Tanggal:30 May 2024

Jira: Aplikasi Manajemen Terbaik, Patut Dicoba!

Mengikuti perkembangan teknologi yang semakin canggih memberikan kemudahan pada setiap pekerjaan yang dilakukan. Untuk mengerjakan tugas, koordinasi bersama tim atau bahkan memantau perkembangan suatu proyek tidak lagi harus bertemu secara tatap muka. Semua hal tersebut dapat diatasi dengan kehadiran software manajemen proyek yang bernama Jira. Penasaran dengan kegunaan aplikasi Jira? Yuk, simak sampai habis!

Baca Juga:

Apa itu Jira?

Berawal dari sebuah aplikasi yang digunakan untuk mendeteksi bug atau masalah dalam suatu software, kini Jira telah berubah menjadi aplikasi yang fokus utamanya digunakan untuk manajemen proyek. Jira merupakan salah satu aplikasi manajemen tim terbaik yang mudah digunakan pada saat ini. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat mengatur, merencanakan, serta menelusuri seluruh proyek yang diinginkan. Hal yang membuat software ini cukup spesial adalah aplikasi Jira sudah didesain khusus untuk tim software development, sehingga Jira menjadi platform yang tepat untuk kamu yang memiliki proyek IT.

Baca Juga:

Fitur yang Terdapat pada Aplikasi Jira

Meskipun terdapat berbagai macam aplikasi serupa, ternyata Jira masih menjadi aplikasi yang diminati karena fitur-fitur yang ada di dalamnya. Beberapa fitur unggulannya adalah:

Baca Juga:

1. Scrum dan Kanban Boards

Dalam manajemen proyek ada sebuah metode yang bisa digunakan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Metode tersebut dinamakan Scrum dan Kanban. Dengan adanya fitur ini membuat tim lebih mudah melakukan brainstorming. Setiap anggota tim bisa saling berkolaborasi untuk menentukan prioritas kerjanya karena fitur ini terbilang cukup intuitif.

2. Roadmaps

Fitur roadmaps memudahkan pemimpin tim untuk dapat melihat gambaran proyek secara utuh sehingga memudahkan pengambilan ketentuan atau keputusan. Tak hanya itu saja, dengan fitur ini anggota tim juga dapat mengetahui gambaran untuk progress ke depannya.

3. Reporting

Jira menawarkan fitur reporting atau laporan yang berfungsi sebagai informasi hasil pekerjaan yang telah dikerjakan.

4. Customization

Customization atau kustomisasi adalah fitur penting yang diperlukan agar pengguna lebih nyaman dalam mengoperasikan aplikasi. Adanya kustomisasi emoji merupakan salah satu keunikan kustomisasi yang diberikan Jira. Ini akan membuat task atau message yang diberikan menjadi lebih spesifik.

5. Integrasi Pluggable

Banyaknya perusahaan yang tertarik menggunakan aplikasi Jira menyebabkan adanya dukungan untuk beragam aplikasi. Jira dapat berintegerasi langsung dengan berbagai platform, seperti Asana, Freshdesk, GitHub, Zapbook, hingga Zendesk. Jadi setiap pengguna platform yang berbeda selama masih berada dalam ruang lingkup intergrasi, akan dapat meleburkan manajemen mereka dengan praktis.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan

  • Tampilan desain yang sederhana.
  • Terdapat template untuk mempermudah pemberian tugas.
  • Dapat mengakomodasi pengelolaan talenta.
  • Tersedia laporan yang lebih komprehensif.

Kekurangan

  • Masih terdapat error pada fitur-fitur baru.
  • Harga yang kurang kompetitif.
  • Dukungan penggunaan website yang lambat.

Kesimpulan

Setelah mengetahui manfaat serta fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Jira, tak heran apabila banyak perusahaan besar yang menggunakan aplikasi ini sebagai alat manajemennya. Jira bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin menjalankan proyek dengan tim-mu terlebih dari jarak jauh. Jangan ragu untuk mencoba dan pastikan kamu telah menyesuaikan dengan kebutuhanmu, ya!

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Software Testing

Baca juga: Aplikasi Slack Penunjang Produktivitas Kantor 

Kursus belajar pemograman untuk anak vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *