Tanggal:17 June 2024

10 Aplikasi Presentasi selain Power Point

Saat melakukan sebuah pemaparan, biasanya orang-orang cenderung menggunakan bantuan dokumen. Dokumen pendukung tersebut kebanyakan berisi materi dalam bentuk poin-poin agar pemaparan yang dilakukan lebih maksimal. 

Aplikasi atau software yang kebanyakan digunakan sebagai sarana pembuatan dokumen pendukung presentasi adalah Microsot Power Point. Microsoft Power Point memang menjadi andalan lantaran pengoperasiannya yang terbilang mudah. 

Selain Power Point, terdapat banyak aplikasi penunjang presentasi lain yang tak kalah canggih. Bahkan, beberapa di antaranya menyediakan ribuan template yang dapat digunakan secara gratis. 

Dengan adanya template disertai gambar dan desain unik, presentasi menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Sehingga, audience akan menyimak dengan asyik dan mood yang tak kalah baik.

Lalu, apa saja aplikasi presentasi canggih selain Microsoft Power Point? Apa saja kelebihan dan fitur-fitur di dalamnya? Tak perlu risau karena jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut ada dalam pembahasan di bawah ini. Simak hingga akhir, ya!

Baca juga: Cara Membuat Presentasi PowerPoint (PPT) di Canva

Alternatif Aplikasi Presentasi selain Power Point

Tiap aplikasi pasti memiliki kelebihan, kekurangan, serta keunikan yang berbeda-beda. Hal tersebut juga berlaku pada aplikasi-aplikasi presentasi yang tersedia. Berikut adalah sepuluh aplikasi presentasi rekomendasi Vocasia beserta fitur-fitur di dalamnya: 

1. Google Slides

aplikasi presentasi

Aplikasi alternatif pertama yang dapat digunakan untuk membuat dokumen penunjang adalah Google Slides. Aplikasi keluaran Google ini juga dikemas dalam bentuk website yang dapat diakses melalui browser. 

Di dalamnya terdapat beberapa template simpel dan semi formal yang dapat digunakan. Meski tak sebanyak lainnya, template yang tersedia tetap membuat presentasi lebih berkesan.

Bahkan, dokumen presentasi yang telah dibuat juga dapat diedit oleh orang lain. Jadi, kamu tidak perlu khawatir terkait kapasitas penyimpanan yang makin berkurang. Caranya hanya dengan membuat para editor menjadi kolaborator dengan mengirimkan tautan tertentu.

2. Slides

Slides menjadi rekomendasi aplikasi kedua yang dapat digunakan. Kamu dapat menggunakan sepuluh template gratis yang tersedia di dalamnya secara langsung. 

Bahkan, penggunanya tidak perlu keluar masuk aplikasi dan situs lain untuk mencari gambar pendukung. Hal ini dapat terjadi karena Slides secara otomatis terhubung dengan Unsplash. 

Tak hanya itu, aplikasi berbasis cloud ini sangat mudah digunakan atau dapat disebut user friendly. Kemudahan tersebut dapat dilihat dari pengoperasian seperti kemudahan dalam mentransfer dokumen secara online.

3. Visme

Visme dikenal sebagai aplikasi presentasi yang fokus utamanya pada infografis dan visualisasi data. Aplikasi ini juga memiliki kecanggihan fitur yang lebih unggul dari para kompetitornya. 

Pengguna dapat memaksimalkan fitur berupa elemen animasi dan interaktif lainnya seperti CTA button, video , survei, dan juga kuis secara gratis.Tak hanya itu, Visme juga dapat digunakan untuk mengunduh materi presentasi dalam bentuk gambar dan juga PDF secara offline. 

4. Prezi

Rekomendasi aplikasi presentasi selanjutnya adalah Prezi. Fitur utama yang menjadi ciri khas Prezi adalah efek pan dan zoom saat berpindah slide. Berkat adanya fitur tersebut, perpindahan slide menjadi lebih terlihat. Secara tidak langsung, fokus audience dapat diambil alih dengan mudah. 

5. Canva

Canva.com

Rasanya aplikasi ini sudah tidak asing lagi bagi para pegiat teknologi digital. Pasalnya, Canva adalah aplikasi multifungsi yang dapat digunakan untuk menciptakan banyak hal. Membuat dokumen presentasi merupakan salah satu hal ajaib yang dapat dilakukan oleh aplikasi ini.

Canva menyediakan ratusan template gratis dengan desain yang ciamik. Bahkan, template-template yang ada dipisahkan berdasarkan sesuai bidang ilmu dan dapat diubah sesuai keinginan. Sangat menarik, bukan? 

Selain template, pengguna juga dapat membubuhkan animasi, elemen, gambar, GIF, grafik, dan video yang tersedia di dalamnya. Kamu juga dapat menambahkan gambar dari galeri penyimpananmu ketika gambar-gambar tersebut tidak ada yang sesuai.

Baca juga: 7 Cara Bikin ppt Menarik

6. Flowvella

Selanjutnya ada aplikasi bernama Flowvella yang dapat kamu gunakan. Ia tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui desktop maupun mobile

Di dalamnya banyak sekali fitur penunjang pembuatan dokumen presentasi secara cepat dan efisien. Bahkan, para pengguna sangat dimudahkan dalam menggabungkan kata dengan gambar, video, hingga materi berbentuk PDF.

7. Keynote

Sama seperti Power Point pada Windows, Keynote merupakan aplikasi persentasi unggulan milik Apple. Ia menyediakan 30 template gratis yang dapat diterapkan pada materi presentasi. Bahkan, desainnya dapat diubah menggunakan apple pencil melalui iPad jika diinginkan.

8. Vyond

Aplikasi bernama Vyond merupakan aplikasi presentasi yang dapat diakses melalui website. Sehingga, pengguna Macbook juga dapat menggunakan dan merasakan fitur-fiturnya. 

Vyond menawarkan lebih dari 150 template presentasi yang dapat digunakan secara gratis. Kamu juga dapat mengustomisasinya secara mudah.

9. Beautiful.ai

Dibandingkan dengan aplikasi presentasi lainnya, Beautiful.ai adalah aplikasi yang memiliki fitur cukup minim. Hal tersebut dikarenakan template yang tersedia tidak sebanyak aplikasi lain. Bahkan, para pengguna juga tidak dapat mengustomisasi sesuka hati.

Meskipun demikian, Beautiful.ai tetap bisa dijadikan alternatif saat membuat dokumen presentasi dengan konsep formal dan semi formal.

10. Venngage

Aplikasi yang satu ini merupakan aplikasi multifungsi yang hampir sama dengan Canva. Venngage dapat digunakan untuk mendesain dan menghasilkan produk infografis lainnya. Sayangnya, mereka tidak memiliki fitur animasi yang membuat pergantian antar slide menjadi lebih nyata.

Penutup

Nah, itulah rekomendasi aplikasi presentasi selain Power Point yang dapat kamu gunakan. Sepuluh aplikasi tersebut dapat digunakan sebagai sarana pembuatan dokumen penunjang presentasi. 

Namun, aplikasi-aplikasi di atas tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Oleh karena itu, gunakan yang menurutmu paling sesuai dan mudah dioperasikan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini membantu!

Baca juga: 5 Cara Membuat Powerpoint di HP

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *