Tanggal:28 April 2024

Magang: Pengertian dan Manfaatnya Bagi Mahasiswa

Seorang mahasiswa biasanya membutuhkan pengalaman pekerjaan seperti program magang yang harus diikuti sebelum nanti turun di dunia kerja setelah lulus kuliah. Tidak hanya magang, tetapi program lainnya seperti penelitian, KKN, usaha, dan masih banyak lagi merupakan opsi-opsi yang magandapat dipilih. Untuk magang sendiri, sudah tahu belum sih benefitnya ada apa aja? Kalau belum, kamu perlu membaca artikel ini sampai tuntas karena kita akan mengupas pengertian dan manfaat magang bagi mahasiswa. Keep scrolling, ya!

Pengertian Magang

Ilustrasi magang (freepik)

Magang adalah suatu kegiatan yang biasanya diikuti oleh para mahasiswa untuk menambah serta mendapatkan pengalaman dan juga mengasah skill-skill yang dimiliki yang sudah dipelajari dengan teori pada saat perkuliahan. Dengan magang, kamu akan memahami sistem kerja yang profesional di industri sebenarnya. Biasanya, kamu membutuhkan sekitar setengah tahun hingga satu tahun untuk mengikuti program magang di suatu perusahaan, demi mendapatkan pengalaman dan pelajaran yang dibutuhkan dalam industri sebelum kerja nyata setelah lulus.

Manfaat Magang Bagi Mahasiswa

Magang masih memiliki banyak manfaat selain yang telah disebutkan sebelumnya. Apa saja sih manfaat magang? Berikut manfaat-manfaatnya.

1. Mempersiapkan pengalaman karier berikutnya

Magang membantu untuk mempersiapkan pengalaman karier berikutnya (freepik)

Ketika kamu mengikuti program magang, kamu sudah bisa mempersiapkan diri kamu untuk bekerja nanti. Pengalaman dan pembelajaran yang kamu dapatkan adalah bekal untuk kamu dalam melewati sebuah pekerjaan. Bayangkan saja kalau kamu tidak magang sebelum bekerja, mungkin akan lebih sulit dilewati karena kamu belum pernah mencobanya.

Baca juga: 10 Skill Yang Dibutuhkan Di Masa Depan Untuk Menunjang Karier!

2. Merasakan bagaimana bekerja di dunia kerja yang nyata

Melanjutkan poin sebelumnya, bekerja di dunia pekerjaan itu tidak semudah yang kamu pikirkan. Banyak sekali hal-hal yang harus kamu tahu dan siapkan, maka dari itu pentingnya seorang mahasiswa untuk mengikuti program magang di suatu perusahaan demi mempersiapkan kamu untuk bekerja nanti. Kamu juga akan mendapatkan gambaran bagaimana sih hal-hal kerja yang harus kamu ketahui.

3. Belajar tugas-tugas di industri yang telah kamu pilih

Setiap industri pekerjaan memang berbeda-beda, maka dari itu kamu harus tau nih apa saja yang ada di industri kamu. Contohnya saja industri media atau broadcasting. Konon industri ini memiliki jam kerja yang sangat flexibel dan memakan waktu yang banyak, jadi kamu harus mempersiapkan fisik dan mental nih kalau mau bekerja di industri ini. Kalau kamu sudah tahu saat magang, kamu dapat menggunakannya sebagai pertimbangan bukan?

4. Eksplor berbagai karier atau pekerjaan

Bingung pilih pekerjaan adalah salah satu masalah lulusan perguruan tinggi sekarang. Kebingungan itu disebabkan karena kurangnya pengalaman di dunia kerja secara langsung. Nah, dengan mengikuti magang kamu bisa memikirkan dan merefleksikan apakah pekerjaan yang kamu lakukan ketika magang memang bidang yang kamu minati atau tidak. Pengalaman tersebut akan sangat berguna bagi keputusan karier kamu selanjutnya.

5. Menambah relasi dan koneksi

Manfaat magang yang pasti kamu dapatkan adalah menambah relasi dan koneksi di setiap tempat baru. Kamu dapat mengenal atasan kamu, rekan satu magang, user, HR dan masih banyak lagi. Kamu juga dapat bertanya atas semua hal yang mungkin kamu ingin tanyakan, terutama mengenai pekerjaan mereka dan tugas-tugas yang mereka kerjakan.

Baca juga: Cara Membuat Motivation Letter Untuk Magang

6. Mendapatkan penghasilan pertama

Biasanya, anak magang itu tidak hanya menerima pengalaman tetapi juga penghasilan lho. Memang tidak di semua tempat, tetapi beberapa perusahaan juga memberikan uang saku yang sangat cukup untuk mahasiswa yang sedang magang di perusahaan mereka. Ada juga yang memberikan hanya untuk uang makan dan transport, bahkan ada juga yang tidak memberikan apapun, tetapi itu kembali ke kebijakan yang ada di perusahaan masing-masing ya!

7. Belajar bersosialisasi

Ilustrasi anak magang sedang bersosialisasi (freepik)

Kamu tentu akan belajar bersosialisasi ketika magang. Hal ini sangat penting karena kamu harus tahu kalau bergaul dengan teman-teman saat kuliah dengan rekan-rekan di tempat kerja sangatlah berbeda. Di dunia kerja, seakrab apapun kamu dengan teman di kantor, ada batasan profesionalisme yang harus dijaga. Jadi, kemampuan bersosialisasi kamu terlatih sejak magang. Jadi, ketika memang sudah waktunya untuk terjun jadi pekerja kelak, kamu tak lagi bingung bagaimana cara bersosialisasi di lingkungan kerja.

8. Meningkatkan kualitas diri

Magang tentunya membantu kamu meningkatkan kualitas diri, salah satunya meningkatkan kemampuan komunikasimu. Kemampuan komunikasi kamu tentu akan meningkat karena kamu perlu berkoordinasi dengan kolega lainnya, hal ini akan sangat berdampak positif ke semua aspek dalam hidup kamu. Perusahaan pun akan melihat ini sebagai nilai plus saat kamu melamar setelah wisuda.

9. Membaca karakter orang lain

Ilustrasi magang (freepik)

Salah satu manfaat magang yang perlu kamu tahu adalah bisa membantumu mempelajari karakter orang lain di kantor. Dengan begitu, kamu jadi bisa tahu bagaimana cara menyampaikan informasi dengan efektif dan meminimalisir kesalahpahaman. Hal ini sangat berguna bukan hanya selama menjalani masa magang tetapi juga untuk bekal kamu di kemudian hari.

10. Memenuhi syarat wajib dari universitas

Manfaat-manfaat di atas juga bisa memenuhi kewajiban kamu sebagai mahasiswa karena biasanya universitas mewajibkan mahasiswanya untuk mengikuti program magang dalam satu semester selama masa perkuliahan berlangsung. Bahkan, ada juga yang mewajibkannya selama satu tahun atau dua semester, tergantung dari masing-masing universitas. Jadi, kamu bisa sambil menyelam minum air. Kamu memenuhi kewajiban kuliahmu sekaligus mendapatkan pengalaman untuk bekerja.

Itu dia pengertian dan manfaat magang yang bisa kamu dapatkan. Buat kamu yang belum mencoba atau mendaftar magang, yuk mulai coba untuk daftar magang agar kamu memiliki pengalaman sebelum bekerja nanti setelah lulus kuliah!

Baca juga: Tips Ampuh Lolos Seleksi Magang Kampus Merdeka, Wajib Kamu Coba!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *