Tanggal:28 April 2024

Sering Insecure? 7 Cara Ini Efektif Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu Lho!

Bagi sebagian orang percaya diri bukanlah hal yang mudah, tidak sedikit pula orang yang sulit sekali untuk mendapatkan rasa percaya diri. Penyebab kurangnya rasa percaya diri ini beragam mulai dari kemampuan diri yang dirasa kurang memuaskan, tingkat ekonomi, tingkat sosial, bahkan sampai ke penampilan fisik. Tapi dari semua penyebab tersebut, kurangnya rasa percaya diri akan penampilan fisik lah yang paling mendominasi. Penampilan fisik ini erat hubungannya dengan pandangan orang lain terhadap kondisi tubuh seperti wajah, warna kulit, tinggi badan, berat badan, dan lain sebagainya.

Baca juga | 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan

Ketidakpercayaan Diri & Insecure Sama Gak Sih ?

Di era global saat ini munculah istilah insecure yang mempresentasikan kata tidak percaya diri. Kata insecure kerap kali digunakan oleh netizen di sosial media untuk mengungkapkan rasa ketidakpercayaan diri lewat berbagai postingan atau tagar. Sebenarnya apa sih insecure itu ? Insecure adalah istilah untuk menggambarkan perasaan tidak aman yang membuat seseorang merasa gelisah, takut, malu, hingga tidak percaya diri. Istilah insecure ini seringkali di samakan dengan kata tidak percaya diri. Namun menurut dosen psikologi Universitas Jendral Achmad Yani, Yoga Hardianto, M.Psi. Perasaan insecure itu tidak sesederhana dari kurangnya rasa percaya diri. Insecure terjadi ketika seseorang merasa dirinya kekurangan dalam segala hal, mulai dari fisik, pencapaian, maupun privilege yang dimiliki. Biasanya, perasaan ini terjadi pada orang berusia dewasa muda, di mana mereka sudah memikirkan masa depannya.

Ketidakpercayaan diri maupun insecure ini tentunya harus segera diatasi, karena jika tidak maka akan merugikan diri sendiri. Apakah kamu juga termasuk kedalam salah satunya ? Nah, penjelasan dibawah ini akan membahas tujuh cara efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu, simak terus ya!

Baca Juga | Alasan Pentingnya Memiliki Self Confidence Dalam Bekerja

7 Cara Efektif Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Kamu

1. Mengenali, dan Mencintai Diri Sendiri

Seorang Wanita, Memandang Ke Arah Matahari saat Senja Sambil Tangannya Membentuk Simbol Love
Ilustrasi Wanita Yang Memandang Ke Arah Matahari Saat Senja Sambil Tangannya Membentuk Simbol Cinta(pexels.com/hassan ouajbir)

Terkadang kita itu tidak mengenal diri kita dengan baik, kita sering kali mengabaikan diri kita sendiri, padahal jika kita mengenali dan mencintai diri kita sendiri kita bisa mengexplore potensi-potensi yang ada di dalam diri kita yang sebenarnya kitapun juga tidak menyadarinya. Untuk itu kamu harus mulai mengenali dirimu ya, dan jangan lupa love yourself.

Baca Juga | Ikuti 5 Cara Ini Untuk Menerima Diri Sendiri Agar Terjauh Dari Insecurity

2. Stop Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

seorang wanita yang tampak Frustasi
Ilustrasi Seorang Wanita yang Terlihat Frustasi(pexels.com/karolina grabowska)

Karna kita kurang mengenali diri kita sendiri nih, jadi kita ini suka banget membandingkan diri kita dengan orang lain, Iyaa nggak ?Padahal, kemampuan dan potensi masing-masing orang itu berbeda. Kamu harus menemukan jati dirimu sendiri, jangan terfokus dengan pencapaian orang lain, karena yakin aja semua individu itu memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Namun mungkin saat ini kamu masih belum menemukan kelebihan maupun potensi diri kamu. Jadi tetap semangat, dan terus gali potensi diri kamu ya!

3. Menambah Pengetahuan & Wawasan

Seorang wanita yang Duduk Disamping Tumpukkan Buku
Ilustrasi Seorang Wanita Yang Duduk Disamping Tumpukkan Buku(pexels.com/george milton)

Menambah pengetahuan dan wawasan tentunya akan membuat seseorang lebih percaya diri, untuk itu kamu bisa memperkaya pengetahuan dan wawasan kamu dengan mengakses berbagai informasi, baik itu dengan membaca buku, menonton siaran berita, ataupun kamu dapat mengikuti kursus online di Vocasia.Id. Jika kamu memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas kamu akan lebih percaya diri dalam mengemukakan pendapat didepan orang lain.

Baca juga | Kenapa Public Speaking Penting Untuk Dipelajari? Berikut Penjelasannya

4. Bergabung dengan Relasi Pertemanan yang Positif dan Bisa menambah Percaya Diri Kamu

Seorang wanita Berbicara Dengan Seorang Pria di Perpustakaan
Ilustrasi Seorang Wanita Yang Sedang Berbicara dengan Seorang Pria(pexels.com/yan krukov)

Lingkungan memiliki pengaruh yang besar terhadap kondisi pribadimu. untuk itu bergabunglah dengan relasi pertemanan yang positif, dengan begitu kamu akan mendapatkan pengaruh positif dari lingkup pertemanan tersebut. Kamu bisa berdiskusi, menambah wawasan, dan berlajar meningkatkan kepercayaan dirimu dari orang-orang positif di sekitarmu.

5. Jangan Pedulikan Tanggapan Negatif Dari Orang Lain

Seorang Pria Yang Menyatakan Stop And Pray
Ilustrasi Seorang Pria Menyatakan Stop And Pray(pexels.com/joel super)

Seringkali ada orang-orang yang suka menjatuhkan orang lain dengan memberikan tanggapan yang bersifat negatif. Pada saat itu kamu perlu memfilter dirimu dari tanggapan orang-orang yang seperti itu, hiraukan lah hal tersebut. Fokus, dan terus gali potensi dirimu.

Baca Juga | Sering Minder ? Ikuti Cara Ini Untuk Memiliki Self Esteem Yang Sehat!

6. Berani Mencoba Hal-Hal yang Baru

Wanita Yang Berada Di Bukit
Ilustrasi Wanita Yang Berada Di Bukit(pexels.com/taryn elliot)

Berani mencoba hal-hal yang baru akan membuatmu semakin pede, karena kamu mencoba keluar dari zona nyaman sehingga kamu berani mengambil tantangan baru. Percayakan dirimu bahwa kamu bisa melakukan hal-hal yang baru, yakinlah. kamu lebih hebat dan tangguh dari apa yang kamu pikirkan.

Baca Juga | 6 Cara Memiliki Winning Mentality Agar Karir Cemerlang

7. Merawat Diri Bisa Menambah Percaya Diri Kamu loh!!!

Wanita yang Sedang Memgang Lampu Tumbler
Ilustrasi Wanita Yang Sedang Memegang Lampu Tumbler(pexels.com/matheus betelli)

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri kamu adalah dengan merawat diri. Mulailah merawat diri kamu dengan apapun yang kamu sukai seperti merawat tubuh, menggunakan pakaian yang rapi dan nyaman, dan yang lainnya. Namun yang perlu kamu ingat jangan pernah membandingkan penampilan fisikmu dengan orang lain, karena itu justru yang akan membuatmu down. Yakinkan pada dirimu bahwa kamu terlihat menarik, kamu tidak kekurangan apapun. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Kepercayaan diri harus dimiliki oleh semua orang, karena dengan itu kamu mampu untuk melakukan hal apapun yang kamu inginkan. Yakinlah bahwa dirimu bisa tampil percaya diri. Nah, itu dia tadi tujuh cara efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri. Selamat mencoba!

Baca Juga | Terapkan 6 Cara Ini untuk Membangun Hubungan Kerja yang Baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *