ciri dari aplikasi PandaDoc ini. Sehingga sebagian besar pengguna merasa nyaman dan cenderung menggunakannya kembali ketika dibutuhkan.

Untuk menggunakan PandaDoc, kamu bisa memilih beberapa paket yang tersedia seperti paket individual, business, dan enterprise. Jangan khawatir, kamu juga bisa menemukan aplikasi ini dengan mudah melalui layanan Play Store maupun Appstore.

Nah, itu dia kumpulan aplikasi tanda tangan digital yang bisa kamu gunakan untuk berbagai kepentingan. Semuanya bisa kamu gunakan sesuai dengan kepentingan masing-masing.

Apalagi di musim pandemi seperti sekarang, sebaiknya mobilitas masyarakat diminimalisir demi memutuskan rantai virus Covid-19. Maka dari itu, yuk beralih ke tanda tangan digital!

Baca juga: 

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *