Tanggal:25 May 2024

Apa itu Telegram? Berikut Kelebihannya

Perkembangan teknologi mewujudkan adanya kolaborasi antara perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memudahkan setiap pekerjaan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Munculnya berbagi aplikasi memberikan pilihan bagi setiap individu untuk memilih aplikasi yang digunakan berdasarkan kebutuhan serta kenyamanannya. Menyusul perkembangan aplikasi WhatsApp, kini Telegram telah berhasil menarik perhatian masyarakat. Lalu, apa itu Telegram? Apa saja keunggulan dari aplikasi tersebut? Simak penjelesannya di bawah!

Pengertian Telegram

Aplikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Telegram FZ LLC ini adalah aplikasi layanan berkirim pesan instan multiplatform berbasis cloud yang bersifat gratis dan nirlaba. Telegram dirancang untuk memudahkan pengguna saling berkirim pesan teks, audio, video, gambar dan sticker dengan aman.

Menurut hasil analisis firma riset Sensor Tower di awal tahun 2021, lebih dari 2,2 juta pengguna WhatsApp berbondong-bondong telah beralih ke Telegram. Kira-kira apa saja kelebihan yang membuat masyarakat tertarik untuk menggunakan aplikasi ini? Berikut Vocasia telah merangkumnya untuk kamu.

Kelebihan Aplikasi Telegram

  • Pengguna dapat berbagi berbagai macam jenis file, seperti foto, video, file (doc,zip,mp3) dengan ukuran maksimum 1,5 GB per-file.
  • Memungkinkan pengguna untuk membut grup dengan kapasitas anggota mencapai 200.000 orang. Di dalam grup tersebut juga sudah didukung fitur admin, mention, balasan, tagar, serta berbagi/menerima dokumen mencapai 2 GB.
  • Dapat mengirim pesan lebih cepat karena berbasis cloud.
  • Mudah diakses dari berbagai perangkat secara bersamaan di antaranya, smartphone, tablet, komputer, laptop dan lain-lain.
  • Terdapat fitur ruang obrolan rahasia yang dinamakan Secret Chat.
  • Dibekali dengan alat moderasi sehingga memungkinkan admin grup dapat menghapus pesan secara massal, mengontrol keanggotaan, dan menyematkan pesan penting.
  • Lebih ringan ketika dijalankan, ukuran aplikasi lebih kecil Telegram versi v3.31 untuk Android yang dikeluarkan pada 25 November 2015 memiliki ukuran 16.00 MB (16,775,108 bytes).

Kekurangan Aplikasi Telegram

Dari banyaknya kelebihan dari aplikasi tersebut, nyatanya Telegram tetap memiliki kekurangan dari beberapa fitur yang saat ini belum tersedia, diantaranya:

  • Tidak memiliki fitur grup video call.
  • Tidak dapat melakukan enkripsi data.
  • Belum memiliki fitur story

Cara Menggunakan Telegram di PC Tanpa Aplikasi

Kamu pasti sudah mengetahui dan terbiasa menggunakan aplikasi Telegram melalui smartphone, namun perlu diketahui bahwa kamu juga dapat menggunakan Telegram di PC tanpa aplikasi, lho! Ini dia beberapa step yang perlu kamu ikuti:

  1. Kunjungi situs web.telegram.org melalui web browser yang ada di PC kamu.
  2. Selanjutnya kamu dianjurkan untuk mengisi negara dan memasukkan nomor ponsel yang digunakan. Nomor ponsel yang kamu masukkan tersebut nantinya akan dikirim kode verifikasi.
  3. Klik ‘Selanjutnya’ atau ‘Next’.
  4. Setelah menerima SMS yang berisikan kode verifikasi yang dikirimkan oleh Telegram, masukkan kode tersebut pada kolom kode yang tersedia. Lalu klik tombol ‘Next’.
  5. Jika nomor ponsel tersebut telah terdaftar, maka kamu akan langsung ditujukan pada tampilan chat Telegram. Kemudian kamu pun bisa langsung mengirim berbagai file atau chatting di Telegram.

Nah, itu dia penjelesan mengenai Aplikasi Telegram berserta kelebihan dan cara kerjanya. Dari banyaknya aplikasi yang tersedia, apakah Telegram menjadi salah satu aplikasi favoritmu? Yuk, komen di bawah!

Baca juga: Jira: Aplikasi Manajemen Terbaik, Patut Dicoba!

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *