Tanggal:26 July 2024
tujuan bekerja

Yuk, Simak Tujuan Bekerja Selain Mendapatkan Penghasilan!

Tak jarang dalam menjalani hidup, perlu adanya tujuan agar setiap proses yang dijalani menjadi berarti. Begitu pula dengan bekerja. 

Banyak orang yang menggantungkan hidupnya dari pekerjaan yang dijalani, meski beberapa hal bertentangan dengan prinsip atau passion yang dimiliki. Alasan mereka mempertahankan pekerjaannya bisa jadi adalah materi. Maka dari itu, tujuan mereka bekerja adalah untuk uang. Tidak ada yang salah dari itu semua. 

Untuk memahami maksud bekerja secara lebih lengkap, simak paparan di bawah ini! 

Baca juga | 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja

Arti Tujuan Bekerja 

tujuan bekerja

ilustrasi bekerja (sumber: pexels)

Tujuan bekerja sebenarnya untuk bertahan dan menjalani hidup. Bekerja diperlukan untuk memenuhi kebutuhan primer, seperti sandang, pangan, dan tempat bernaung. Tujuan seseorang memenuhi kebutuhan dengan bekerja beragam. Beberapa orang meyakini maksud bekerja bagi mereka adalah untuk materi. Beberapa lainnya beranggapan bahwa maksud bekerja untuk memabngun karier. 

Orientasi maksud bekerja setiap orang akan menjadi pemicu semangat dan alasan bertahan di pekerjaan yang tengah dijalani. Untuk itu, penting bagi setiap orang untuk memiliki tujuan yang jelas dalam bekerja. 

Baca juga | Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

Cara Menentukan Tujuan Bekerja 

Dikarenakan urgensinya, maksud bekerja perlu ditemukan bagi setiap orang. Selain itu, agar keputusan yang akan kamu ambil di kemudian hari tidak mendatangkan penyesalan dalam proses menjalaninya. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menentukan tujuan bekerja. 

1. Tekadkan Nilai dan Kepercayaan yang Dimiliki 

Nilai dan kepercayaan menjadi sesuatu yang perlu dipegang teguh apapun pekerjaan yang dijalani. Kedua hal ini akan mengutuhkan dirimu dalam melakukan setiap pekerjaan. Kamu dapat mulai menyusun nilai dan kepercayaan yang kamu pegang dan miliki, kemudian implementasikan keduanya dalam pekerjaanmu. Hal ini akan membantumu untuk menemukan maksud bekerja secara utuh. 

Baca Juga | Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

2. Kembangkan Passion

tujuan bekerja

ilustrasi passion (Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels)

Ketika mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan passion, tentu akan menjadi sebuah anugerah. Meskipun demikian, pekerjaan yang tidak sesuai dengan passion juga perlu disyukuri. Kamu dapat mencoba hal baru dan mengintegrasikan passion yang kamu miliki dalam bekerja. Selain itu, kamu juga dapat menjalin relasi dengan rekan kerja lain sehingga akan menciptakan lingkungan yang bersahabat. 

Baca Juga | Passion: Perbedaan Dengan Hobi Dan Cara Menemukannya

3. Mengubah Perspektif

Dalam mengubah perspektifmu agar menemukan maksud bekerja yang hakiki, kamu dapat fokus pada beberapa hal berikut ini, yaitu: 

  • Adanya rasa terhubung terhadap sesuatu yang lebih besar dari dirimu 
  • Memahami bahwa pekerjaanmu berarti 
  • Meresapi dampak positif bagi orang lain terhadap pekerjaanmu 
  • Mengetahui bahwa pekerjaanmu dapat membantu orang lain 

Dengan berfokus pada keempat hal tersebut, secara tidak sadar perspektifmu dalam bekerja tidak hanya berpusat pada satu hal saja. Selain itu, cara pandangmu terhadap pekerjaan yang sedang dijalani akan semakin luas dan terbuka akan setiap tantangan yang dihadapi, sehingga kamu akan memiliki kontrol diri yang baik dalam menanganinya. 

Jenis-jenis Tujuan Bekerja 

Situasi dan kondisi seseorang akan mempengaruhi maksud bekerja yang mereka miliki. Namun, secara umum jenis-jenis maksud bekerja pada seseorang dapat terlihat dari paparan berikut ini. 

1. Mendapatkan Penghasilan 

ilustrasi penghasilan (sumber: pexels)

Tujuan satu ini menjadi orientasi banyak orang dalam bekerja. Tak dapat dipungkiri juga bahwa pekerjaan menjadi sumber penghasilan utama untuk menjalani hidup bagi seseorang. 

Apabila tujuan utama dari bekerja yang kamu yakini adalah mendapatkan penghasilan, maka kamu harus memahami bahwa kisaran intensif yang kamu terima akan bergantung pada kinerja dan kemampuan yang kamu miliki. Berdasarkan hal tersebut, kamu perlu memberikan performa terbaik dalam melakukan setiap tanggung jawab dalam pekerjaan. 

Baca Juga | 5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Paling Tinggi Di Indonesia

2. Menambah Pengalaman 

Tujuan ini biasanya diyakini oleh seseorang yang baru saja lulus dari pendidikannya atau fresh graduate. Mereka cenderung akan bekerja untuk menambah pengalaman yang dimiliki. Tujuan satu ini juga cenderung tidak terlalu memikirkan intensif. Asal pengalaman yang diraih mampu memberikan perspektif dalam dunia kerja, sudah cukup bagi mereka. 

3. Memperluas Relasi untuk Kebutuhan Sosial 

ilustrasi relasi (sumber: pexels)

Beberapa orang meyakini maksud bekerja bagi mereka adalah untuk memperluas relasi yang dimiliki. Relasi bagi mereka menjadi investasi jangka panjang yang perlu dipelihara. Biasanya, tipe seseorang yang meyakini hal ini senang untuk bersosialisasi dan menjalin hubungan baik dengan rekan kerja atau klien. 

Baca juga | Perbedaan Profesi dan Pekerjaan 

4. Pemenuhan Passion 

Tujuan lain yang dimiliki oleh seseorang dalam bekerja ialah sebagai bentuk pemenuhan passion. Beberapa orang yang meyakini hal ini akan merasa dirinya utuh karena telah memenuhi passion yang dimiliki. 

Biasanya, seseorang yang meyakini tujuan mereka bekerja sebagai bentuk memenuhi passion memiliki semangat dan gairah yang tinggi dalam bekerja serta berusaha terus memberikan kinerja yang baik selama bekerja. 

5. Sebagai Bentuk Validasi Diri 

Beberapa memiliki tujuan untuk memvalidasi diri mereka ketika bekerja. Mereka berkeyakinan bahwa apa yang ada dalam diri mereka dapat diakui ketika bekerja. Mereka pun beranggapan setiap penghargaan dan achievement yang diterima adalah bentuk validasi kemampuan yang mereka miliki sehingga akan timbul kepuasan setelah meraihnya. 

Baca Juga | Apa Itu Karier? Yuk, Pahami Arti Dan Contohnya!

6. Memperoleh Karier dan Jabatan 

Maksud bekerja selanjutnya adalah untuk memperoleh karier yang cemerlang dan jabatan. Beberapa orang yang meyakini hal ini biasanya berasal dari pekerja level bawah yang terus meningkatkan kinerja dan skill yang dimiliki untuk mendapatkan karier. 

Mereka juga akan berambisi untuk memperoleh jabatan dengan bersikap aktif dan bekerja secara maksimal. Jabatan dan karier yang cemerlang akan mendorong mereka dalam bekerja. 

7. Mencari Modal Usaha 

Seseorang yang memiliki maksud bekerja ini, biasanya hanya akan melakukan pekerjaannya sementara. Mereka mengumpulkan upah yang diperoleh untuk mengembangkan usaha yang mereka inginkan. Mereka juga akan belajar mengenai pemahaman lingkungan bekerja, bahkan cara berbisnis dari pekerjaan mereka sebelumnya. 

Demikian paparan mengenai tujuan bekerja. Apapun tujuan bekerja yang kamu yakini, kamu tetap harus melaksanakan tanggung jawab yang sudah diberikan dengan baik. Apabila kamu belum menemukan tujuanmu dalam bekerja, semoga tulisan ini dapat membantumu menemukan apa yang kamu cari ketika bekerja. 

Baca Juga | Self Development: Pengertian, Cara Melakukan Dan Pentingnya

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *