Tanggal:25 April 2024

10 Cara Bikin PPT Menarik

Di era yang seba modern seperti sekarang ini kamu pasti sudah tidak asing lagi powerpoint atau yang sering disebut dengan singkatan ppt. Banyak aplikasi atau perangkat lunak yang bisa kamu gunakan untuk membuat powerpoint di antaranya seperti Microsoft Powerpoint, google slide, dan beberapa program lainnya.

Buat kamu yang bekerja di dunia perkantoran atau lingkungan pebisnis, tenaga pengajar akan sangat sering melakukan presentasi, maka dari itu kamu akan dituntut membuat powerpoint dalam bekerja. Pada dasarnya, dengan kamu membuat power point maka kamu akan mudah melakukan presentasi yang baik.

Di luar sana banyak orang yang hanya tahu kalau powerpoint itu dimanfaatkan utnuk membuat slide presentasi saja. Tapi kenyataannya, power point bisa sangat membantu kamu untuk mengatur dan mencetak slide presentasi. Misalnya dengan kamu menggunakan aplikasi Ms Powerpoint kamu jadi bisa membuat bahan presentasi yang baik dalam bentuk softcopy maupun hardcopy.

Buat kamu yang saat ini masih belum tahu cara memanfaatkan powerpoint secara maksimal, maka tak jarang slide presentasi jadi kurang menarik. Hal ini wajib menjadi perhatian karena kemungkinan besar audiensmu akan merasa bosan dan tidak lagi memfokuskan perhatiannya kepadamu saat presentasi.

Maka dari itu, membuat power point yang menarik akan menjadi poin plus kamu ketika melakukan presentasi.

Buat kamu yang masih belum tahu bagaimana cara membuat power point semenarik mungkin, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini Vocasia akan membahas mengenai beberapa cara agar powerpoint kamu menarik untuk dipresentasikan.

Daripada terlalu bertele-tele, yuk simak artikel Vocasia berikut ini sampai tuntas!

1. Slide pembuka yang eyecatching

slide pembuka yang menarik

slide pembuka yang menarik – @rawpixel.com

Slide pembuka yang ampuh untuk menarik perhatian audiens diberi sebutan “Killer opening slide”. Wajib kamu tahu jika awal presentasi merupakan peluang besar buat kamu untuk menarik perhatian seluruh audiens kamu.

Untuk membuat suati slide pembuka yang jitu adalah dengan menambahkan gambar menarik dan unik. Gunakan perpaduan warna yang mencolok sehingga akan terlihat sangat mencolok di mata penonton. Pastikan slide pembuka yang oke dibawakan dengan bagus sehingga kedua hal ini akan membuat penonton terfokus pada presentasimu.

2. Gunakan tema

banyak tema gratis yang bisa digunakan

banyak tema gratis yang bisa digunakan – @rawpixel.com

Banyak template tema menarik dan bagus yang sudah tersedia di aplikasi Ms Powerpoint. Untuk bisa menggunakan tema tersebut kamu tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun alias gratis.

Kalau tidak ada tema template yang menarik bagi kamu, kamu bisa mendownload tema gratis lainnya di berbagai website penyedia tema powerpoint.

3. Gunakan teks yang mudah dibaca

Teks yang kamu tampilkan gunanya untuk dilihat oleh banyak orang, maka dari itu pastikan kata-kata yang kamu gunakan dalam powerpoint mudah dimengerti oleh orang awam sekalipun.

Atur ukuran font menjadi lebih besar agar audiensmu mudah membacanya, bahkan audiens yang duduk di bangku belakang.

4. Efek visual

Salah satu kegunakan dari powerpoin adalah sebagai sarana komunikasi visual.

Gunakanlah diagram, gambar dan tampilan visual lainnya yang akan memudahkan para audiens menangkap inti pesan yang ingin disampaikan dari setiap slidenya.

Gambar-gambar yang kamu tampilkan di slide akan memancing rasa penasaran dari para audiens sehingga audiens akan semakin tertarik untuk melihat powerpoint slide selanjutnya.

5. Ringkas

Dari namanya, powerpoint mengandung kata point di dalamnya. Pastikan pada ppt yang kamu bikin tidak terlalu bertele-tele, cukup poin-poin penting saja.

Informasi tambahan yang dirasa penting bisa kamu sampaikan secara lisan. Dengan begitu slide kamu tidak akan terlalu ramai dan malah bisa membuat audiens mengantuk.

6. Selipkan video

Tambahkan konten video

Tambahkan konten video – @rawpixel.com

Tidak hanya teks maupun konten visual yang statis, tetapi kamu juga bisa menambahkan video pada powerpoint kamu.

Video yang kamu tambahkan bisa berupa video hiburan sehingga audiens merasa fresh kembali ketika kamu merasa mereka sudah mulai bosan. Bisa juga video yang menjelaskan lebih detail terhadap materi yang ingin kamu sampaikan sehingga materi yang sebelumnya berbentuk teks dan gambar bisa dipertegas dan diperjelas melalui video.

7. Gunakan gambar agar presentasi menjadi lebih menarik dan mudah dimengerti

Presentasi PowerPoint biasanya memakan waktu yang cukup lama.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, hal ini dapat menyebabkan penonton cepat bosan saat membaca buku atau memperhatikan siapa yang berbicara.

Oleh karena itu, gambar harus digunakan sebagai media untuk membuat presentasi lebih menarik. Sisipkan gambar di antara teks presentasi kamu agar slide kamu tidak terlalu sederhana atau terlalu mengetik.

Ilustrasi juga disertakan, sehingga mudah dijelaskan dengan foto. Hal ini memudahkan guru dan teman untuk memahaminya.

8. Memakai grafik, bagan, dan tabel untuk penjelasan lebih praktis

PPT juga merupakan metode bagi mereka yang ingin menjelaskan atau melaporkan hasil penelitiannya.

Ketika sebuah Power Point berkaitan dengan angka dan data, kamu bisa menjelaskan angka dan data dalam presentasi Power Point tersebut secara praktis menggunakan grafik, bagan, dan tabel.

Menyajikan grafik atau tabel ini akan membantu guru dan teman mengevaluasi dan melihat data kamu.

9. Tambahkan animasi dan transisi

Salah satu cara terpenting untuk membuat presentasi PowerPoint kamu lebih menarik adalah dengan menambahkan animasi dan transisi.

Animasi sangat unik dan bervariasi dengan transisi sehingga kamu dapat menarik perhatian guru atau teman kamu saat berpindah dari slide ke halaman.

Selain animasi, PowerPoint memungkinkan kamu menambahkan transisi ke poin kunci, kata, atau gambar.

Transisi memungkinkan kamu untuk memindahkan setiap huruf dalam slide kamu sesuai dengan efek yang kamu pilih. Teman-teman kamu pasti akan menjadi lebih antusias!

10. Ringkasan seluruh poin yang sudah dibahas

Buatlah ringkasan yang bisa membuat audiensmu mengingat kembali hal apa saja yang mereka sudah pelajari selama mengikuti presentasi sejak awal.

Ringkasan tersebut bisa kamu tulis dalam bentuk poin-poin penting beserta sedikit penjelasan singkat.

Demikian 10 cara bikin ppt menarik. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *