Tanggal:21 May 2024
aplikasi olahraga

10 Rekomendasi Aplikasi Olahraga Gratis, Tetap Bugar Walau Di Rumah Aja!

Bekerja atau beraktivitas di rumah saja memang sangat membosankan. Tetapi, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk relaksasi dan kesehatan, yaitu berolahraga. Olahraga teratur juga membuat kamu lebih sehat, meningkatkan metabolisme, dan tidak mudah terkena penyakit.

Tetapi, berdiam diri di rumah bukan alasan untuk bermalas-malasan dan mengabaikan kesehatan. Smartphone saat ini memiliki berbagai aplikasi olahraga yang dapat digunakan sebagai panduan. Tersedia untuk iOS dan Android, aplikasi olahraga ini dikembangkan dengan panduan gerakan yang dapat dilakukan setiap hari tanpa memerlukan alat khusus.

Olahraga adalah kata lain dari latihan fisik dan pada hakikatnya adalah segala aktivitas yang dilakukan seseorang untuk meningkatkan atau menjaga kebugaran jasmani. Aktivitas olahraga ini kini menjadi gaya hidup baru bagi sebagian besar masyarakat, khususnya kaum milenial. Jika kamu ingin berolahraga melalui aplikasi olahraga, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya yang bisa kamu download secara gratis dan  bisa dicoba walau di rumah!

Aplikasi Olahraga Gratis untuk Bantu Tetap Bugar

1. 30 Day Fitness Challenge

Ilustrasi Aplikasi Olahraga (Sumber: Freepik.com)

Di download lebih dari 230.000 pengguna Android di PlayStore, salah satu aplikasi olahraga Android terbaik ini sangat cocok untuk kamu yang suka berolahraga di rumah. Tidak diperlukan pengatur waktu, 30 Day Fitness Challenge akan memberikan waktu yang sesuai dan memungkinkan kamu untuk berolahraga sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu, aplikasi ini menyediakan laporan detail selama kamu berolahraga setiap hari. 30 Day Fitness Challenge juga memiliki berbagai video olahraga yang bisa kamu jadikan referensi agar tidak bingung dengan gerakan-gerakan olahraga.

2. Freeletics: Personal Trainer & Fitness Workouts

Ada 900 olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa peralatan melaui aplikasi ini. Aplikasi olahraga ini tidak hanya akan membantu kamu menurunkan berat badan, tetapi juga membantu kamu membiasakan diri dengan gerakan olahraga pembentuk otot. Kamu juga dapat bergabung dengan komunitas olahraga dan berolahraga bersama, yang akan memotivasi kamu untuk memulai gaya hidup sehat.

Baca Juga: 12 Manfaat Lari Pagi Secara Rutin, Salah Satunya Menaikkan Mood!

3. Home Workout – No Equipment

Rekomendasi aplikasi olahraga Home Workout – No Equipment sudah sangat populer. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini tidak memerlukan peralatan olahraga apapun. Latihan perut, dada, kaki, dan lengan mudah untuk dicoba. Semua gerakan latihan dalam aplikasi ini dirancang oleh para ahli sehingga kamu tidak perlu khawatir untuk mencobanya.

Fitur yang disediakan oleh aplikasi ini antara lain: video latihan untuk pemanasan, kemudian dilanjutkan dengan video dan animasi panduan workout yang terperinci. Selain itu, aplikasi ini dapat merekam hasil latihan kamu dan membuat grafik berat badan. Ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah melacak kemajuan hasil pelatihan kamu. Aplikasi ini juga dapat diakses dari semua gadget berbasis Android dan iOS.

4. 7 Minutes Workout

Jika kamu hanya memiliki 7 menit untuk berolahraga setiap hari, kamu harus mencoba aplikasi bernama 7 Minutes Workout. Dengan salah satu aplikasi latihan terbaik di Google Play, kamu dapat menurunkan berat badan dan membentuk otot dari dalam rumah saja. Bagi kamu yang belum tahu gerakannya, aplikasi latihan terbaik ini juga dilengkapi dengan panduan video agar kamu tidak salah dalam melakukannya. Untuk berlatih di rumah dengan 7 Minutes Workout, yang kamu butuhkan hanyalah kursi dan dinding. Mudah, bukan?

5. BetterMe: Weight Loss Workouts

Aplikasi olahraga ini dirancang khusus untuk wanita. Pasalnya, latihan yang ditawarkan memang ditujukan untuk mengecilkan ukuran bagian tubuh tertentu yang kerap bermasalah bagi wanita. Aplikasi olahraga ini tidak hanya menyediakan latihan tubuh tetapi juga latihan wajah untuk membuat kamu terlihat lebih muda. Jika kamu belum pernah berolahraga sebelumnya, jangan khawatir. Aplikasi ini juga memiliki video dengan petunjuk langkah demi langkah untuk setiap latihan dan panduan nutrisi yang tepat sesuai dengan kebutuhan tubuh kamu.

6. Nike Training Club

Ilustrasi Aplikasi Olahraga (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi latihan dari Nike ini menawarkan serangkaian latihan singkat dan langkah-langkah latihan mandiri. Aplikasi ini juga kompatibel dengan Apple Watch, kamu bisa menambahkan fitur lain jika kamu menggunakan iPhone. Dari yoga, latihan berat badan hingga tips mengangkat, dan cara mendapatkan perut yang kencang, aplikasi Nike Training Club menawarkan latihan lengkap. Latihan dalam aplikasi ini dapat dilakukan di rumah saja, tidak perlu pergi ke gym. Kamu juga dapat melakukan fungsi pelacakan dengan integrasi cerdas bawaan.

Baca Juga: 5 Pilihan Bahan Baju Olahraga Super Nyaman

7. Sworkit

Mengundang seorang pelatih akan menghabiskan banyak biaya. Tetapi, sekarang kamu gak perlu khawatir. Karena kamu dapat memiliki pelatih pribadi untuk membantu kamu latihan olahraga. Bagaimana caranya? Tentu dengan salah satu aplikasi olahraga Android ini. Sworkit adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk melatih otot mereka dengan pelatih atau sekadar menurunkan berat badan. Selain itu, kamu dapat memilih pelatih kebugaran pribadi kamu dengan aplikasi Sworkit. Paket lengkap banget, ya, Sobat Vocasia?

8. FitOn

Kamu butuh paket olahraga lengkap mulai dari kardio hingga yoga? FitOn mungkin bisa jadi jawabannya. Menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran hanya dapat dilakukan dengan aplikasi olahraga yang satu ini. Ada banyak video olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Plus, kamu bisa mendapatkan akses gratis ke video latihan tanpa batas dari cardio, HIIT, yoga, hingga Pilates. Aplikasi ini juga berguna untuk menjelajahi kategori latihan yang diinginkan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir atau bingung saat menggunakan FitOn.

9. Google Fit

Selanjutnya, ada aplikasi olahraga Google bernama Google Fit. Aplikasi ini sepenuhnya kompatibel dengan berbagai perangkat Android. Faktanya, Google Fit dinobatkan sebagai aplikasi olahraga paling efisien di Android Wear. Google Fit dapat membantu kamu menghitung langkah, melihat grafik tingkat kebugaran, melihat kalori yang terbakar, dan masih banyak lagi. Google Fit adalah aplikasi sederhana yang dapat diandalkan oleh pemula dan profesional. Seperti aplikasi Google lainnya, Google Fit dapat diunduh gratis dari Google Play Store.

10. Runtastic

Ilustrasi Aplikasi Olahraga (Sumber: Freepik.com)

Aplikasi olahraga yang satu ini sama populernya dengan RunKeeper dan aplikasi sejenis lainnya. Runtastic memiliki peringkat 4,5 dari 5 di Google Play Store. Keunggulan Runtastic adalah fitur lengkap yang sama dengan aplikasi serupa lainnya. 

Dengan aplikasi pintar ini, kamu juga mendapatkan dukungan Android Wear. Runtastic dapat terhubung ke perangkat Bluetooth dan peta GPS. Pelacakan kebugaran dan statistik yang menunjukkan tingkat kebugaran kamu, menjadi salah satu keunggulan dari aplikasi ini. Untuk pendatang baru di Runtastic, aplikasi ini mungkin sedikit rumit, tetapi kamu akan terbiasa seiring waktu.

Baca Juga: 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga

Demikian rekomendasi aplikasi olahraga yang bisa kamu unduh secara gratis dan dapat dilakukan walaupun di rumah saja! Apabila kamu ingin mengisi waktu luang selain berolahraga, kamu bisa mengikuti kursus yang disediakan oleh Vocasia! Cek link berikut untuk melihat beragam kelasnya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *