Tanggal:08 May 2024

5 Cara Membuat Powerpoint di HP

Microsoft Powerpoint atau biasa disebut PPT adalah presentasi lengkap yang menghasilkan tampilan profesional. Kamu tentu sering menggunakan PPT sebagai bagian dari sajian informasi dalam presentasi yang disuguhkan. Powerpoint memuat bantuan teks, gambar, grafik, video hingga animasi. Powerpoint termasuk dalam perangkat lunak komputer yang berasal dari Microsoft Corporation bersamaan dengan Office lainnya. Namun, kamu juga bisa membuat PPT di HP, loh. Cara membuat PPT di HP juga sangat mudah. Hal ini bisa kamu gunakan saat keadaan terdesak. Seperti ketika tidak adanya perangkat komputer di sekitar kamu.

Software ini tidak sama seperti Microsoft Word yang memiliki bentuk halaman ke bawah. Microsoft Powerpoint justru tampil dengan halaman slide yang mempunyai desain beragam.  Kamu menjadi lebih mudah menarik perhatian audience dari poin-poin yang dipaparkan. PPT memuat informasi atau poin penting saja yang ingin kamu sampaikan. Kemudian, kamu bisa menjelaskan kepada audience secara rinci. Cara membuat Powerpoint di HP sama mudahnya seperti penggunaan di perangkat komputer. Yuk, simak cara membuat PPT di HP dengan mudah.

1. Unduh aplikasi WPS Office

Ilustrasi Logo WPS Office (sumber: pinterest)

Kamu bisa membuka aplikasi App Store atau Play Store di HP terlebih dahulu. Kemudian ketikkan keyword “WPS Office” dalam mesin pencarian. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut untuk membuat PPT di HP. Pilih nomor urutan aplikasi pertama dan pastikan aplikasi yang kamu pilih betul WPS Office, ya. Kamu juga bisa melihat dan membaca sekilas review dari pengguna lain. Melihat dan membaca cara kerja WPS Office juga bisa kamu lakukan saat proses pengunduhan aplikasi berlangsung. Beragam gambar penunjang juga tersedia di dalamnya sebagai bagian dari penambahan informasi aplikasi khusus untuk kamu. Pastikan aplikasi WPS Office terinstal dengan baik.

2. Klik tanda ‘tambah’ di bagian kanan bawah

Ilustrasi Klik Icon Tambah (sumber: aplikasi wps office)

Setelah aplikasi WPS Office berhasil kamu instal, buka aplikasi tersebut. Kamu bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Masukkan email serta password yang kamu miliki. Lakukan pengecekan password sebelum login. Kemudian, kamu bisa membuka dan melihat isi aplikasi WPS Office setelah berhasil login. Kamu dapat mencoba beberapa tools baru dalam aplikasi tersebut supaya kamu terbiasa dan memahami isinya. Setelah itu, kamu bisa fokus melanjutkan pembuatan PPT di HP. Lihat di bagian bawah sebelah kanan, ada tanda ‘tambah’ berwarna merah. Kamu bisa mengklik tanda tersebut dan pilih presentasi. Terdapat beberapa template Powerpoint yang telah tersedia. Kamu juga bisa merancang slide kosong untuk kamu isi sesuai ide yang diinginkan.

3. Pilih desain kosong untuk membuka presentasi

Ilustrasi Pemilihan Desain Kosong (sumber: aplikasi wps office)

Langkah berikutnya dari cara membuat Powerpoint di HP yakni memilih desain kosong. Kamu bisa menuangkan segala imajinasi dan informasi penting dalam slide kosong tersebut. Klik bagian presentasi terlebih dahulu. Setelah itu akan muncul desain kosong dan pilih ikon tersebut. Tampilannya akan berubah menjadi presentasi yang kosong dengan kotak judul dan subjudul. Kamu dapat melakukan perubahan di bagian ini dari segi gaya tulisan, warna, ketebalan, kemiringan, dan lainnya. Penambahan gambar atau objek lain juga bisa kamu masukkan di dalamnya. Kamu bebas membuat kreasi apa pun sesuai keinginan dari Powerpoint yang dibuat.

4.Tambahkan slide baru

Ilustrasi Pemilihan Letak Slide Baru (sumber: aplikasi  wps office)

Pastikan kamu telah selesai membuat slide pertama, ya. Slide awal sudah kamu lengkapi dengan informasi dan sajian gambar pendukung dengan baik. Selanjutnya, kamu bisa melakukan pembuatan slide presentasi kedua. Cara membuat Powerpoint di HP pada slide kedua sangat mudah. Kamu bisa memilih slide ikon ‘tambah’ di bagian bawah. Kemudian pilihan slide baru pun akan muncul secara otomatis. Kamu bisa memilih slide sesuai kebutuhan informasi yang ingin dibuat. Pembuatan PPT di HP bisa kamu lanjutkan kembali. Kamu bisa menuliskan informasi ataupun poin penting sesuai kebutuhan presentasi. Tak lupa aneka desain pendukung bisa kamu tambahkan di dalamnya. Buat beberapa slide sesuai kebutuhan dan keinginan kamu, ya.

Search Lebih Banyak : Cara Mengubah PowerPoint ke PDF

5. Simpan hasil desain presentasi

Ilustrasi Penyimpanan Hasil PPT (sumber: aplikasi wps office)

Cara membuat Powerpoint di HP yang terakhir adalah menyimpan hasil desain presentasi. Tetapi, sebelumnya kamu perlu memastikan dari slide awal hingga akhir isi informasi di dalamnya sudah sesuai. Lakukan pengecekan terlebih dulu dan jangan terburu-buru. Kamu perlu memastikan keseluruhan informasi telah termuat secara lengkap. Penambahan aneka macam gaya dan gambar pendukung akan semakin membuat slide presentasi kamu memukau audience. Setelah semuanya terselesaikan dengan baik, lanjutkan untuk menyimpan hasilnya. Kamu bisa mengklik ikon di bagian kiri atas berbentuk kotak untuk menyimpan hasil presentasi. Dan hasil pembuatan PPT di HP berhasil kamu simpan.

Itulah cara mudah membuat Powerpoint di HP. Jangan lupa untuk mencobanya, ya. Terapkan pengetahuan ini sebagai gambaran saat kamu ingin membuat PPT dari HP. Hasil buatan Powerpoint melalui HP pun tak kalah menarik jika dibandingkan dengan buatan melalui komputer. Kamu juga bisa menambahkan beragam objek pendukung sebagai bahan pemanis tampilan PPT. Pastikan seluruh poin-poin penting telah kamu masukkan ke dalamnya. Lakukan pengecekan secara keseluruhan saat kamu akan menyimpan hasilnya. Selamat mencoba!

Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *