Tanggal:04 May 2024
Google slides

Google Slides: Pengertian, Fitur-fitur, Kelebihan, dan Kekurangan

Google Slides adalah salah satu platform yang disediakan oleh Google. Platform ini menyediakan beberapa fitur untuk memudahkan penggunanya dalam menampilkan slideshow dari konten yang dibuat. Meskipun telah banyak yang menggunakan Google Slides, namun beberapa dari penggunanya belum mengetahui fitur-fitur di dalamnya. Berikut ini akan dibahas mengenai Google Slides secara lebih dalam.

Baca juga: Mengenal Google Meet: Pengertian, Fitur, Kelebihan, Cara Menggunakannya

Pengertian Google Slides

Google slides

Ilustrasi platform dari Google (sumber: pexels)

Google Slides pertama kali diperkenalkan pada tanggal 9 Maret 2006 setelah Google mengakuisisi Writely. Layanan ini dapat diakses secara gratis oleh pengguna platform Google.

Pada dasarnya, Google Slides merupakan platform yang digunakan untuk membuat salindia presentasi. Selain itu, platform ini juga dapat berkolaborasi dengan rekan kerja lain dengan mengelola pihak yang dapat mengakses presentasi.

Fitur tersebut yang membedakan secara mencolok antara Google Slides dan Microsoft Powerpoint yang sama-sama memiliki fitur untuk membuat salindia presentasi.

Beberapa bentuk file yang didukung oleh platform ini, diantaranya ppt, .pptx, .odp, .jpg, .svg, dan .pdf. Oleh karena itu, platform milik Google ini mampu mengedit dan mengonversi bentuk file tersebut ke dalam salindia presentasi. Hal ini menjadi salah satu keunggulan lain dari Google Slides.

Fitur-fitur dalam Google Slides

Telah disinggung sebelumnya mengenai beberapa fitur yang terdapat dalam platform presentasi milik Google satu ini. Adapun fitur lain yang didukung oleh Google Slides, diantaranya:

1. Tidak Perlu Mengunduh Aplikasi, Sehingga Mudah Digunakan

Google Slides merupakan salah satu platform presentasi yang memiliki basis website dalam operasinya. Cukup masuk ke akun Google yang dimiliki, Anda sudah dapat menggunakan berbagai fitur dalam platform salindia ini. Selain itu, platform ini juga mendukung presentasi dengan kualitas tinggi di perangkat manapun, sepeti Windows, Mac, atau Linux.

2. Mampu Berkolaborasi dalam Membuat Presentasi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa platform ini mumpuni untuk berkolaborasi dengan pihak lain dalam pembuatan presentasinya. Hal ini dapat Anda lakukan membagikan tautan file pada pihak yang ingin diajak kolaborasi.

Dikarenakan sifatnya yang web-based, platform presentasi ini mampu mencatat setiap perubahan yang dilakukan secara real-time. Hal ini juga turut memudahkan kerja sama dan diskusi oleh rekan kerja dalam membuat salindia presentasi.

3. Fitur Shapes yang Lebih Powerful

Elemen visual dalam sebuah presentasi memiliki impact yang powerful. Dengan menggunakan platform salindia, Anda akan mendapatkan fitur elemen visual yang mumpuni untuk dikostumisasi.

Anda dapat mengubah warna garis dari bentuk yang dibuat, menambahkan efek animasi, menyertakan tautan ke dalam shape, mengatur transparansi dan rotasi dari figur, serta fitur lainya.

Baca juga: 5 Cara Membuat Powerpoint Di HP

4. Slide Master

Slide Master merupakan fitur yang dapat menyamakan tema dari setiap salindia, sehingga meski dikerjakan secara bersama-sama, salindia akan tetap memiliki desain template yang sama. Fitur ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengedit format desain maupun teks di dalam salindia.

5. Kompatibel untuk Mobile

Ilustrasi mobile-friendly (sumber: pexels)

Meski Anda menggunakan platform salindia ini di perangkat mobile milik Anda, hal itu tidak akan menghambat pekerjaan Anda. Hal ini dikarenakan layanan Google satu ini telah mobile-friendly, sehingga Anda dapat mengerjakan pekerjaan Anda kapan pun dan dimana pun.

6. Mampu Menyunting Foto dan Masking

Tidak hanya Microsoft Powerpoint saja yang dapat menambahkan foto atau elemen visual lain ke salindia presentasi, platform salindia ini juga dapat melakukannya. Selain itu, layanan Google satu ini menyediakan fitur editing, seperti crop, resize, contrast, brightness, hingga transparency.

Adapun fitur masking yang memungkinkanmu untuk membuat layer menjadi transparan pada bagian yang diinginkan, sehingga akan semakin cocok dengan tema presentasi.

7. Keberagaman Font

Salah satu fitur yang terdapat dalam layanan Google ini adalah menyajikan berbagai font yang dapat dipilih untuk menyesuaikan presentasi. Font yang digunakan dalam presentasi dapat dibagikan ke rekan kerja untuk diberi feedback dan saran yang sesuai dengan keinginan kelompok beserta tema dari presentasi.

Kelebihan dari Google Slides

Berikutnya akan disajikan kelebihan dari platform penyedia layanan presentasi milik Google ini, diantaranya:

1. Cloud-based

Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan pekerjaan yang telah dilakukan karena Google Slides terhubung dengan cloud dalam penyimpanannya. Maka dari itu, seluruh perubahan yang dilakukan akan terekam secara real-time. Hal ini juga akan membantu Anda untuk mengerjakan setiap pekerjaan kapanpun.

2. Gratis

Salah satu keunggulan dari layanan yang disediakan Google ini adalah fitur di dalamnya dapat diakses tanpa dipungut biaya. Meski hanya beberapa bagian yang dapat diakses secara gratis, namun fitur yang ditawarkan sudah cukup memadai.

Baca juga: Cara Mengubah PowerPoint Ke PDF

3. Mudah Digunakan

Ilustrasi mudah digunakan (sumber: pexels)

Tampilan dari platform presentasi milik Google yang sederhana semakin memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai pekerjaan. Bagian toolbar yang sudah tertata rapi juga menjadi nilai tambahan bagi platform ini, sehingga pengguna tidak perlu susah-susah lagi untuk membiasakan diri dengan fitur-fitur yang tersedia di dalamnya.

4. Kolaboratif

Sesuai dengan paparan sebelumnya, salah satu platform yang menyediakan fitur presentasi ini dirancang untuk memungkinkan penggunanya dalam melakukan kolaborasi dengan rekan kerja lain. Kolaborasi tersebut dapat berupa kemudahan dalam mengedit dan melihat file yang sama dengan rekan kerja lain.

Kekurangan dari Google Slides

Meskipun disediakan berbagai fitur di dalamnya, terdapat juga beberapa kekurangan di dalamnya, diantaranya:

1. Harus Terintegrasi dengan Akun Gmail

Apabila ingin menggunakan Google Slides, setidaknya Anda perlu memiliki akun Gmail untuk menikmati fitur-fitur unggulannya. Hal ini terkadang menjadi hambatan ketika akan menggunakan platform tersebut. Meskipun demikian, akun Gmail dapat dibuat secara gratis dan prosesnya cukup mudah.

2. Efek yang Dapat Diakses Sedikit

Pilihan efek yang disediakan oleh platform salindia milik Google ini tidak terlalu banyak seperti Microsoft Powerpoint. Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari platform tersebut karena tidak dapat mengeksplorasi efek lain.

Selain itu, tema yang disediakan oleh platform ini tidak terlalu banyak pula, sehingga memerlukan tema dari pihak ketiga yang memiliki beragam pilihan.

Baca selengkapnya: Ingin Membuat Presentasi Powerpoint Menjadi Menarik? Kunjungi Situs Ini Untuk Mendapatkan Tema Gratis

Demikian paparan mengenai Google Slides beserta fitur-fiturnya. Platform milik Google ini hampir sama dengan Microsoft Powerpoint.

Bagi Anda yang ingin mempelajari mengenai Microsoft Powerpoint dan aplikasi Microsoft lainnya, ikuti kursus Mengoperasikan Ms.Word, Ms.PowerPoint dan Ms.Excel Bagi Pemula yang disediakan oleh Vocasia. Di kursus tersebut, Anda akan diajak mengeksplorasi beragam tools dan fitur yang akan sangat berguna dalam pekerjaan Anda. Tunggu apalagi? Ayo, daftarkan dirimu sekarang juga!

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *