Tanggal:21 June 2024
Peralatan live streaming

10+ Aplikasi Live Streaming untuk Kamu yang Ingin Jadi Streamer

Di era modern yang didukung dengan kecanggihan teknologi digital ini, masyarakat semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan, tanpa harus keluar rumah, seseorang bisa memperoleh uang dengan profesi yang beragam.

Jenis profesi yang didukung oleh kecanggihan teknologi digital cukup beragam. Profesi yang menggunakan media sosial  atau platform digital lainnya adalah seperti freelancer, gamers, konten creator, pedagang, hingga pengajar.

Akhir-akhir ini muncul pekerjaan baru yang cukup menyenangkan, khususnya bagi kawula muda. Hanya dengan memulai siaran langsung melalu beberapa aplikasi, kamu bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan cepat. Profesi tersebut adalah live streamer.

Live streamer dapat melakukan tugasnya dengan baik hanya dengan bantuan aplikasi. Fakta yang terjadi di lapangan, tidak semua aplikasi live streaming dapat diakses dengan mudah dan menghasilkan uang.

Lalu, apa saja aplikasi live streaming yang dapat digunakan untuk menunjang para streamer pemula? Di bawah ini adalah sepuluh rekomendasi aplikasi live streaming terbaik menurut Vocasia. Jika tertarik, baca hingga akhir, ya!

Baca juga: Yuk, Ketahui Apa Penyebab Akun Tiktokmu Terkena Shadow Ban dan Cara Mengatasinya

Cara Menghasilkan Uang dari Live Streaming

Setiap aplikasi memiliki mekanisme dan aturan yang berbeda-beda. Demikian juga pada cara untuk mendapatkan uang. Berikut adalah beberapa sumber dana dari live streaming yang akan didapatkan oleh streamer:

1. Melalui Gift dari Penonton

Salah satu sumber dana para streamer adalah hadiah atau gift yang diberikan oleh viewers. Bahkan, mekanisme ini diterapkan hampir di seluruh aplikasi live streaming. 

Tentunya, tiap aplikasi mengemasnya menggunakan bentuk yang berbeda-beda. Ada yang dalam bentuk koin, aneka benda, hingga bentuk lainnya. Besaran tiap gift juga ditentukan oleh masing-masing platform.

Mekanismenya dapat dibilang mudah. Penonton diharuskan membeli koin menggunakan e-wallet. Setelah itu, mereka bebas memberikannya kepada streamer. Bahkan, jumlahnya juga tidak dibatasi dan ditentukan.

2. Berasal dari Iklan

Selain hadiah dari penonton, sumber dana profesi live streaming yang kedua adalah melalui iklan. Iklan hanya dapat dinikmati oleh beberapa platform saja. Jumlah iklan yang tayang dan durasinya juga ditentukan oleh penyedia aplikasi.

3. Konten Berbayar

Selanjutnya adalah konten berbayar. Biasanya, streamer akan melakukan kerja sama dengan brand atau jasa tertentu. Isi kontennya tidak lain adalah promosi tentang produk keluaran brand mitra. Lalu, mereka akan mendapatkan bayaran sesuai dengan kesepakatan awal yang telah disetujui. 

4. Membership and Subscription

Selain beberapa cara di atas, streamer juga bisa mendapatkan uang dengan menerapkan sistem membership pada akunnya. Caranya adalah dengan menawarkan paket berlangganan pada para penonton. Setelah membayar dan menjadi member, mereka akan mendapatkan konten eksklusif yang tidak dimiliki para non-member. 

Biasanya, masa berlakunya hanya dalam kurun waktu satu bulan. Di luar itu, penonton dapat berlangganan ulang untuk tetap mendapatkan konten eksklusif.

Baca juga: 10 Cara Mudah Download Video Instagram Reels Tanpa Ribet!

Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Terbaik

Berikut adalah aplikasi live streaming terbaik yang dapat digunakan oleh para pemula:

1. Bigo Live

Bigo Live adalah aplikasi live streaming yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia. Produk keluaran negara Amerika ini dikenal sebagai aplikasi streaming no sensor yang tidak disarankan untuk anak di bawah umur.

Meskipun demikian, kamu tetap dapat membatasi dan memilih konten-konten wajar yang lebih menarik. Para streamer akan mendapatkan penghasilan dari koin para penonton yang dapat dicairkan melalui e-wallet.

2. TikTok

tiktok live

Ternyata, TikTok juga dapat digunakan untuk melakukan live streaming. Melalui fitur live, pengguna dapat melakukan kegiatan jual beli maupun sekadar berbincang dengan para penonton. Produk yang berhasil dijual melalui live stream akan masuk dalam daftar pembelian dan dapat diproses secara langsung.

Selain mendapatkan uang dari hasil penjualan, kamu juga bisa memperoleh banyak koin dari gift penonton. Nantinya, koin tersebut bisa diuangkan.

3. Streamlabs

Streamlabs merupakan salah satu aplikasi streaming populer di kalangan streamer. Di dalamnya terdapat fitur canggih yang membuat streamer dapat melakukan streaming pada berbagai aplikasi dalam waktu bersamaan. Sehingga, kamu dapat mengumpulkan banyak uang yang berasal dari tiap platform tersebut.

4. Tango

Aplikasi streaming satu ini sepertinya didedikasikan untuk para koki dan juga para musisi. Anggapan tersebut dapat muncul lantaran Tango didesain dengan fitur lengkap untuk konten memasak, menyanyi, dan bermain musik.

5. YouNow

Jika dilihat dari segi tampilan dan cara pengoperasian, YouNow hampir sama dengan aplikasi lainnya. Faktanya, aplikasi ini memiliki keunggulan dari jumlah streamer yang dapat ditampilkan. YouNow dapat memfasilitasi tiga streamer sekaligus dalam satu frame yang sama.

Baca juga: Cara Live di TikTok bagi Pemula

6. Kitty Live Streaming

Seperti namanya, Kitty Live Streaming sangat menunjukkan sisi feminim seorang perempuan. Faktanya, anggapan tersebut selaras dengan praktiknya. Dalam praktiknya, aplikasi ini memiliki penampilan dan fitur yang didesain sebaik mungkin untuk para perempuan.

Selain itu, keunggulan lain yang dimilikinya adalah dapat menghubungkan delapan streamer sekaligus dalam satu waktu dan frame.

7. Twitch

Bagi para pecinta olahraga elektronik atau e-sport, aplikasi ini memang dikhusukan untukmu. Fitur-fitur yang ada di dalam Twitch sangat cocok dioperasikan oleh para streamers dengan genre game seperti PUBG dan MLBB.

8. Cube TV

Mirip separti Twitch, Cube TV juga cocok digunakan oleh para gamers. Di dalamnya terdapat berbagai macam permainan yang dapat digunakan sebagai penunjang live streaming.

9. Omlet Arcade

aplikasi live streaming

Selain Streamlabs, Omlet Arcade juga merupakan aplikasi multi-stream yang dapat diaplikasikan pada banyak platform. Selain itu, tampilan HD dan jernih yang ditawarkan sangat cocok untuk para streamer dengan konten game apa pun.

10. Nexplay

Aplikasi streaming rekomendasi Vocasia yang terakhir adalah Nexplay. Aplikasi ini dapat dioperasikan melalui dua media, yaitu PC dan smartphone. Sistem pengoperasian dan fungsinya juga hampir mirip dengan aplikasi streaming lainnya.

Penutup

Nah, itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan live streaming. Dari beberapa aplikasi di atas, tentu memiliki cara menghasilkan uang yang berbeda-beda. Namun, kebanyakan mekanisme yang digunakan adalah mengandalkan gift dari para viewers.

Jika tertarik dengan menjadi live stream profesional, kamu dapat membeli alat-alat stream untuk menunjang siaran langsungmu. 

Untuk mendapatkan banyak hadiah, kamu harus melakukannya pada waktu terbaik atau prime time. Malam hari dapat menjadi pilihan paling tepat karena tidak termasuk jam kerja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada pembahasan berikutnya!

Baca juga: 5 Peralatan untuk Live Streaming yang Wajib Kamu Punya!

Kursus membuat Aplikasi website
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *