Tanggal:22 June 2024

Sudah Tahu Teknik Memukul Bola Golf? Berikut Penjelasanya

Golf merupakan olahraga yang umum dikenal dalam masyarakat, utamanya masyarakat kelas atas. Hal ini dikarenakan olahraga golf membutuhkan peralatan yang banyak dan lumayan mahal. Golf merupakan salah satu jenis cabang olahraga bola kecil yang bertujuan untuk memasukkan bola ke dalam lubang dari daerah yang telah ditentukan dengan menggunakan stik golf sebagai pemukulnya.

Olahraga golf belum diketahui secara pasti asal-usulnya. Ada beberapa asumsi yang mengatakan jika olahraga yang satu ini berasal dari Tiongkok, Belanda, dan juga Skotlandia. Sejarah golf berawal dari abad ke-15M, masyarakat Skotlandia sudah memainkan olahraga golf di lapangan luas dengan menggunakan pemukul kayu serta bola yang berbahan dasar dari karet. Bahkan, olahraga golf dilarang oleh pemerintah Skotlandia karena olahraga ini dianggap mengganggu jalannya pemerintah.

Selanjutnya, olahraga golf dibawa ke Inggris serta mengalami perkembangan yang pesat sampai pada akhirnya olahraga golf menjadi terkenal di Eropa. Namun, olahraga golf tidak jelas berasal dari mana. Masyarakat Tiongkok mengatakan bahwa mereka sudah memainkan permainan golf sejad abad ke-11 M. Sedangkan penduduk Belanda juga mengatakan bahwa mereka telah memainkan golf sejak abad ke-12 M. Skotlandia menyatakan bahwa mereka yang menciptakan olahraga golf pada abad ke-15 M.

Sejarawan dunia akhirnya berpendapat bahwa olahraga golf berasal dari Skotlandia, dengan alasan  bahwa lapangan golf pertama berada di Skotlandia. Asal-usul nama golf berasal dari bahasa Skotlandia, klub pertama olahraga golf berasal dari Skotlandia, serta turnamen pertama olahraga golf juga berasal dari Skotlandia.

Seiring dengan berjalannya waktu, olahraga golf semakin terkenal hingga ke seluruh dunia hingga terbentuk IGF (International Golf Federation) pada tahun 1985 untuk mengatur seluruh permasalahan golf yang ada di dunia. Saat ini, IGF berpusat di Switzerland dan telah memiliki 126 negara anggota.

Baca juga: Tertarik Dengan Golf? Berikut Tips Memilih Seragam Golf!

Permainan olahraga golf merupakan permainan luar ruangan yang dimainkan secara individu atau tim yang berkompetisi atau berlomba untuk memasukkan bola ke dalam lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan paling sedikit mungkin. Bola golf dipukul menggunakan satu set tongkat pemukul yang biasa disebut dengan stik golf.

Olahraga golf juga merupakan salah satu jenis permainan yang tidak “standar” karena dimainkan di lapangan luas dengan desian unik dan biasanya terdiri dari sembilan atau delapan belas hole atau lubang. Aturan utama dalam permainan golf adalah memainkan sebuah bola dengan menggunakan stik golf dari daerah teeing ground ke dalam lubang dengan satu pukulan atau beberapa pukulan selanjutnya sesuai dengan aturan.

9 Teknik Pukulan dalam Olahraga Golf

Teknik pukulan golf. (Sumber: Freepik.com)

1. Tee shot

Tee shot merupakan pukulan pertama yang dilakukan oleh pemain dari teeing ground atau tempat awal yang digunakan untuk memukul bola dan diarahkan menuju ke hole. Pemain golf biasanya menggunakan jenis stik driver untuk melakukan pukulan tersebut. Jenis driver seperti 1-wood sering digunakan untuk hole jarak jauh, sedangkan untuk hole jarak pendek menggunakan stik jenis iron.

2. Fairway shot

Fairway shot adalah teknik pukulan yang hampir sama dengan tee shot. Setelah pemain golf melakukan tee shot, biasanya akan dilanjutkan dengan pukulan dan fairway atau dari rerumputan yang lokasinya lebih tinggi. Jenis stik golf yang digunakan oleh pemain golf dalam teknik pukulan ini adalah stik iron atau wedge. Dalam fairway shot jarak pendek atau jaraknya di bawah 100 meter

3. Bunker Shot

Pukulan dalam teknik bunker shot dilakukan apabila bola mendarat di atas bunker. Bunker shot merupakan pukulan jarak dekat hingga menengah yang bertujuan untuk mendekatkan bola ke area green. Jenis stik yang digunakan biasanya adalah stik jenis sand wedge.

4. Punch atau Knockdown

Teknik pukulan dalam punch knockdown merupakan pukulan rendah yang dilakukan dengan tujuan untuk menghindari cabang pohon atau menyiasati angin yang bertiup kencang.

Baca juga: Sudah Tahu Istilah-Istilah Dalam Olahraga Golf? Berikut Penjelasannya 

5. Putting

Teknik putting merupakan teknik yang dilakukan dengan menggunakan putter. Tujuan dari teknik pukulan putting adalah membuat bola yang dapat bergulir mulus pada permukaan green hingga masuk ke dalam hole. Sebagian besar pemain golf menilai ini sebagai pukulatn tersulit. Sehingga dibutuhkan latihan secara terus menerus agar bisa melakukan dengan benar.

6. Approach shot

Teknik pukulan approach shot dapat dilakukan dengan cara mendekatkan bola dengan green. Hal ini merupakan pukulan jarak dekat sampai menengah. Tipe atau jenis approach shot terdiri dari tiga jenis, yaitu pitch, flop, dan juga chip.

7. Pitch

Pitch merupakan teknik pukulan dalam olahraga golf yang merupakan teknik approach shot dengan melambungkan bola ke atas green atau mendekatinya. Teknik pitch shoot biasanya dilakukan dengan menggunakan iron enam hingga lob wedge.

8. Flop

Teknik pukulan flop merupakan approach shot yang lebih tinggi lagi serta langsung berhenti sesaat setelah terkena tanah. Teknik pukulan ini dapat dilakukan ketika pemain harus menghadapi rintangan untuk mencapai green, seperti melewati kolam atau bunker. Flop biasa dilakukan dengan menggunakan stik golf sand wedge atau lob wedge.

9. Chip

Chip merupakan approach shot yang rendah sehingga dapat menyebabkan bola dapat melayang rendah serta kemudian bergulir ke arah green.

Baca juga: 10 Gerakan Pemanasan Dasar Sebelum Olahraga Untuk Cegah Cedera

Demikian penjelasan seputar Olahraga golf. Kamu bisa menerapkan teknik-teknik yang telah disebutkan di atas saat kamu bermain. Saat melakukan pukulan, carilah teknik yang tepat sesuai dengan jarak bola dengan lubang, serta memperhatikan sekelilingmu sehingga bola dapat masuk dengan mulus. Selamat mencoba.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *