Tanggal:29 February 2024

6 Perbedaan Profesi dan Pekerjaan yang Harus Kamu Ketahui!

Semakin bertambahnya umur, pasti kamu memiliki tujuan serta harapan yang ingin dicapai. Salah satunya adalah memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kamu sukai. Tapi kamu tahu nggak, sih? Nyatanya profesi dan pekerjaan itu berbeda lho.

Pekerjaan adalah suatu kegiatan yang dapat dilakukan tanpa perlu mempunyai suatu keahlian ataupun keterampilan khusus. Contohnya seperti asisten rumah tanggga, pengemudi, penjual yang ada di toko. Tujuan dari melakukan pekerjaan tersebut dilakukan guna memperoleh penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga : Jurusan Kuliah Yang Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Sedangkan profesi merupakan bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu. Contohnya seperti dokter, pilot, pengacara dan lain sebagainya. Dapat diartikan bahwa profesi adalah pekerjaan tetapi tidak semua pekerjaan masuk ke dalam profesi.

Ciri-Ciri Profesi

  • Memiliki kaidah dan standar moral yang tinggi karena umumnya mengacu pada kode etik profesi yang dimiliki.
  • Telah melewati ujian kompetensi.
  • Memiliki izin untuk menjalankannya, karena di dasarkan untuk kepentingan masyarakat.
  • Memiliki pengetahuan khusus biasanya berupa keahlian dan keterampilan yang dimiliki dari menjalani pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang bertahun-tahun.

Baca Juga : Pekerjaan Wanita Dengan Gaji Tinggi

Nah, selain memiliki perbedaan dalam segi keahilian terdapat beberapa perbedaan lain yang menjadi pembeda antara pekerjaan dan profesi. Untuk mengetahui lebih jelas, berikut Vocasia sudah merangkumnya untuk kamu.

Perbedaan Profesi dan Pekerjaan

1. Latar Belakang Pendidikan

Seseorang yang memiliki profesi harus melewati pendidikan yang panjang terlebih dahulu. Mereka perlu belajar dan dilatih agar memiliki keahlian dan keterampilan yang sesuai dengan bidangnya. Sementara untuk pekerjaan, kamu dapat melakukannya tanpa harus ditunjang oleh latar belakang pendidikan khusus.

Baca Juga : 6 Situs Lowongan Pekerjaan

2. Kualifikasi yang Dibutuhkan

Pada profesi, kamu harus memenuhi kualifikasi yang ditentukan. Misalnya seorang sarjana S1 psikolog ingin membuka praktek, hal tersebut tidak dapat dilakukan karena untuk dapat membuka praktek terdapat syarat lain yaitu melakukan studi lanjutan. Sedangkan dalam pekerjaan kamu tidak memerlukan kualifikasi tertentu, kamu hanya tinggal mengerjakan sesuai keinginan dan juga memenuhi tanggung jawab yang diminta.

Baca Juga : Cara Kerja Di BUMN

3. Besaran Penghasilan

Hal yang paling gampang untuk membedakan antara profesi dan pekerjaan adalah pada besaran penghasilan yang diperoleh. Pada profesi, semakin ahli seseorang dalam bidang tersebut maka tentu akan semakin tinggi penghasilan yang diperoleh. Terlebih kalau kamu memiliki keterampilan khusus yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak. Sementara untuk mendapatkan gaji yang besar dari pekerjaan, kamu harus bisa memperluas jaringan agar semakin memperbesar peluang kamu.

Baca Juga : 6 Skill Untuk Bekerja

4. Organisasi yang Mewadahi

Dalam profesi biasanya terdapat organisasi yang menaungi agar dapat saling mendukung satu sama lain dan bekerja untuk memajukan profesinya. Berbeda dengan pekerjaan, yang umumnya tidak memiliki wadah secara resmi seperti asosiasi ataupun organisasi.

Baca Juga : Perbedaan Karyawan dan Staff

5. Ketertarikan pada Aturan

Profesi dalam prakteknya memiliki ketertarikan pada aturan seperti kode etik. Hal tersebut dilakukan untuk melindungi pekerja dan membatasi hal-hal diluar aturan yang ada. Sementara dalam pekerjaan sifatnya bebas dan biasanya tidak terikat pada aturan.

Baca Juga : 5 Pekerjaan Yang Membutuhkan Tinggi Badan Ideal

6. Tingkat Dependensi

Seseorang yang memiliki profesi memiliki keleluasaan untuk berkarya maupun melakukan aktivitas tanpa adanya tekanan maupun pengaruh dari pihak lain. Sedangkan seorang pekerja harus bekerja sesuai arahan dan perintah atasannya.

Baca Juga : Cara Bekerja Di Jepang Lulusan SMK

Kesimpulan

Meskipun memiliki banyak perbedaan dan seringkali pekerjaan dianggap remeh dibandingkan oleh profesi, keduanya sama-sama dapat menghasilkan. Pekerjaan adalah istilah yang lebih luas dan profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan keahlian serta harus melewati pendidikan tertentu. Apapun pilihanmu, pastikan kamu memang menyukainya, ya!

Baca juga: 7 Pekerjaan Yang Cocok Untuk Kamu INTJ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *