Tanggal:21 May 2024
penutup proposal

7 Contoh Penutup Proposal untuk Berbagai Keperluan

Proposal yang baik seharusnya memiliki bagian penutup sebagai tanda bahwa penjelasan sudah selesai. Penutup proposal yang baik dan benar memuat harapan yang ingin dicapai, ucapan terima kasih, permohonan maaf dan restu, serta dukungan dari pihak-pihak terkait. Penutup proposal perlu mempertimbangkan pengunaan kalimat agar sesuai dengan jenis proposal yang dibuat. Berikut adalah beberapa contoh penutup proposal untuk berbagai kepentingan. Simak dengan seksama ya!

contoh penutup proposal

1. Penutup Proposal Usaha

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Demikian proposal usaha ini kami buat. Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah membantu proses penyusunan proposal ini. Semoga proposal usaha yang kami ajukan dapat dipertimbangkan dan diterima oleh banyak pihak sebagai tahapan awal untuk merintis usaha (nama usaha). Kami juga berharap Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan memberikan bantuan modal agar usaha (nama usaha) dapat berjalan dan bersaing dengan usaha lainnya.

Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan saran dan kritik yang membangun. Atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu/Saudara/i, kami mengucapkan terima kasih.

2. Penutup Proposal Pengajuan Dana

Pada proposal Pembangunan Gedung Kajian Airlangga, dana yang diperlukan untuk pembangunan sebesar Rp500.000.000 (lima ratus juta rupiah) dengan rincian anggaran biaya terlampir. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan menyisihkan sebagian rezekinya untuk membantu realisasi pembangunan Gedung Kajian Airlangga. Besar harapan kami agar proposal ini disetujui sehingga proses pembangunan dapat segera direalisasikan.

Demikian proposal permohonan bantuan dana Gedung Kajian Airlangga ini kami ajukan untuk ditindaklanjuti. Atas waktu dan perhatian Bapak/Ibu/Saudara/i, kami mengucapkan terima kasih.

3. Penutup Proposal Kegiatan Sekolah

Demikian proposal kegiatan Pesta Malam Perpisahan SMA Sejahtera Abadi ini kami buat dengan sebaik-baiknya. Kami sangat mengharapkan partisipasi aktif dan dukungan Bapak/Ibu/Saudara/i dalam bentuk barang maupun dana. Semoga kegiatan Pesta Malam Perpisahan SMA Sejahtera Abadi dapat terlaksana sesuai yang sudah direncanakan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu/Saudara/i, kami mengucapkan terima kasih.

Baca juga: 

4. Penutup Proposal Kerjasama

Demikian proposal penawaran kerja sama pembangunan Bimbingan Belajar Meroket ini kami buat. Adapun kesimpulan proposal penawaran kerja sama ini adalah sebagai berikut.

Kami selaku tim marketing Bimbingan Belajar Meroket menawarkan kerja sama kepada Bapak/Ibu/Saudara/i dalam rangka membangun bimbingan belajar berkualitas di lokasi yang strategis. Bapak/Ibu/Saudara/i akan mendapatkan komisi berupa bagi hasil saat Bimbingan Belajar Meroket sudah beroperasi. Kami berharap agar mendapat kesempatan untuk mempresentasikan Bimbingan Belajar Meroket kepada Bapak/Ibu/Saudara/i.

Sekian pengajuan proposal penawaran kerja sama yang kami ajukan. Besar harapan kami Bapak/Ibu/Saudara/i bisa menerima kami sebagai rekan bisnis yang saling menguntungkan. Atas perhatian dan waktunya, kami mengucapkan terima kasih.

5. Penutup Proposal Kegiatan Karang Taruna

Demikian proposal kegiatan memperingati Hari Sumpah Pemuda dari Karang Taruna yang kami buat. Momentum ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa kehadiran dukungan Bapak/Ibu/Saudara/i. Oleh karena itu, besar harapan kami agar Bapak/Ibu/Saudara/i bersedia memberikan dukungan berupa dana untuk pelaksanaan kegiatan tersebut. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami mengucapkan terima kasih.

6. Penutup Proposal KKN

Demikian proposal ini dibuat sebagai acuan dan bahan pertimbangan oleh berbagai pihak dalam melaksanakan program kerja yang telah kami rancang. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu/Saudara/i berkenaan memberikan bantuan moril maupun materiil demi kelancaran selama berkegiatan di desa Suka Hati. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu/Saudara/i, kami menghaturkan terima kasih.

7. Penutup Proposal Magang

Demikian proposal ini kami buat sebaik-baiknya. Kami berharap Bapak/Ibu/Saudara/i berkenan untuk memberikan dukungan dan bantuan berupa tempat yang dapat digunakan selama kegiatan magang berlangsung. Selain itu, kami berharap agar Bapak/Ibu/Saudara/i mau memberikan bimbingan dan berbagi ilmu selama pelaksanaan kegiatan magang. Kami akan berusaha untuk berpartisipasi aktif dan berkegiatan menurut aturan yang berlaku di perusahaan dengan sebaik-baiknya. Demikian harapan kami, atas perhatian Bapak/Ibu/Saudara/i, kami mengucapkan terima kasih.

Baca juga: Laporan Pertanggungjawaban (LPJ): Ini Penjelasan Lengkapnya!

Sebelum kamu menyerahkan proposal kepada pihak yang dituju, periksalah kembali tata bahasa dan penggunaan kalimat di dalamnya. Hal lain yang tidak kalah penting adalah narahubung yang bisa dihubungi ketika pihak yang dituju ingin menindaklanjuti pengajuan proposal. Pastikan proposal mencantumkan narahubung agar pihak yang dituju tidak kebingungan harus berkomunikasi dengan siapa. Selain itu, proposal hendaknya diserahkan menggunakan etika. Maksudnya, cetak menggunakan kertas yang layak, gunakan map atau jilid agar proposal tidak mudah rusak dan kotor, serta menghadaplah secara tatap muka dengan penerima. First impression penerima juga turut memengaruhi seberapa besar peluang proposal diterima dan didukung.

Baca juga: 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *