Tanggal:03 May 2024

12 Manfaat Lari Pagi Secara Rutin, Salah Satunya Menaikkan Mood!

Manfaat lari pagi sangat banyak, loh. Lari di pagi hari bisa menjadi olahraga yang membantu kamu memulai hari supaya lebih semangat. Dengan udara yang masih segar dan ringannya polusi udara turut menambah semangat dari lari pagi.

Lari juga merupakan salah satu olahraga paling populer dan tidak membutuhkan banyak uang. Tidak hanya lebih mudah untuk dilakukan, lari pagi juga memiliki banyak manfaat, seperti untuk kesehatan dan kecantikan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa berlari antara pukul 06:00 dan 08:00 dapat menurunkan tekanan darah. Jika kamu lari di jam 7 pagi, akan membantu membuat tidur kamu lebih nyenyak. 

Selain itu, tujuan utama dari lari pagi adalah untuk mempertahankan kecepatan atau tempo gerakan tanpa terlalu menyebabkan banyak ketegangan. Jika kamu ingin tau lebih banyak tentang apa saja manfaat lari pagi, simak artikel berikut ini!

Rutin Lari Pagi? Ini 12 Manfaat Lari Pagi untuk Tubuh Kamu!

Manfaat Lari Pagi Bagi Tubuh (Sumber: Freepik.com)

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Salah satu manfaat lari pagi setiap hari adalah meningkatkan kualitas tidur malam yang lebih baik. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Vascular Health and Risk Management (2014) menemukan bahwa orang yang berolahraga pada pukul 7 pagi, 1 siang, dan 7 malam memiliki kualitas tidur yang lebih baik dan nyenyak di malam hari. Studi lain dalam The Journal of Teen Health (2012) juga menemukan bahwa 51 remaja dengan usia rata-rata 18,3 tahun melaporkan peningkatan kualitas tidur dan kesejahteraan psikologis. Mereka mendapatkan ini setelah berlari setiap pagi selama 3 minggu berturut-turut.

Baca Juga: Sudah Tahu Memilih Sepatu Lari Yang Tepat?

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Lari pagi merupakan salah satu olahraga yang memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah (kardiovaskular). Saat kamu berlari, jantung dan pembuluh darah kamu memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh kamu. Aliran darah yang baik membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang melindungi jantung dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Jika kamu ingin merasakan manfaat kardio dari lari pagi, kamu hanya perlu menyelesaikan 150 menit latihan intensitas sedang atau 75 menit latihan intensitas kuat per minggu.

3. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat lari pagi adalah menurunkan berat badan. Mengapa? Karena latihan Ini membantu membakar kalori ekstra di tubuh kamu. Namun, lari untuk menurunkan berat badan harus dibarengi dengan gaya hidup sehat. Konsumsi makanan rendah kalori dan bergizi seimbang agar penurunan berat badan kamu lebih sehat dan optimal. Studi menunjukkan bahwa berlari dan bersepeda dapat membantu mengekang nafsu makan kamu. Optimalkan kegiatan tersebut dengan belajar mengendalikan rasa lapar dan makan makanan yang bergizi seimbang, ya.

4. Meningkatkan Self-esteem dan Rasa Percaya Diri

Manfaat lari tidak hanya untuk kesehatan fisik dan organ tubuh kamu, tetapi juga untuk pikiran dan mental kamu. Olahraga ini dapat memberikan rasa kebebasan dan pengembangan diri karena kaki yang terus melangkah dan berlari. Para ahli menyimpulkan bahwa melakukan aktivitas fisik, seperti berlari, berkorelasi langsung dengan peningkatan self-esteem. Secara umum, aktivitas fisik juga meningkatkan persepsi positif dan citra tubuh.

5. Meredakan Stres

Pasti kamu sudah sering mendengar tentang manfaat lari untuk mengurangi stres. Berjalan atau jogging dengan lambat dapat untuk sementara melupakan masalah duniawi dan mengurangi stres jangka panjang. Selain itu, olahraga juga mengurangi jumlah kortisol atau hormon stres dalam tubuh.

6. Memperbaiki atau Menaikkan Mood

Manfaat Lari Pagi untuk Menaikkan Mood (Sumber: Freepik.com)

Selain mengurangi stres, manfaat lari pagi yang lain adalah untuk membantu meningkatkan suasana hati atau memperbaiki mood kamu. Studi menunjukkan bahwa berlari dapat mengurangi gejala kecemasan dan gangguan mood. Setelah berlari, tubuh kamu juga memproduksi hormon perasaan baik, seperti endocannabinoids. Hormon ini memiliki efek menenangkan, yang membuat kamu merasa lebih baik.

Baca Juga: Pertama Kali Lari Maraton? Berikut Tipsnya!

7. Mencegah Resistansi Insulin

Resistansi insulin adalah kondisi saat sel-sel tubuh tidak sanggup memakai gula darah dengan baik karena adanya gangguan tubuh dalam merespons insulin. Namun, sebuah tinjauan menurut Journal of the American Heart Association (2015) menemukan bahwa salah satu manfaat lari pagi setiap hari dapat menurunkan resistansi insulin. Penurunan resistansi insulin ini ditimbulkan turunnya lemak tubuh yang akhirnya dapat mengurangi peradangan. Turunnya lemak tubuh sendiri merupakan output dari olahraga rutin yang dapat membakar kalori dan lemak tubuh yang berlebih.

8. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat lari pagi juga bisa dirasakan di otak. Orang yang berlari secara teratur membuat otak dan fungsi kognitifnya lebih sensitif. Lari mengajarkan kita fokus dan memiliki tekad untuk melewati rintangan dan mengatasi kelelahan. Para ahli juga menemukan bahwa otak pelari lebih terhubung ke jaringan di lobus frontal dan parietal, serta area otak lain yang terkait dengan pengendalian diri dan memori. Para ahli percaya bahwa manfaat berlari ke otak adalah karena peningkatan penyerapan oksigen. 

9. Mengencangkan Otot

Berlari baik untuk kesehatan karena melatih hampir semua otot di tubuh kamu. Lakukan secara teratur dan otot kamu akan mengencang seiring waktu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari latihan ini, kamu dapat menggabungkan lari dengan latihan kekuatan dan diet yang sehat.

10. Menurunkan Risiko Kematian 

Manfaat lain yang dapat dicapai bagi mereka yang rutin berlari dengan intensitas tinggi adalah penurunan risiko kematian akibat penyakit jantung, seperti fibrosis miokard, aritmia, dan kalsium arteri koroner. Namun, tidak ada bukti bahwa orang yang berlari dengan intensitas ringan atau sedang mengalami manfaat ini. Namun, masih banyak dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi hal ini.

11. Menurunkan Risiko Kanker

Sebuah studi dalam British Journal of Sports Medicine (2020) menyimpulkan bahwa orang yang berlari secara teratur setidaknya seminggu sekali memiliki risiko kematian akibat kanker 23% lebih rendah. Jika kamu ingin mendapatkan manfaat lari pagi untuk menurunkan risiko kanker, penelitian merekomendasikan lari 50 menit setiap minggu. Latihan ini dapat dilakukan dalam satu hari atau dipecah menjadi beberapa sesi kardio pendek per minggu. Penelitian lain menunjukkan bahwa pelari yang berlari cukup keras secara teratur memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara.

12. Menjaga Fleksibilitas Tulang Punggung

Manfaat Lari Pagi untuk Menjaga Fleksibilitas Tulang Punggung (Sumber: Freepik.com)

Di antara tulang belakang terdapat cakram kecil dan fleksibel yang berfungsi seperti bantalan pelindung. Cakram ini sebenarnya adalah kantong berisi cairan. Itu bisa menyusut seiring bertambahnya usia, terutama jika kamu tidak banyak berolahraga.

Duduk untuk waktu yang lama memberikan beban tambahan. Namun, menjalankannya secara teratur membantu menjaga ukuran dan fleksibilitas cakram ini. Sebuah studi di Scientific Reports (2017) menemukan bahwa pelari yang sebelumnya berlari dengan kecepatan 2 meter per detik memiliki kesehatan cakram yang lebih baik dan tingkat glikosaminoglikan (sejenis pelumas) yang lebih tinggi di cakram posterior mereka.

Baca Juga: 8 Tips Produktif Di Pagi Hari

Lari pagi adalah cara yang bagus untuk memulai gaya hidup sehat. Beberapa menit lari pagi dalam sehari sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kamu. Dari menurunkan berat badan, menjaga kesehatan jantung, mengelola stres, dan mendapatkan tidur yang lebih baik. Jadi, usahakan untuk terus produktif dalam hal olahraga, ya.

Kalau Sobat Vocasia ingin melakukan produktivitas lain selain olahraga, kamu juga bisa mengisi waktu luang dengan mengikuti kelas Vocasia, loh! Terdapat ragam kelas yang bisa mengasah dan meningkatkan skill kamu! Cek kelasnya di sini sekarang!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *