Tanggal:04 May 2024
aplikasi tanda tangan digital

7 Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini sebagian besar aktivitas dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Kecanggihan yang mumpuni menjadi nilai lebih dari adanya teknologi ini. Apalagi di era pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua orang untuk tetap di rumah saja. 

Implementasi teknologi digital merata hampir ke seluruh jenis kegiatan. Mulai dari pendidikan, pekerjaan, hingga hobi sekalipun. Bahkan, peresmian dan validitas dokumen juga terbantu dengan adanya kecanggihan ini. 

Tanda tangan menggunakan teknologi yang dilakukan secara online, disebut tanda tangan digital. Tanda tangan digital dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Meskipun demikian, legalitasnya tetap kredibel dan dapat dipercaya.

Cara membuatnya juga sangat mudah. Terdapat berbagai cara yang dapat kamu tempuh, mulai dari secara manual, input foto, hingga secara online. Pembuatan secara online dilakukan menggunakan bantuan website dan aplikasi.

Apa saja website dan aplikasi pembuatan tanda tangan digital? Simak artikel ini hingga akhir agar kamu memperoleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Selamat membaca!

Baca juga : 4 Cara Cepat dan Mudah Membuat Tanda Tangan di Microsoft Word

Rekomendasi Aplikasi Tanda Tangan Digital

aplikasi tanda tangan digital

Ilustrasi Tanda Tangan Digital (Source: iStock)

Guna mempermudah pembuatan tanda tangan digital, berikut adalah situs dan aplikasi yang dapat kamu kunjungi.

  • Adobe Fill and Sign

Adobe Fill and Sign merupakan salah satu aplikasi tanda tangan digital yang dapat kamu akses. Platform ini berbentuk aplikasi yang dapat kamu unduh melalui HP dan laptop. Tak hanya itu, ia juga dapat diakses oleh pengguna Android dan iOs.

Adobe Fill and Sign menawarkan fitur tanda tangan secara langsung dalam dokumen berbentuk pdf. Kamu hanya perlu membuka dokumen yang ingin ditandatangani, kemudian pilih menu Sign and Fill. Aplikasi ini termasuk platform berbayar. Meskipun demikian, kamu tetap bisa merasakan kecanggihannya melalui trial selama tujuh hari penuh. 

  • DocuSign

DocuSign digadang-gadang menjadi aplikasi tanda tangan digital paling diminati. Hal itu didapatkan dari jumlah pengunduh yang banyak dan rating aplikasi hingga 4.9. Tak hanya aplikasi, ternyata ia juga tersedia dalam versi lain yaitu website.

Sama seperti yang lain, DocuSign menawarkan trial selama 30 hari secara gratis. Selebihnya, kamu bisa berlangganan dengan pilihan harga dan durasi yang telah ditentukan.

  • PandaDoc

Aplikasi tanda tangan digital lainnya adalah PandaDoc. PandaDoc dapat diunduh melalui Play Store bagi pengguna Android dan AppStore bagi pengguna iOs. Dari beberapa aplikasi lain, ia dinilai paling mudah diakses dan memiliki tampilan yang rapi. 

Terdapat pilihan paket berbayar yang ada di dalamnya. Ada paket Essentia, Business, dan Enterprise yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jika hanya ingin mencoba satu atau dua kali, kamu bisa memanfaatkan trial yang ditawarkan. Trial PandaDoc berdurasi selama 14 hari penuh.

  • Sign Well

SignWell adalah platform pembuat tanda tangan digital berbasis website. Situs ini merupakan wajah baru dari situs yang sebelumnya ada. Pembaruannya tentu berdampak pada fitur dan kecanggihan yang ditawarkan

Agar dapat menggunakannya, kamu harus daftar dan membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan percobaan gratis selama 30 hari. Jika ingin menggunakannya terus menerus, berlangganan adalah solusi utama yang dapat kamu ambil.

  • HelloSign

Aplikasi pembuat tanda tangan digital yang kelima adalah HelloSign. HelloSign adalah platform berbasis aplikasi yang dapat diunduh melalui PlayStore dan Appstore. Sayangnya, aplikasi ini masih belum tersedia untuk laptop atau PC.

HelloSign memberikan kemudahan akses secara gratis. Namun, tetap memiliki batasan yakni tiga dokumen untuk satu bulan. Di luar itu, kamu bisa berlangganan dengan harga yang telah ditentukan.

  • PrivyID

Berbeda dengan beberapa platform lain, PrivyID menawarkan pembuatan tanda tangan berbentuk barcode. Syarat yang harus dibubuhkan adalah identitas berupa Nomor Induk Kependudukan.

Tanda tangan ini akan terhubung secara langsung dengan identitas dirimu. Sehingga, keaslian dan keabsahannya tidak diragukan di mata hukum. Poin positifnya yakni tidak bisa ditiru, bahkan dipalsukan oleh oknum yang merugikan.

Kini, PrivyID digunakan oleh lebih dari 15 juta jiwa. Tak perlu ragu, buat tanda tangan digitalmu sekarang juga melalui tautan berikut ini.

  • SignNow

SignNow menjadi rekomendasi aplikasi tanda tangan digital paling akhir. Sama seperti SignWell, ia juga merupakan wajah baru dari situs lama bernama CudaSign. Ia merupakan platform berwujud aplikasi dengan tampilan sederhana. Fungsinya selain membuat tanda tangan langsung di pdf, juga digunakan untuk mengedit dokumen yang kurang benar.

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pembuat tanda tangan digital. Pilih yang menurutmu paling mudah diakses dan digunakan. Perlu diingat, bahwa tanda tangan digital tetap sah di mata hukum. Jadi, kamu tidak perlu ragu saat menggunaknnya. Selamat mencoba!

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word, Gampang Banget Loh!

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *