Tanggal:29 February 2024

6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja

Studi menunjukkan bahwa, pekerja kantoran rata-rata mengalami interupsi setiap 11 menit selama bekerja. Sementara itu, diperlukan waktu sekitar 25 menit hingga otak benar-benar fokus kembali.

Konsentrasi dan fokus adalah salah satu kunci untuk memperoleh hasil kerja yang optimal. Tanpa keduanya, perhatianmu akan teralihkan pada hal lain dan ketelitianmu terhadap hasil pekerjaan justru berkurang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu coba untuk meningkatkan konsentrasi selama bekerja.

1. Beristirahat sejenak

Cara meningkatkan konsentrasi yang pertama adalah dengan memberikan jeda bagi tubuh untuk beristirahat. Hal ini akan meningkatkan energi dan konsentrasi selama bekerja. Beristirahat juga bermanfaat bagi kesehatan karena dapat mengurangi risiko sakit kepala, mata tegang, dan sakit punggung akibat stres kerja.

Habiskan waktu istirahatmu untuk menyendiri sejenak atau melakukan hobi yang kamu sukai. Hindari kegiatan yang memicu kamu untuk kembali bekerja seperti memeriksa email, membuka pemberitahuan di smartphone, atau mengakses media sosial.

2. Memikirkan satu hal pada satu waktu

Otak manusia memiliki keterbatasan dalam memikirkan lebih dari satu hal pada saat yang sama. Memaksakan diri untuk mengerjakan beberapa tugas secara bersamaan dapat memecah konsentrasi dan menurunkan produktivitas.

Memang sulit untuk mengentaskan pikiran yang muncul begitu saja saat bekerja. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan membuat sebuah daftar berisikan berbagai hal yang perlu dilakukan. Lakukan satu demi satu dan berikan ceklis usai mengerjakannya.

3. Rencanakan Jadwal Kerja

Melakukan perencanaan sangat dianjurkan jika kamu ingin meningkatkan fokus kerja dan menjadi lebih produktif. Tuliskan setiap pekerjaan yang harus kamu selesaikan dalam sebuah daftar. Kamu bisa menuliskannya pada malam hari sebelum kamu istirahat.

Tetapkan standar prioritas kamu dari pekerjaan yang sangat urgent hingga pekerjaan yang memang tidak perlu kamu lakukan. Buat tujuan yang tertulis dan buktikan sendiri bahwa setiap tujuan kamu dapat terealisasi dengan tingkat fokus yang tetap stabil.

4. Mencoba permainan yang mengasah otak

Kemampuan otak dapat menurun apabila tidak diasah dengan kegiatan yang melibatkan kemampuan kognitif. Kondisi ini bahkan bisa bertambah buruk jika pekerjaan yang kamu lakukan begitu monoton sehingga tidak ada ruang untuk berpikir.

Kamu bisa mengatasinya dengan mencoba berbagai permainan yang mengasah otak. Cobalah bermain puzzle atau beragam jenis permainan yang melibatkan kecepatan, akurasi, ingatan, dan kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.

5. Buat Batasan Waktu

Lakukan pekerjaan kamu dengan batasan waktu yang sesuai. Dengan membuat jam karet, maka pekerjaan kamu tidak akan pernah selesai. Prioritaskan waktu kamuuntuk mengerjakan pekerjaan yang memang harus segera diselesaikan dengan segera. Komitmen untuk menyelesaikan tugas tepat waktu bisa menambah energi kamu untuk tetap fokus pada satu pekerjaan yang harus segera selesai.

6. Hilangkan gangguan saat bekerja

Terkadang beberapa hal sederhana bisa mengganggu konsentrasi selama bekerja. Misalnya saja kebiasaan membuka media sosial atau memeriksa pesan teks di telepon genggam setiap saat.

Cobalah untuk mengurangi kegiatan atau hal-hal yang dapat mengganggu tersebut. Cobalah untuk mematikan telepon genggam atau mengubahnya ke mode senyap selama jam kerja. Kamu juga bisa mengunduh aplikasi yang membatasi penggunaan media sosial di handphone untuk membantu membatasi keinginanmu untuk mengecek media sosial setiap saat.

Baca juga :

7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

Pahami Kerja Cerdas Agar Pekerjaan Terselesaikan

Begini Lho Cara Keluar Dari Lingkungan Kerja Toxic, Simak Baik-Baik!

7 Tips Naik Jabatan Lebih Cepat

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *